31.6 C
Tangerang
Thursday, December 1, 2022
Home Health Tahukah Kamu? Perbedaan Nutrisi Buah Dan Sayur Berdasarkan Warnanya

Tahukah Kamu? Perbedaan Nutrisi Buah Dan Sayur Berdasarkan Warnanya

Melihat nutrisi buah dan sayur ternyata bisa dari warnanya, setiap buah dan sayur tentunya memiliki nutrisi yang berbeda beda. Namun pastinya nutrisi ini sangat penting untuk tubuh dan dibutuhkan untuk menutrisi serta memenuhi kebutuhan vitamin harian pada tubuh. Banyak jenis buah dan sayur yang kita konsumsi selama ini dan sering ditemui sehari hari, demi kesehatan tubuh kamu harus rutin mengkonsumsi buah dan sayuran.

Tidak hanya dengan berolahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh, namun kamu juga harus mengimbanginya dengan konsumsi makanan sehat. Seperti buah dan sayuran yang memiliki banyak kandungan nutrisi seperti vitamin C, antioksidan, Zat besi, Kalium dan kandungan sehat lainnya yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Mendapatkan sayuran cukup mudah, di sekeliling kamu pastinya banyak sayuran yang umum dikonsumsi.

Mulai dari wortel, jeruk, alpukat, stroberi dan buah atau sayuran lainnya, namun tahukah kamu ternyata melihat kandungan nutrisi sayuran dan buah bisa berdasarkan warnanya. Buah dan sayur memang memiliki warna yang berbeda beda, dan dari warna ini lah yang ternyata bisa di identifikasi nutrisi di dalamnya. Bagaimana penjelasannya? Berikut ini penjelasan mengenai nutrisi sayur dan buah berdasarkan warnanya.

Melihat Nutrisi Buah Dan Sayur Berdasarkan Warnanya

nutrisi buah

1. Warna Merah Mengandung Likopen

Menurut penelitian buah yang memiliki warna merah mengandung likopen. Likopen sendiri merupakan zat yang membuat buah dan sayur berwarna merah termasuk ke dalam jenis antioksidan yang dapat mencegah kanker, untuk mendapatkan khasiat zat fitokimia likopen ini kamu bisa mengkonsumsi buah dan sayur yang berwarna merah. Seperti buah stroberi, tomat, semangka, ceri dan buah lainnya, selain dapat menjadi pencegah kanker, ternyata buah atau sayur berwarna merah memiliki kandungan yang dapat menurunkan kolesterol.

2. Warna Oranye Mengandung Vitamin A

Nutrisi buah yang berwarna oranye cukup banyak dan bermanfaat bagi tubuh, seperti salah satunya senyawa beta karoten yang merupakan zat yang terdapat di dalam buah atau sayuran berwarna oranye dan kuning. Beta karoten ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, yang mana senyawa tersebut dapat diubah jadi vitamin A, vitamin ini dapat menjaga kesehatan mata,kulit dan kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan kandungan ini kamu bisa mengkonsumsi pepaya, wortel, mangga, labu, nanas, dan ubi orange.

3. Warna Hijau Baik Untuk Ibu Hamil

Sayuran hijau sendiri salah satu yang paling sering dikonsumsi oleh banyak orang, sayuran dan buah buahan hijau memang paling sering ditemui di kehidupan sehari hari. Buah dan sayuran yang memiliki warna hijau sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil, buah buahan tersebut meliputi kiwi, alpukat, bayam, brokoli, dan lain lainnya. Buah dan sayur hijau juga memiliki kandungan senyawa fitokimia isothiocyanate dan indole yang sifatnya sebagai antikanker, selain itu juga memiliki kandungan asam folat, asam lemak omega 3 dan berbagai macam vitamin lainnya.

4. Warna Ungu Mengandung Antioksidan Paling Kuat

Nutrisi buah yang memiliki warna ungu ternyata mengandung antioksidan yang paling kuat, antioksidan sendiri salah satu senyawa yang mampu menangkal radikal bebas dan mencegah kanker. Didalam buah dan sayur berwarna ungu memiliki kandungan alami bernama antosianin yang fungsinya untuk mencegah kanker, menurunkan tekanan darah. Untuk mendapatkan manfaat ini kamu bisa mendapatkannya dari buah blueberry, blackberry, bit, ubi ungu, kubis ungu, anggur, dan yang lainnya.

5. Warna Putih

Buah atau sayuran yang memiliki warna putih ternyata juga memiliki banyak kandungan baik untuk tubuh. Sayur dan buah yang berwarna putih dikenal menurunkan kolesterol jahat dan juga menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu buah dan sayuran yang berwarna putih dipercaya bisa meningkatkan kekuatan imun tubuh, jenis buah yang bisa kamu konsumsi yaitu buah pir, bawang bombay, bawang putih, kembang kol, dan lobak, di dalam sayuran dan buah warna putih memiliki kandungan senyawa yang bernama allicin yang sifatnya sebagai anti tumor. Tak hanya itu, namun juga memiliki kandungan antioksidan, seperti kuersetin dan kaempferol, untuk menemukan buah dan sayuran warna putih sendiri sangat mudah, jadi ga ada alasan untuk kamu malas makan buah dan sayur!

Most Popular