31.6 C
Tangerang
Wednesday, April 17, 2024
HomeHealthTerkuak! Inilah Penyakit Mematikan dan Berbahaya dari Kecoa!

Terkuak! Inilah Penyakit Mematikan dan Berbahaya dari Kecoa!

Inajournal.com – Siapa sih yang tidak jijik dengan serangga kecoa? Sepertinya semua orang didunia ini sangat jijik dengan serangga tersebut terlebih lagi dengan serangganya yang memiliki sarang dan sering hinggap di tempat kotor itu. Kecoa merupakan hewan paling menjijikan karena memiliki tempat tinggal yang kotor dan kebersihan yang buruk. Penyebaran patogen dan komplikasi penyakit dari kecoa yang berbahaya untuk manusia selalu bersarang dan menumpuk dengan membuat wabah penyakit yang mudah disebarkan dari hewan kecoa.

Kecoa bukanlah hewan buas yang menyerang manusia dengan gigitan atau cakaran buas, tetapi harus kamu waspadai dengan cara penularan penyakit terjadi dari kamu yang konsumsi makanan atau kontak dengan barang yang sudah terkontaminasi dengan bagian tubuh kecoa. Karenanya, kamu patut berhati-hati dengan penularan serangga yang kotor seperti kecoa dan bukan dari kecoa saja yang harus diwaspadai.

Selain serangganya kamu juga harus berhati-hati dengan sarang yang disinggahi kecoa. Karena penyakit yang ditularkannya sangat berbahaya dan tidak boleh disepelekan, makanya kamu harus tahu terlebih dahulu berbagai jenis penyakitnya. Berikut ini merupakan jenis penyakit yang disebarkan kecoa paling berbahaya untuk kesehatan anda.

Jenis Penyakit dari Kecoa yang Membahayakan

Alergi

Penyakit dari kecoa yang mengakibatkan kamu mengalami penyakit alergi. Mudahnya makanan yang terkontaminasi dikarenakan adanya enzim dalam kotoran, telur, bagian tubuh kecoa yang terlepas dan air liur kecoa memicu reaksi alergi pada banyak orang, yaitu kalangan anak-anak yang rentan dalam penularan penyakitnya tersebut.

Cara tepat sebagai pengobatan dalam mengatasi gejala alergi dari kecoa, anda dapat menggunakan obat yang dijual bebas atau diresepkan oleh dokter.

Asma

Bronkospasme merupakan penyakit yang akan ditimbulkan dari antigen kecoa yang sudah menularkan reaksinya ke penderita asma.

Peningkatan hiperaktivitas bronkus yang berkepanjangan dan peradangan saluran napas eosinofilik. Setiap orang yang terpapar dengan antigen kecoa dari enzim, bagian tubuh yang tertinggal hingga hinggapnya makanan dengan tubuh kecoa akan menimbulkan kepekaan sensitisasi.

Gastroenteritis

Harus kamu ketahui bahwa teridentifikasi bakteri yang berada di tubuh kecoa dan keseluruhan memiliki jumlah 33 jenis bakteri yang bisa dengan mudah memaparkan ke manusia, termasuk cacing parasit, bakteri spesies E. coli dan Salmonella dan patogen lainnya.

Mungkin kamu masih asing dengan bakteri E. coli dan Salmonella, bakteri tersebut merupakan bakteri yang menyebabkan keracunan makanan, atau gastroenteritis. Gejala umum dari gastroenteritis berupa muntah, sakit perut, mual, diare, kram perut, dan nyeri tekan.

Sebagian orang yang sudah terpapar penyakit gastroenteritis ternyata dapat mengalami diare parah untuk memicu dehidrasi. Meski jarang terjadi, kasus terpaparnya yaitu penyakit atau bakteri yang sudah menyebar luaskan ke aliran darah hingga bisa mengancam keselamatan jiwa seseorang

Demam Tifoid

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa penyakit yang diakibatkan dari paparan serangga kecoa ini akan rentan dirasakan lebih cepat oleh kalangan anak-anak di kalangan lansia. Demam tifoid merupakan gejala yang langsung terjadi dan dialami para pasien yang terpapar bakteri yang berada dari kecoa.

Beberapa gejala dari demam tifoid berupa sakit kepala dan otot, panas tinggi, diare hingga sembelit, kelelahan, sakit perut, dan kadang tidak terbatas pada gejala ini. Segera cari pertolongan medis jika gejala yang ini sudah dialami secara tiba-tiba. Pengobatan yang dijalani akan mampu menyembuhkan gejala selama 3 sampai 5 hari.

Listeriosis

Listeriosis merupakan penyakit berbahaya dari kecoa dengan penyerangan utamanya dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti bayi baru lahir, ibu hamil, dan orang tua. Dalam kasus yang jarang, infeksi ini juga dapat mempengaruhi orang dengan sistem kekebalan yang kuat.

Gejalanya yang memiliki jenis demam, nyeri otot dan diare Namun, jika penyakit menyebar ke luar saluran pencernaan. Tidak hanya itu, bisa jadi penyakit berbahaya yang ditularkan dari serangga kecoa ini langsung menyerang bagian tubuh lainnya, seperti serangan sakit kepala, leher kaku, kebingungan, kehilangan keseimbangan, dan kejang.

Yang harus diwaspadai bakteri ini akan memberikan dampak buruk untuk ibu yang sedang hamil, karena akan berimbas menjadi keguguran atau lahirnya bayi yang prematur. Itulah penyakit dari kecoa yang harus diwaspadai. Sangat mengerikan bukan untuk bakteri yang disebarkan serangga kecoa ini?

Most Popular