31.6 C
Tangerang
Saturday, December 10, 2022
Home Health Sudah Tahu Belum? 6 Manfaat Berkumur Air Garam Untuk Kesehatan

Sudah Tahu Belum? 6 Manfaat Berkumur Air Garam Untuk Kesehatan

Manfaat berkumur air garam tidak hanya untuk kesehatan mulut saja, memang berkumur dengan air garam identik dengan sakit gigi, namun ternyata tidak hanya itu saja manfaatnya. Menurut penelitian dengan menambahkan garam ke dalam gelas yang berisikan air hangat untuk berkumur dapat menciptakan efek osmosis, konsentrasi garam akan menarik cairan dari jaringan pada mulut dan tenggorokan yang kemudian akan meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh infeksi.

Kumur kumur dengan air garam juga bisa memecah lending kental yang ada di tenggorokan dan juga dapat menghilangkan bahan iritan seperti alergen, bakteri dan jamur. Garam biasanya digunakan untuk memasak yang membuat rasa makanan menjadi asin, garam memiliki berbagai macam kandungan seperti yodium, phospor, cobalt, kalsium, kalium, zinc, sulfur, chlor, magnesium, mangan dan masih banyak kandungan garam yang baik untuk kesehatan mulut.

Selain untuk menjaga kebersihan pada mulut, air garam juga memiliki banyak manfaat. Namun air garam tidak untuk diminum, hanya boleh untuk berkumur kumur, apa saja manfaat air garam yang bisa kamu dapatkan jika berkumur secara rutin?

6 Manfaat Berkumur Air Garam Yang Jarang Diketahui

Manfaat Berkumur Air Garam

1. Meredakan Peradangan Dan Mencegah Infeksi

Selain dapat meredakan radang tenggorokan yang disebabkan oleh pilek, alergi, musiman atau karena infeksi sinus, ternyata berkumur air garam juga bisa mencegah infeksi datang kembali. Hal ini karena efek osmosis yang bisa mengeluarkan berbagai patogen pada tenggorokan dan mulut, melalui penelitian jika rutin berkumur dengan air garam sudah terbukti dapat meningkatkan kesehatan gusi dan mempercepat penyembuhan sariawan.

2. Mengurangi Bakteri Berbahaya Di Mulut

Manfaat berkumur air garam yang selanjutnya bisa mengurangi bakteri berbahaya pada mulut kamu, air garam sendiri bisa menetralkan asam akibat serangan bakteri, sehingga menjaga pH mulut agar tetap seimbang dan mencegahnya dari radang gusi, kebiasaan berkumur ini bisa mencegah infeksi mulut dari jamur seperti jamur candida. Jika rutin melakukan ini kamu bisa terhindar dari bakteri berbahaya.

3. Mengurangi Resiko Infeksi Saluran Pernapasan

Sebuah penelitian yang melibatkan 387 partisipan yang berusia 18 hingga 65 tahun, partisipan tersebut dibagi dalam dua kelompok, kelompok pertama berkumur dengan air garam 3 kali sehari, kelompok kedua tidak melakukannya. Setelah pengamatan selama 60 hari di musim flu dan pilek, terbukti kalau kumur kumur dengan air garam bisa menurunkan resiko infeksi saluran pernapasan hingga 40% dibandingkan orang yang tidak berkumur dengan air garam akan lebih rentan terserang penyakit.

4. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Manfaat berkumur air garam yang selanjutnya yaitu bisa meningkatkan kesehatan gigi, melindungi gigi dan gusi dari serangan bakteri, sehingga menurunkan resiko terkena radang gusi atau gingivitis, infeksi gusi atau periodontitis dan gigi berlubang. Sebuah penelitian juga sudah mengamati pengaruh berkumur dengan air garam pada anak anak terhadap jumlah bakteri Streptococcus mutans, bakteri ini berperan besar pada pembentukan karies gigi, yaitu penyakit infeksi yang dapat merusak struktur jaringan keras gigi. Hal ini sangat umum terjadi pada anak anak karena penumpukan plak dari sisa makanan, kotoran dan bakteri di dalam mulut.

5. Meredakan Gejala Alergi

Alergi bisa disebabkan karena interaksi dengan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing yang dapat menimbulkan gejala seperti sakit pada tenggorokan. Untuk mengatasinya bisa berkumur dengan air garam yang menjadi alternatif untuk mengurangi rasa sakit yang dialami, caranya cukup mudah, pertama membuat larutan air garam dengan mencampurkan 1/2-1/4 sendok teh garam ke dalam 200-250 ml air hangat. Kemudian larutkan, lalu kumur kumur selama 30 detik, kemudian keluarkan, lakukan beberapa kali hingga semua larutan habis.

6. Menyembuhkan Sariawan Lebih Cepat

Jika rutin berkumur dengan air garam juga ternyata terbukti ampuh untuk menyembuhkan sariawan lebih cepat. Selain itu juga dapat menyembuhkan gusi yang bengkak lebih cepat.

Most Popular