31.6 C
Tangerang
Thursday, December 8, 2022
Home Uncategorized Ternyata Ini Rahasia Lezatnya Nasi Padang Dan Lauknya, Emang Bikin Ketagihan

Ternyata Ini Rahasia Lezatnya Nasi Padang Dan Lauknya, Emang Bikin Ketagihan

Sudah tahu rahasia lezatnya nasi padang? Ternyata di balik lauk nasi padang yang penuh lemak terdapat rahasia yang membuat banyak orang ketagihan saat mencicipinya. Nasi padang sendiri berasal dari Sumatera Barat yang memang sudah sangat populer, bahkan di luar pulau Sumatera banyak sekali warung makan nasi padang yang bisa kamu temui. Kuliner khas ini memiliki karakteristik hidangan yang berbeda dari masakan nusantara dari daerah lainnya, yang menjadi ciri khas paling menonjol yaitu kaya akan bumbu dan umumnya masakan ini sangat berlemak.
Masakan padang memiliki cita rasa tersendiri yang membuat penikmatnya ketagihan terus, bahkan wisatawan mancanegara di rekomendasikan mencoba nasi padang saat berkunjung ke Indonesia. Nasi padang disajikan dengan berbagai macam lauk pauk yang diolah menggunakan rempah rempah aromatic serta tidak jauh jauh dari santan, menu yang paling populer dari nasi padang yaitu rendang. Masakan yang terbuat dari olahan daging sapi ini juga masuk kedalam makanan terenak di dunia, untuk rasa memang tidak perlu diragukan lagi kelezatannya, memasak rendang membutuhkan waktu lama dan menggunakan berbagai rempah rempah khas.
Karena diolah tidak jauh dari santan, masakan padang memang memiliki kalori yang cukup tinggi, bahkan satu porsi nasi padang rata rata kalorinya adalah 664 kcal. Meskipun kalorinya cukup tinggi, semua orang tentunya tidak bisa menolak kelezatan dari nasi padang ini, buat kamu pecinta nasi padang sudah tahu belum apa rahasianya? Berikut ini penjelasannya.

Rahasia Lezatnya Nasi Padang Yang Bikin Lidah Bergoyang

Rahasia lezatnya nasi padang

1. Kaya Dengan Bumbu Rempah

Salah satu kunci kelezatan masakan padang yaitu karena menggunakan bumbu rempah rempah yang banyak, ada banyak bumbu rempah yang digunakan, seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas serai, jahe dan kunyit yang tidak boleh dilewatkan. Dan untuk membuat masakan semakin harum biasanya menggunakan kayu manis, cengkeh, kapulaga, jinten, bumbu rempah rempah ini lah yang wajib ada pada setiap masakan padang.

2. Rasa Dominan Pedas Karena Tradisi Dari Padang

Rahasia lezatnya nasi padang selanjutnya selain kaya akan bumbu rempah yaitu menggunakan banyak cabai, sejarah nasi padang sendiri berasal dari dataran tinggi yang dikelilingi dengan hawa dingin. Dari situ lah masyarakat Minang mulai menggunakan cabai di resepnya untuk menambah cita rasa dan juga sebagai penghangat tubuh alami. Biasanya masakan padang menggunakan cabai merah besar, cabai merah keriting dan cabai hijau yang pastinya selalu ada di dalam masakan padang.

3. Pengolahan Cabai Lebih Baik Di Ulek

Banyak yang bilang kalau cabai giling dan cabe ulek memiliki rasa yang berbeda, dan memang benar adanya. Orang Minang hingga saat ini masih memegang prinsip untuk mengolah cabai dengan cara di ulek bukan di haluskan dengan blender, biasanya dendeng sapi dan sambal hijau disajikan dengan cara pembuatan sambal yang diulek.

4. Selalu Menggunakan Santan

Rahasia lezatnya nasi padang yaitu menggunakan santan, jika kamu sudah pernah coba semua menu nasi padang pastinya hampir semua menu menggunakan santan. Khususnya pada masakan berjenis gulai yang wajib menggunakan santan, penggunaan santan ini lah yang ternyata membuat rasa masakan padang semakin nikmat, berlemak, dan gurih. Beberapa masakan yang wajib menggunakan santan yaitu, rendang, gulai, asam padeh dan kalio dan beberapa masakan lainnya.

5. Masakan Ayam Diolah Tanpa Kulit

Olahan ayam khas Padang berbeda dengan masakan Jawa yang menggunakan daging ayam lengkap dengan kulitnya. Jika di Padang justru olahan ayam tidak menggunakan kulitnya agar rendah lemak dan kolesterol, olahan daging ayam tanpa kulit dinilai lebih gurih dan juicy. Salah satu masakan Padang yang tidak menggunakan kulit ayam yaitu ayam pop, ayam bakar, ayam gulai.

6. Menggunakan Tungku

Rahasia lezatnya nasi padang selanjutnya yaitu dimasak dengan menggunakan tungku, memasak menggunakan tungku memang memberikan rasa yang berbeda. Memasak dengan tungku ini memiliki nilai sejarah nasi padang, yang dimana membutuhkan dedikasi dan kesabaran yang tinggi sehingga makanan tersebut memiliki nilai baik dari rasa dan kualitasnya. Salah satu masakan yang sering menggunakan tungku yaitu rendang, tak heran banyak orang yang menyukai olahan daging sapi ini.

Most Popular