31.6 C
Tangerang
Thursday, December 1, 2022
Home Beauty Tak Hanya Baik Untuk Kesehatan! Manfaat Kulit Manggis Untuk Kecantikan

Tak Hanya Baik Untuk Kesehatan! Manfaat Kulit Manggis Untuk Kecantikan

Manfaat kulit manggis sangat banyak dan bermanfaat untuk kesehatan, sejak dahulu kulit manggis memang dikenal sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun ternyata kulit manggis tidak hanya baik untuk kesehatan namun juga untuk kecantikan, buah manggis merupakan salah satu tanaman budidaya yang tumbuh subur di Negara Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Manggis juga disebut sebagai ratu buah karena memiliki banyak manfaat, seperti memperbaiki gangguan memori atau disfungsi kognitif, buah manggis juga memiliki kandungan antioksidan, terutama xanthone yang jumlahnya 27 kali lebih banyak dari pada buahnya.

Antioksidan yang terkandung di dalam kulit manggis dapat menetralisir dampak negatif dari radikal bebas yang berhubungan dengan kecantikan, dan penyakit seperti kanker, diabetes dan penuaan dini. Ada banyak jenis antioksidan namun antioksidan yang terkandung di dalam kulit manggis merupakan antioksidan yang paling kuat dan senyawa tersebut dapat bermanfaat untuk semua masalah kesehatan. Tidak hanya itu ternyata juga kandungan tersebut dapat mengatasi keriput karena penuaan dini, kamu bisa mendapatkan ekstrak kulit manggis dimana saja. Berikut ini manfaat lain dari kulit manggis yang wajib kamu ketahui.

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Manfaat kulit manggis

1. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Kulit manggis memiliki kandungan xanthone yang bersifat anti peradangan, dengan mengkonsumsi ekstrak kulit manggis secara rutin dipercaya dapat menurunkan risiko kamu terserang penyakit serius yang berhubungan dengan peradangan ini, seperti contohnya kanker, penyakit jantung dan diabetes.

Menurut sebuah studi kulit manggis sebagai sumber antioksidan yang paling baik dan berkhasiat untuk mencegah penyakit yang berkaitan dengan stres oksidatif. Manfaat dari kulit manggis ini juga ternyata berkaitang dengan kandungan serat yang ada di dalamnya, kandungan tersebut dapat menurunkan risiko penyakit pencernaan dan tentunya melancarkan pencernaan kamu. Namun meskipun seperti ini, manfaat ini belum pernah benar benar diuji pada manusia melalui sebuah penelitian yang sahih.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat kulit manggis selanjuta yaitu dapat menurunkan berat badan, bagi kamu yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, dengan mengkonsumsi ekstrak kulit manggis ternyata dapat membantu menurunkan berat badan kamu dengan maksimal. Namun, untuk merasakan manfaat dari kulit manggis ini, kamu juga sangat disarankan mengonsumsi suplemen diet lainnya, seperti salah satunya Sphaeranthus indicus, jika ingin minum suplemen diet ini kamu harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk dosis yang tepat.

3. Mengatasi Masalah Gusi

Siapa sangka ternyata kulit manggis juga dapat mengatasi masalah gusi kamu, menurut sebuah penelitian mengungkapkan fakta kalau dengan cara mengoleskan gel yang mengandung 4 persen ekstrak kulit manggis dapat membantu menjaga kebersihan gusi. Jika kamu memiliki gusi yang sehat maka akan membuat akar gigi lebih kuat dan mengurangi risiko kamu sering mengalami gusi berdarah atau masalah gusi lainnya yang berbahaya.

4. Menjaga Kesehatan Sistem Imun

Manfaat kulit manggis selanjutnya datang dari kandungan antioksidan lain yang ada pada kulit manggis, seperti salah satunya vitamin C. Kandungan tersebut menjadikan manfaat kulit manggis sebagai penjaga sistem imun tubuh, selain itu kandungan Vitamin C juga sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistem imun tetap bekerja dengan maksimal sekaligus memiliki sifat seperti antioksidan pada umumnya. Vitamin C juga baik untuk kesehatan kulit, maka dari itu dengan kamu mengkonsumsi vitamin C tidak hanya sistem imun kamu yang baik namun juga kamu bisa mendapatkan khasiat untuk kecantikan kamu.

5. Mengurangi Masalah Menstruasi

Bagi wanita siapa yang siklus menstruasinya tidak teratur? Tidak perlu khawatir, kamu bisa mengatasinya dengan kulit manggih. Secara tradisional akar dan kulit manggis diketahui dapat membantu mengatur siklus menstruasi pada wanita, bukan hanya itu saja, ternyata kulit manggis juga dapat meringankan gejala tidak nyaman yang sering sekali terjadi sebelum memasuki masa menstruasi. Kamu bisa mencobanya jika merasa siklus menstruasi kamu tidak lancar.

6. Sebagai Perawatan Kulit

Manfaat kulit manggis selanjutnya datang dari kandunganya yang sebagai anti inflamasi, anti bakteri, anti alergi dan anti jamur, serta antioksidan yang berasal dari kulit manggis yang dipercaya mampu membantu mengurangi berbagai risiko penyakit kulit, seperti berbagai peradangan kulit, eksim, alergi, penuaan kulit, dan infeksi bakteri. Bukan hanya itu saja, kulit manggis juga sudah terbukti sebagai salah satu buah dengan kandungan yang sangat efektif untuk mengatasi jerawat, penasaran ingin mencobanya? Kamu bisa buktikan sendiri dengan rutin mengkonsumsi kulit manggis.

Most Popular