31.6 C
Tangerang
Saturday, December 10, 2022
Home Trending Selamat Hari Santri Nasional 2020, Ini Sejarah Santri Untuk Indonesia

Selamat Hari Santri Nasional 2020, Ini Sejarah Santri Untuk Indonesia

Makna dari santri sendiri sangat identik dengan pondok pesantren. Jadwal keseharian yang hanya dengan ibadah dan belajar telah disusun sedemikian rupa. Mengikuti semua aturan dengan penuh keteguhan dan menjadi kegiatan yang wajib untuk dilakukan setiap hari. Santri sendir memiliki definisi yang sangat mendalami agama islam. Hari Santri Nasional 2020 ini diawali dengan peringatan hari santri sejak tahun 1945.

Sejarahnya yang dahulu KH. Hasyim Asy’ari yang memberikan perintah umat islam untuk (Jihad) dengan melawan para tentara sekutu yang ingin kembali menjajah negeri Indonesia pasca Proklamasi Kemerdekaan. Para tentara sekutu yang dimaksud diatas adalah tentara dari Inggris sebagai pemenang perang dunia II dengan mengambil alih dari kekuasaan Jepang. Pengakuan resmi dari negara Indonesia yang memberikan peringatan Hari Santri Se Nasional sebagai perna besar umat Islam dalam kemerdekaan Indonesia sendiri.

Para santri yang yang membanggakan negara Indonesia banyak sejarah dari sosok KH hasyim asy’ari nya sendiri dan berbagai tujuan memperingati hari santrinya sampai sejarah para santri saat menjadi pahlawan yang merebut dari tangan para penjajah dan mengantarkan sampai gerbang kemerdekaan dengan selamat. Berikut ini merupakan beberapa sejarah yang harus anda ketahui adanya hari yang sangat penting berkaitan dengan pahlawan dari Umat Islam.

Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Dari Peringatan Hari Santri Nasional Yang Wajib Anda Ketahui

Hari santri Nasional

22 Oktober hari ini telah diperingati adanya Hari Santri Senasional. Tidak heran kalau banyak sekali yang memberikan ucapan dan kata semangat pada para santri. Juga dengan berbagai definisi santri dasri berbagai para ahli. Menurut Johns, santri berasal dari bahasa Tamil yang berarti guru mengaji. Menurut CC. Berg, santri berasal dari bahasa India yakni shastri. Shastri berarti seorang ali kitab agama Hindu. Hal ini didukung oleh A. Steenbrink, ia beranggapan bahwa pendidikan di pesantren mirip dengan pendidikan Hindu di India.
Santri bagi sebagian orang di Indonesia berasal dari Bahasa Sansekerta, yakni Santri yang berarti melek huruf.

Ada juga yang menyatakan bahwa santri berasal dari Bahasa Jawa, yakni cantrik yang bermakna seseorang yang selalu setia mengikuti gurunya dan ikut serta kemanapun gurunya pergi. Karena banyak sekali sejarah yang memberikan peringatan untuk hari ini karena adanya perjuangan dari umat islam untuk memperjuangkan kemerdekaan. Kalau anda selalu bertanya-tanya, ada apa di balik sejarah hari santri ini? Anda bisa membaca ulasan di bawah ini untuk mengetahui semua sejarah dan berbagai sosok para perjuangan kemerdekaan dari Umat Islam.

  1. TujuanTujuan mengadakan adanya Hari Santri Nasional untuk memperingati peran besar kaum Kiyai dan kaum Santri yang berjuang di waktu melawan penjajah dan merebut kembali kemerdekaan. Akan selalu diingat dan menjadi sejasrah paling mebanggakan dalam sejarhnya. Sehingga tujuannya pun untuk menghormati para ulama sebagai perannya yang penting di Indonesia seperti. Peran ulama-ulama lainnya seperti KH Ahmad Dahlan selaku pendiri Muhammadiyah, A. Hassan dari Persis, Ahmad Soorkati dari Al Irsyad, dan Abdul Rahman dari Matlaul Anwar.
  2. Sosok KH Hasyim Asy’ariKH Hasyim Asy’ari lahir di Kabupaten Jombang, Jawa Timur pada 14 Februari 1871. Beliau meninggal di Jombang, Jawa Timur pada umur 76 tahun tepatnya tanggal 21 Juli 1947. KH Hasyim Asy’ari merupakan salah satu pahlawan nasional Indonesia yang mendirikan Nahdlatul Ulama. Nahdlatul Ulama bermakna kebangkitan ulama dan didirikan pada tahun 1926. Beliau yang mempelajari dasar-dasar agama dari sang ayah dan kakeknya. Saat resolusi jihadnya pun di putuskan untuk rapat dan konsul NU Se-Jawa Madura. Dengan dampaknya yang berujung pertempuran di tanggal 10 november 1945.

Most Popular