31.6 C
Tangerang
Thursday, October 6, 2022
Home Health Sumber Protein Nabati & Hewani, Bergizi Dan Rendah Lemak

Sumber Protein Nabati & Hewani, Bergizi Dan Rendah Lemak

Inajournal.com – Ada cukup banyak makanan yang menjadi sumber protein nabati maupun hewani yang bisa kamu konsumsi secara rutin. Setiap manusia wajib mengkonsumsi makanan sehat yang memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh, protein sendiri merupakan bahan pembentuk otot dan jaringan tubuh lainnya serta membantu menjaga berat badan kamu. Dari sekian banyak makanan mengandung protein, berikut ini ada beberapa makanan yang memiliki kandungan protein tinggi namun rendah lemak dan tentunya tetap bergizi sehingga baik dikonsumsi secara rutin.

Sumber Protein Nabati  & Hewani Yang Wajib DikonsumsiSumber-protein

  1. Ikan Berdaging Putih
    Sebagian besar ikan memiliki daging berwarna putih biasanya memiliki kandungan lemak dan kalori yang lebih rendah. Setiap 100 gram ikan yang mengandung 25 hingga 30 gram protein dengan lemak yang cukup rendah yaitu kurang dari 3 gram, sehingga cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang berdiet. Beberapa contoh ikan yang memiliki daging warna putih yaitu ikan cod, ikan pecak, ikan mujair, ikan sole fish atau sebelah.

  2. Dada Ayam
    Sumber protein yang selanjutnya dari dada ayam, seperti yang sudah diketahui kalau dada ayam memang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan termasuk rendah lemak. Untuk ukuran 100 gram daging ayam yang dimasak mengandung sekitar 30 gram protein, misalnya bagian daging ayam yang berwarna putih yaitu bagian dadanya. Sebaiknya kurang mengkonsumsi bagian ayam yang memiliki warna gelap seperti bagian paha, walaupun memang lebih enak bagian paha karena dagingnya lebih empuk, tapi kandungan lemaknya juga tinggi. Tidak hanya itu saja, kamu juga harus menghindari bagian kulit karena setiap 100 gram ayam panggang dengan kulit memiliki kandungan sekitar 200 kalori dan 8 gram lemak. Dengan porsi ayam panggang yang sama namun tanpa kulit, kalori yang terkandung di dalamnya yaitu 165 kalori dan 3,5 gram lemak, jika tidak ingin menambah lemak kamu bisa mengolahnya dengan cara direbus.

  3. Tahu
    Yang selanjutnya yaitu tahu, makanan yang satu ini merupakan salah satu protein nabati yang bisa kamu konsumsi sebagai pengganti protein hewani. Tahu untuk ukuran 85 gran sendiri memiliki kandungan 45 kalori, 1,5 gram lemak, dan juga 7 gram protein, tidak hanya itu saja, tahu juga kaya akan asam amino esensial sehingga baik jika kamu konsumsi secara rutin. Selain itu tahu juga memiliki berbagai jenis tekstur, tahu dengan tekstur yang lebih kerasa cocok diolah untuk ditumis, dipanggang atau dikukus, sedangkan tahu yang memiliki tekstur lembut dan halus lebih cocok untuk dijadikan makanan berkuah. Untuk menghindari penambahan lemak sebaiknya konsumsi tahu tanpa minyak seperti di jadikan sup.

  4. Daging Sapi Rendah Lemak
    Sumber protein yang selanjutnya dari daging sapi rendah lemak, daging sapi merupakan salah satu daging yang setiap 100 gramnya memiliki kandungan lemak  kurang dari 10 gram dan lemak jenuh sebanyak maksimal 4,5 gram. Contohnya bagian daging sapi yang rendah lemak yaitu bagian has dalam atau tenderloin dan punggu atau sirloin, bagian daging sapi rendah lemak yang bisa jadi sumber vitamin B, Zinc dan selenium yang baik untuk tubuh, kamu bisa mengolahnya menjadi sup daging sapi dan beberapa makanan lainnya sesuai dengan selera kamu.

  5. Susu Rendah Lemak
    Yang selanjutnya yaitu susu rendah lemak, setiap ukuran 240 ml susu rendah lemak dengan 1 persen lemak, mengandung 8 gram protein, 2,5 gram lemak dan juga 100 kalori. Sebagai  perbandingannya, susu berlemak memiliki kandungan 3,25 persen lemak, mengandung 150 kalori dan juga 8 gram lemak dengan sejumlah protein yang sama, minum susu merupakan cara yang paling mudah untuk mendapatkan asupan protein. Kamu bisa mengkonsumsinya begitu saja atau dimakan bersamaan dengan sereal atau bisa juga untuk campuran smoothie.

  6. Greek Yogurt
    Sumber protein yang selanjutnya greek yogurt yang ternyata memiliki lebih tinggi dibandingkan dengan yogurt biasa. Setiap 170 gram greek yogurt memiliki kandungan sekitar 15 hingga 20 gram protein, di sisi lain yogurt biasa hanya memiliki 8 gram protein dengan sajian yang sama. Greek yogurt memiliki kadar protein yang lebih tinggi oleh karena proses pembuatannya, air dadih atau yang dikenal dengan whey disaring, sehingga meninggalkan produk yogurt yang lebih terkonsentrasi dengan kandungan protein yang lebih banyak lagi, kamu bisa mengkonsumsinya dengan buah-buahan.

 

Most Popular