31.6 C
Tangerang
Thursday, August 18, 2022
Home Trending Singkong Food Estate Menjadi Tujuan Prabowo Ditanam Besar-Besaran

Singkong Food Estate Menjadi Tujuan Prabowo Ditanam Besar-Besaran

Menhan atau Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengerahkan para prajurit TNI untuk menanam singkong secara besar-besaran dalam proyek singkong food Estate. Menurut sumber yang dilansir antara Senin tanggal 28/9/2020 untuk menargetkan kapasitas lahan singkong sebanyak 1,4 juta hektar di negara Indonesia. Penargetan tahun 2025 mendatang akan hasil dari lahan singkong yang sebesar itu. Memang tugas Prabowo dari Presiden Jokowi yang didukung untuk melaksanakan proyek ini.

Menurut Prabowo, tepung tapioka yang dihasilkan dari singkong bisa menjadi bahan utama kebutuhan pangan. Siapa sih yang tidak suka singkong? Singkong sendiri memiliki iki pengolahan yang mudah bisa direbus atau digoreng seperti keripik keripik yang sangat lezat. Mengutip kata medical News today bahwa singkong merupakan salah satu sumber karbohidrat yang memiliki segudang manfaat.

Cara pengolahannya pun harus penuh diperhatikan. Alhasil akan menjadi kandungan sianida atau menyebabkan keracunan jika pengolahannya asal-asalan. Wilayah tropis seperti Amerika Selatan Afrika dan Asia bisa menjadikan singkong sebagai makanan pokok. Singkong sendiri, yang sangat memiliki ragam kalori seperti, karbohidrat protein, serat, mineral termasuk kalium dan magnesium fosfor dan vitamin C hingga vitamin A.

Manfaat Dan Cara Pengolahan Singkong Untuk Singkong Food Estate

singkong food estate

Wakil menteri pertahanan mengakui masih memproses investasi darti tugas yang dipersetujui dan didukung oleh jokowi ini dengan baik dan benar. Untuk menjadikan singkong sebagai bahan pokok pangan yang sangat di unggulkan nantinya dibandingkan dengan gandum dari negeri-negeri lainnya. Walaupun masih mempersiapkan sebuah perlahanan, komoditas singkong yang akan di targetkan tahun depan dengan 60.000 hektar dengan 3 bulan tahun ini sampai 3.000 hektare.

“Lumayan sulit untuk perlahanan yang akan disiapkan untuk proyek singkong food estate 50.000 hektar. Untuk anggarannya pun bekerja sama dengan kementerian BUPR sambil menunggu pembentukan lahan” menurut Sakti Wahyu Sebagai wakil menteri pertahanan. Tujuannya yang membutuhkan karbohidrat selain dari gandum dan padi. Singkong yang bisa dijadikan berbagai bahan pokok seperti roti dan mie. Berikut ini merupakan manfaat dan berbagai cara pengolahannya

  • Menjaga kesehatan pada pencernaan
  • mengurangi peradangan
  • Menambah energi
  • melindungi tubuh dari radikal bebas
  • Mencegah penyakit jantung
  • Mengatasi kerutan kulit
  • daya tahan tubuh yang meningkat
  • Mengurangi resiko kanker

Dilansir Healthline, untuk memperoleh manfaat dan menghindari kemungkinan keracunan, pengolahan singkong harus dilakukan dengan benar. Meski proses pengolahan dapat mengurangi nutrisi yang terkandung di dalam singkong, langkah tersebut tetap harus dilakukan untuk menghilangkan zat sianida di dalamnya.

Sebelum dikonsumsi, kulit singkong harus dikupas terlebih dahulu, kemudian direndam bagian batangnya yang berwarna putih di dalam air bersih selama 48-60 jam. Setelah itu, Anda dapat memasak singkong hingga matang dengan sempurna. Goreng, rebus, atau kukus minimal 25 menit untuk mencegah keracunan sianida akibat konsumsi singkong yang masih mentah atau kurang matang. Banyak sekali pengolahan lainnya yang bisa anda lakukan supaya jadikan singkong sebagai singkong food estate paling unggul di negara Indonesia. Penargetan penanaman singkong ini sangat membantu ekonomi indonesia nantinya, karena akan diunggulkan sebagai bahan pokok seperti, mie atau tepung selain bisa dimakan langsung saat proses rebus atau goreng saja.

Most Popular