31.6 C
Tangerang
Monday, January 17, 2022
Home Health Sumber Lemak Sehat Buat Kamu Yang Lagi Jalani Diet Keto

Sumber Lemak Sehat Buat Kamu Yang Lagi Jalani Diet Keto

Inajournal.com – Diet keto merupakan diet yang mengedepankan konsumsi rendah karbohidrat atau bahkan tidak sama sekali, beberapa makanan yang mengandung nutrisi seperti lemak, protein, vitamin, mineral dan lainnya diperkenankan untuk dikonsumsi dalam batas kewajaran. Ketika sedang menjalani diet keto, sangat penting untuk diketahui kalau tidak semua lemak baik dan layak untuk dikonsumsi selama menjalani program diet, tapi tidak perlu khawatir karena ada beberapa sumber lemak baik untuk dikonsumsi selama diet daripada yang lain dan sangat penting untuk mengisi piring dengan sumber lemak sehat di bawah ini.

Sumber Lemak Sehat Buat Yang Sedang Jalani Diet Keto

Sumber-Lemak-Sehat
Cokelat

Yang pertama yaitu cokelat, kalau kamu berpikir coklat tidak boleh dikonsumsi saat diet itu salah, karena cokelat merupakan sumber lemak yang dapat dimasukkan ke dalam program diet keto. Tentunya cokelat disini berasal dari biji kakao tanpa pemanis dan minim pemrosesan, dalam 28 gram biji cokelat saja sudah menyediakan sekitar 12 gram lemak dan 9 gram serat.  Menurut sebuah jurnal dijelaskan kalau cokelat hitam juga terkenal dengan kandungan polifenolnya yang kaya, zat ini sendiri merupakan senyawa yang tumbuh dengan efek anti-inflamsi yang kuat dan dapat mendorong pertumbuhan bakteri usus yeng sehat. Saat melakukan diet keto kamu bisa tetap mengkonsumsi coklat, namun hanya saja ada batasannya dan sebaiknya jangan konsumsi coklat yang mengandung gula tinggi, lebih baik konsumsi coklat hitam.

Sumber-Lemak-Sehat
Greek Yogurt

Sumber lemak sehat yang selanjutnya yaitu Greek Yogurt yang emang baik dikonsumsi untuk program diet keto, tapi sebaiknya konsumsi yogurt ini tanpa pemanis. Dalam 100 gram greek yogurt polos, yaitu sekitar 5 ½ sendok maka mengandung 133 kalori dan hampir 6 gram protein dan 10 gram lemak yang merupakan lemak jenuh dan tidak jenuh. Greek yogurt ini juga mengandung sekitar 5 gram karbohidrat yang sebagian besar merupakan laktosa, dalam sebuah jurnal sebagaimana produk yogurt lainnya, greek yogurt juga memiliki kandungan bakteri yang baik dan menguntungkan atau yang lebih dikenal sebagai probiotik. Perananya tentunya meningkatkan fungsi pencernaan agar menjadi lebih sehat.

Sumber-Lemak-Sehat
Telur

Yang selanjutnya yaitu telur yang bergizi dan serbaguna, menjadikannya tambahan yang mudah untuk diet ketogenik. Menurut sebuah jurnal, jumlah kandungan lemak dalam telur pada umumnya yaitu sekitar 5 gram, sebagian besar adalah lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, jika sedang menjalani diet keto telur jadi makanan yang tidak boleh kamu lewatkan. Dianjurkan mengkonsumsi telur secara teratus, hal ini karena kuning telur kaya akan vitamin B dan antioksidan yang kuat berupa lutein dan zeaxanthin yang mendukung kesehatan mata. Untuk mengkonsumsinya lebih baik di rebus atau di goreng tanpa minyak.

Sumber-Lemak-Sehat
Chia Seeds

Sumber lemak sehat yang selanjutnya yaitu Chia Seed, siapa sangka kalau chia seeds ternyata menjadi sumber lemak dan serat yang menyehatkan. Dalam 1 sendok makan dengan ukuran 15 gram biji chia suudah memiliki kandungan 4 gram lemak, sebagian besar omega 3 dan 4 gram serat. Menurut sebuah penilitian biji chia ternyata memiliki kandungan berbagai senyawa tanaman, termasuk quercetin dan kaemprefol, fungsi zat tersebut yaitu dapat mengurangi perasangan dan mencegah kondisi kronis, seperti penyakit jantung, diabetes dan kanker. Chia seeds sendiri bisa kamu konsumsi dengan cara di campurkan dengan berbagai makanan maupun minuman.

Sumber-Lemak-Sehat
Alpukat

Sepertinya sudah banyak yang mengetahui kalau alpukat jadi salah satu sumber lemak yang paling populer dan sehat, tidak hanya lemak sehat alpukat juga memiliki kandungan sumber vitamin seperti C, E, K, B6, niasin, folat, riboflavin, asam pantotenat, kalium, magnesium dan kalium. Buah yang satu ini menyediaka lutein, bera karoten dan asam lemak omega 3. Menurut sebuah penelitian menunjukkan fakta kalau dengan mengkonsumsi alpukat akan membantu mendukung kesehatan jantung, sebuah studi juga menunjukkan fakta kalau alpukat bisa membantu manajemen berat badan dan penuaan yang lebih sehat. Alpukat ini bisa kamu konsumsi secara langsung atau di campurkan dengan tambahan lain seperti dibuat menjadi sushi.

 

Most Popular