31.6 C
Tangerang
Thursday, August 18, 2022
Home Health Tak Hanya Enak, 5 Manfaat Ikan Teri Yang Sangat Baik Bagi Tubuh

Tak Hanya Enak, 5 Manfaat Ikan Teri Yang Sangat Baik Bagi Tubuh

Tahukah kamu ada banyak manfaat ikan teri yang bisa kamu rasakan. Siapa yang tak mengenal ikan teri, ikan teri sangat populer di Indonesia, biasanya ikan teri menjadi bahan campuran masakan lain, atau diolah menjadi cemilan enak, dan bisa juga hanya digoreng dan disajikan bersama nasi hangat, tak lupa sambal khas Indonesia agar semakin nikmat.

Ikan teri merupakan salah satu jenis ikan dari keluarga ikan anchovy, ikan teri umumnya hanya berukuran sekitar 12 cm. Ikan jenis ini memiliki rasa yang unik, biasanya diolah menjadi ikan asin hingga acar di dalam cuka. Ikan teri menjadi salah satu makanan bernutrisi yang sangat populer di Indonesia, karena rasanya yang enak dan mudah di cari.

Untuk mendapatkan ikan teri cukup mudah, karena banyak dijual di pasaran, dengan harganya yang murah, membuat ikan teri menjadi incaran banyak masyarakat Indonesia. Ikan teri juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang enak, sebelum memasak ikan teri kamu juga harus tahu ikan teri memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

5 Manfaat Ikan Teri Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh


Ikan teri selain memiliki rasa yang nikmat, ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk anak anak maupun orang dewasa, berikut ini beberapa manfaat ikan teri

Kaya Nutrisi Yang Baik

Ikan teri memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, karena kandungan nutrisi didalamnya, Ikan teri kaya akan protein, lemak, kalsium, zat besi, dan kalium. Tak hanya itu kandungan dalam ikan teri, namun ada juga magnesium, fosfor, zinc, niacin, folat, vitamin A, dan vitamin E. Banyaknya kandungan nutrisi pada ikan teri ini menjadi salah satu lauk yang baik untuk kesehatan.

Baik Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes

Manfaat ikan teri bisa dirasakan bagi penderita diabetes. Salah satu dokter ahli penyakit diabetes mengatakan bahwa ikan teri adalah salah satu makanan yang baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal tersebut karena ikan teri mengandung protein dan lemak baik, dan juga tidak mengandung gula dan karbohidrat, sehingga tidak mempengaruhi kadar gula darah.

Mampu Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu alasan mengapa ikan teri baik untuk dikonsumsi, karena kandungannya yang baik untuk kesehatan jantung. Ikan teri mengandung banyak minyak ikan, selain itu ikan teri juga mengandung vitamin, mineral, dan asam lemak omega 3 yang baik bagi kesehatan tubuh, kandungan kandungan tersebut lah yang dianggap memiliki peran penting menjaga kesehatan jantung.

Namun biasanya banyak orang yang mengkonsumsi teri dengan cara digoreng, dengan cara menggoreng ikan teri, yang tadinya ikan teri rendah lemak jenuh jadi memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Hal itu sangat berbahaya bagi penderita kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Oleh karena itu, kamu harus mengolahnya dengan cara yang lebih sehat.

Baik Untuk Kesehatan Tulang

Manfaat ikan teri sangat baik untuk kesehatan tulang, ikan teri juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi, yang dipercaya baik untuk kesehatan tulang. Selain itu kalsium, magnesium, dan fosfor pada ikan teri serta vitamin D dan C, merupakan sumber nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga tulang tetap kuat.

Membantu Menjaga Kesehatan Dan Fungsi Otak

Untuk membantu memelihara kesehatan dan fungsi otak, dengan cara mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Dan ikan teri mengandung aneka lemak baik, seperti asam lemak omega 3 yang baik untuk menjaga fungsi dan pertumbuhan otak. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa pola makan sehat yang memasukan ikan di dalamnya dapat mencegah dampak buruk efek penuaan pada otak, serta mengurangi resiko depresi dan stroke.

Itulah beberapa manfaat ikan teri yang baik untuk tubuh, walaupun ikan teri sangat enak dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Bagi penderita asam urat dianjurkan untuk menghindari konsumsi ikan teri, terutama untuk jenis teri yang telah diolah menjadi ikan asin. Hal ini dikarenakan ikan asin mengandung senyawa purin dalam jumlah yang tinggi, sehingga menyebabkan asam urat kambuh.

Most Popular