31.6 C
Tangerang
Wednesday, December 7, 2022
Home Lifestyle Terapkan 4 Cara Aman Naik Angkot Untuk Menghindari Kejahatan

Terapkan 4 Cara Aman Naik Angkot Untuk Menghindari Kejahatan

Siapa sih yang tidak pernah naik angkot? Kendaraan umum yang sering kita temui ketika di perjalanan menuju rumah, sekolah dan jalan-jalan perbatasan antar kota. Tahukah anda ? Ternyata sebelum anda menaiki angkot, anda perlu mengetahui cara aman naik angkot. Harus anda ketahui juga Nama Angkot memiliki kepanjangan nama angkutan kota, transportasi umum yang satu ini memang sudah lama sekali menjadi moda transportasi paling favorit khususnya ibu-ibu pulang belanja dari pasar.

Banyak sekali tragedi tragedi yang terjadi pada penumpang yang menggunakan angkot, seperti halnya ibu-ibu atau penumpang yang terjungkal di dalam angkutan tersebut Adapun tragedi angkutan umum yang merugikan para penumpangnya. Contohnya seperti kecepetan, kecelakaan, penipuan dan lain-lain. Untuk Anda yang pernah mengalami hal-hal kejadian di atas seharusnya anda mengetahui cara aman saat naik angkot supaya anda merasakan sensasi lebih aman dan nyaman.

Memang zaman sekarang sudah sangat mudah untuk mendapatkan transportasi secara online, tetapi bagaimanapun ada saja sewaktu-waktu Anda membutuhkan angkutan umum. Seperti angkot yang harus anda ketahui cara aman menaikinya. Jika anda tidak menginginkan hal-hal yang buruk dan menimpa Anda, Sebaiknya anda melakukan beberapa cara-cara aman di bawah ini. Terapkan cara-cara ini sebelum Anda menaiki angkot.

Cara Aman Naik Angkot Supaya Terhindar Dari Motif Kejahatan

cara aman naik angkot

Beredarnya video 8 September 2020 lalu, di halaman Instagram txt dari Bogor, adanya penumpang yang terjungkal dari angkot Bogor menuju perbatasan kota lain. Dikarenakan cara menaiki angkotnya yang sangat sembarangan seperti menduduki bangku yang berada di depan pintu. Untuk Anda yang ingin menaiki angkot secara nyaman dan aman atau tidak ingin mengalami tragedi kejadian seperti video tersebut. Anda bisa menghindarinya dengan cara-cara di bawah ini.

Hindari Duduk Di Kursi Tambahan

Kali ini anda harus menerapkan cara aman naik angkot Seperti video yang sedang viral tersebut yang korbannya ibu-ibu terjungkal karena menduduki kursi kecil tambahan yang berada di dekat pintu. Kursi tambahan tersebut ternyata memiliki tingkat keamanan yang kurang. Waktu-waktu sopir angkot mengerem maka penumpang yang menduduki kursi tersebut harus menerima resiko terjungkal. Jika anda mendapatkan kursi tersebut karena darurat Anda bisa mengantisipasi dengan berpegangan pada segala hal yang bisa dipegang saat itu juga. Sangat berbahaya jika anda memaksakan untuk tetap duduk di kursi tambahan tersebut.

Buka Jendela Angkot

Angkot yang biasa anda temui pasti tidak memiliki AC, maka oksigen yang bisa anda hirup dari ventilasi dengan jendela terbuka. Hal yang satu ini salah satu solusi alternatif orang-orang yang gampang mabuk. Mobil angkutan umum merupakan kendaraan yang tidak memiliki AC, akan lebih baik untuk membuka ventilasi untuk bebas bernafas.

Tegur Penumpang Gelantungan

Seperti anak STM melakukan seringkali mereka menyewa angkot namun membiarkan dirinya untuk berdiri di depan pintu. Hal yang nekat ini sering banget terjadi ketika mobil angkot tersebut dalam keadaan penuh sering ditakutkan hal seperti ini rentan untuk keserempet kendaraan. Jika anda menemukan penumpangnya seperti ini seharusnya Anda tegur dan bila perlu sopir angkot tidak membawanya.

Jaga Keamanan Barang Berharga

Gimana cara aman naik angkot yang paling penting? yaitu mengantisipasi terjadinya kecopetan. Tempat yang sering menjadi lahan kecopetan yaitu angkot, maka seharusnya anda selalu siap siaga dan tidak lengah akan barang barang berharga yang anda bawa.Seperti mendekat ratas anda dalam jangkauan , jangan gunakan perhiasan. Contohnya seperti Bu Tejo selalu pamer perhiasan.

Most Popular