31.6 C
Tangerang
Saturday, September 24, 2022
Home Health Sering Ngemil? Hindari 6 Cemilan Ini yang Berbahaya Untuk Hati

Sering Ngemil? Hindari 6 Cemilan Ini yang Berbahaya Untuk Hati

inajournal.com – Ingin menjaga kesehatan hati? Berikut ini cemilan berbahaya untuk hati yang sebaiknya dihindari. Hati merupakan salah satu organ penting dan paling besar di tubuh, hati memastikan tubuh bekerja dengan baik, mulai dari menyaring limbah pada tubuh hingga apapun yang masuk ke dalam tubuh seperti makanan, minuman dan obat. Hati memiliki peran untuk menyeimbangkan proses kimiawi dalam tubuh dan dikaitkan dengan lebih dari 500 fungsi berbeda. Gak heran kalau hati harus benar-benar dijaga dengan gaya hidup yang sehat, pola makan bergizi seimbang, olahraga dan tidur cukup, makanan juga memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan hati.

Cemilan Berbahaya Untuk Hati, Yuk Mulai Kurangi

1. Minuman Bersoda

Sering-Ngemil-Hindari-6-Cemilan-Ini-yang-Berbahaya-Untuk-Hati
Coca-cola

Minuman bersoda memang paling enak dikonsumsi bareng cemilan ringan sambil santai bareng temen. Dibalik rasanya yang enak dan nagih, ternyata minuman bersoda tidak baik untuk kesehatan tubuh, bukan rahasia kalau minuman bersoda tidak baik untuk kesehatan tubuh, terutama untuk hati yang memproses minuman tersebut. Minuman berkarbonasi ini memiliki berbagai kandungan yang tidak baik jika dikonsumsi berlebihan, sehingga dapat menyebabkan kerusakan hati seperti zat aditif, zat penambah rasa, zat kimia buatan, kandungan gula yang tinggi. Tidak hanya itu saja, minuman bersoda yang satu ini juga kurang memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, jadi buat kamu pecinta minuman soda sebaiknya kurangi minum-minuman bersoda yang satu ini.

2. Keripik Kentang

Sering-Ngemil-Hindari-6-Cemilan-Ini-yang-Berbahaya-Untuk-Hati
Chips

Cemilan berbahaya untuk hati selanjutnya yaitu keripik kentang, siapa yang tidak suka keripik kentang? Hampir semua orang pastinya menyukai cemilan yang satu ini, apalagi saat ini ada banyak pilihan varian keripik kentang kemasan, biasanya keripik kentang memang paling cocok untuk mengerjakan tugas, atau menjadi teman santai, belum lagi biasanya keripik kentang ditemani dengan minuman bersoda. Tapi tahukah kamu kalau keripik kentang kemasan memiliki kandungan garam yang tinggi, menurut sebuah penelitian dengan mengkonsumsi garam berlebihan bisa membahayakan fungsi hati. Sebelum mengkonsumsi kamu bisa cek kandungan garam pada keripik kentang, pastinya bisa bikin kamu mikir dua kali, boleh saja sesekali mengkonsumsinya, tapi jangan terlalu sering.

3. Minuman Beralkohol

Minuman Alkohol

Bukan sebuah rahasia kalau minuman beralkohol memang tidak baik untuk kesehatan tubuh, bukan hanya minuman soda atau soft drink saja, minuman beralkohol ini juga dapat membuat hati menjadi radang. Jika kamu biasa meneguk alkohol dalam jumlah yang banyak, mulai dari sekarang sebaiknya kurangi atau kalau bisa hentikan, walaupun memang enak tapi minuman beralkohol tidak ada manfaatnya untuk kamu. Hati memang dapat membantu tubuh untuk memecah alkohol, tapi jika kamu mengkonsumsi alkohol berlebihan hati harus bekerja lebih keras lagi untuk metabolisme. Menurut sebuah penelitian, jika ingin mengkonsumsi alkohol sebaiknya dibatasi satu gelar untuk perempuan dan dua gelas untuk laki-laki per harinya, tapi untuk menimbang lebih banyak resiko daripada manfaatnya, sebaiknya kamu hindari atau hentikan.

4. Crackers

Sering-Ngemil-Hindari-6-Cemilan-Ini-yang-Berbahaya-Untuk-Hati
Crackers

Cemilan berbahaya untuk hati selanjutnya yaitu Crackers, salah satu cemilan yang satu ini memang paling cocok untuk teman ngemil sambil nonton atau santai. Cemilan yang satu ini memang tampak seperti cemilan sehat dan tidak berbahaya, tapi siapa sangka ternyata crackers bukan cemilan yang baik untuk hati, terutama jika kamu mengkonsumsinya berlebihan dan dalam jangka panjang. Menurut sebuah penelitian di Brasil, selain nasi, roti dan pasta, kandungan karbohidrat atau gula olahan dan juga sirop jagung fruktosa tinggi yang terkandung pada crackers bisa membahayakan hati, boleh saja dikonsumsi tapi harus dibatasi.

5. Daging Yang Diawetkan

Sering-Ngemil-Hindari-6-Cemilan-Ini-yang-Berbahaya-Untuk-Hati
Daging

Mengkonsumsi daging merah dan daging yang diawetkan menjadi biang kerok atau penyebab utama dari masalah hati. Daging semacam ham atau salami yang ada pada roti lapis bisa membuat hati semakin butuh, kamu masih bisa mengkonsumsi daging seperti ini. Hanya saja perlu dibatasi dan jangan terlalu sering, atau bisa juga kamu ganti dengan dada ayam atau ikan tuna yang lebih baik untuk hati.

6. Buah Kaleng

Sering-Ngemil-Hindari-6-Cemilan-Ini-yang-Berbahaya-Untuk-Hati
Buah Kaleng

Cemilan berbahaya untuk hati yang terakhir yaitu buah kaleng, walaupun judulnya buah, tapi bukan berarti buah di dalam kaleng baik dikonsumsi. Buah memang menyehatkan, namun beda halnya dengan buah kaleng, dikemas dengan sirup sakarin dan gula tambahan, buah yang ada di dalam kaleng hampir mirip dengan minuman bersoda. Menurut sebuah penelitian mengkonsumsi buah kaleng bisa menyebabkan penumpukan fruktosa sehingga menghambat kinerja hati sehingga beresiko mengalami perlemakan hati.

Most Popular