31.6 C
Tangerang
Saturday, December 10, 2022
Home Health Simak, Ini Dia Alasan Sehat Berhenti Minum Soda Untuk Kesehatan

Simak, Ini Dia Alasan Sehat Berhenti Minum Soda Untuk Kesehatan

Minuman bersoda memang terlihat sangat menggoda dan menyegarkan. Terlebih lagi jika diminum pada saat cuaca sedang panas terik seperti di Indonesia ini. Disamping sebagai minuman yang menyegarkan ternyata ada banyak sekali efek negatif yang dapat mengganggu kesehatan tubuh jika memang Anda mengkonsumsinya secara berlebihan. Padahal masih banyak alasan sehat berhenti minum soda yang harus Anda pertimbangkan demi kesehatan tubuh. Karena sudah banyak sekali anjuran kesehatan yang menyarankan untuk orang-orang yang gemar mengkonsumsi minuman bersoda agar segera berhenti.

Alasannya sendiri ternyata sangat beragam namun tetap berhubungan dengan kesehatan tubuh. Tidak ada salahnya bukan kalau anda menyimak kembali satu per satu alasan tersebut untuk membuka pemahaman tentang betapa tidak Sehatnya minuman bersoda? Yah, berikut ini saya akan menyampaikan beberapa alasan sehat yang perlu Anda ketahui dan pahami agar bisa berhenti mengkonsumsi minuman bersoda. Tanpa berlama-lama langsung saja anda bisa menyimak ulasan berikut ini sampai selesai.

Beberapa Alasan Sehat Berhenti Minum Soda Yang Patut Untuk Diperhatikan

Alasan sehat berhenti minum soda

Resiko Penyakit Diabetes Meningkat

Alasan pertama yang harus anda ketahui agar segera berhenti mengkonsumsi minuman bersoda adalah resiko penyakit diabetes yang semakin meningkat. Perlu Anda ketahui bahwa di dalam 1 kaleng soda setidaknya mengandung 10 sendok teh gula. Asupan gula yang terlalu berlebihan ke dalam tubuh akan mengakibatkan lonjakan gula darah dan menyebabkan reaksi insulin di dalam tubuh. Mengkonsumsi minuman bersoda secara rutin dapat menyebabkan naiknya berat badan, diabetes, dan berbagai penyakit lainnya. Soda sendiri memiliki kandungan sirup jagung yang tinggi fruktosa sehingga dapat memicu produksi radikal bebas dan sangat sering dikaitkan dengan kerusakan jaringan, diabetes, dan komplikasi diabetes.

Mengurangi Asupan Nutrisi Untuk Tubuh

Alasan sehat kedua yang harus anda perhatikan untuk segera berhenti mengkonsumsi minuman bersoda adalah mengurangi asupan nutrisi untuk tubuh. Orang-orang yang memilih untuk mengkonsumsi minuman bersoda dibandingkan minuman sehat akan lebih sedikit mendapatkan asupan nutrisi seperti vitamin A kalsium dan magnesium. Orang-orang tersebut juga biasanya mendapatkan asam fosfor yang dapat mengosongkan kalsium dan magnesium dimana kedua nutrisi tersebut dapat menjaga imunitas tubuh. Oleh karena itu, pastikan kalau anda tidak kekurangan asupan nutrisi penting hanya karena terlalu sering mengkonsumsi minuman soda.

Dapat Menambah Berat Badan

Alasan sehat berhenti minum soda selanjutnya adalah karena minuman bersoda dapat menambah berat badan. Tidak sedikit juga orang yang menganggap bahwa soda diet jauh lebih baik daripada soda biasa. Padahal faktanya adalah soda diet juga berkontribusi menaikkan berat badan loh. Sebuah studi yang dilakukan terhadap 1550 orang telah menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi soda diet memiliki 41% resiko kelebihan berat badan atau obesitas pada setiap botol soda yang mereka konsumsi setiap harinya. Selain itu, rasa manis yang diberikan juga akan memberikan sinyal pada sel tubuh untuk menyimpan lemak dan karbohidrat sehingga Anda juga akan mudah lapar rasa manis dari soda juga akan menaikkan pelepasan insulin yang akan menghambat tubuh dari pembakaran lemak.

Dehidrasi

Alasan selanjutnya adalah Anda bisa terkena dehidrasi. Minuman bersoda dapat membuat tubuh anda mengalami dehidrasi karena kandungan gula, sodium dan kafein yang sangat tinggi pada minuman bersoda. Banyak sekali orang yang mengkonsumsi soda bersama dengan makanan sehingga menimbulkan dehidrasi yang lebih parah. Oleh sebab itu kebanyakan dari mereka mungkin juga tidak mengkonsumsi air mineral pada saat yang bersamaan hingga pada akhirnya sopan air harian juga tidak terpenuhi. Jika sudah seperti ini maka tubuh anda akan merasakan dehidrasi yang cukup parah.

Merusak Lingkungan

Alasan sehat berhenti minum soda yang terakhir adalah merusak lingkungan. Botol soda plastik dan juga botol plastik minuman lainnya tentu memiliki kandungan bahan kimia berbahaya yang disebut juga dengan bisphenol A atau BPA. Tersebut dinilai dapat larut dari botol ke dalam soda dan masuk ke dalam tubuh ketika anda mengkonsumsinya. Beberapa bukti telah menunjukkan bahwa dampak BPA terhadap gangguan kesehatan sangatlah banyak salah satunya adalah gangguan sistem imun tubuh. Seorang pakar kesehatan masyarakat juga sudah merekomendasikan agar anak-anak dilindungi dari paparan produk yang mengandung BPA terutama produk yang sering dikonsumsi sehari-hari.

Most Popular