31.6 C
Tangerang
Saturday, October 1, 2022
Home Health Tidak Hanya Kurang Makan, Berikut Ini Penyebab Malnutrisi

Tidak Hanya Kurang Makan, Berikut Ini Penyebab Malnutrisi

Inajournal.com – Malnutrisi merupakan kondisi dimana tubuh tidak dapat mendapatkan cukup nutrisi yang dibutuhkan. Akibatnya kamu akan kekurangan kalori, karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, lebih lanjutnya jika tubuh kekurangan nutrisi akan menyebabkan seseorang mengalami penurunan berat badan drastis, infeksi, energi rendah, sulit menyembuhkan luka dan masih banyak lagi. Mengalami malnutrisi sendiri ada penyebabnya yang wajib kamu ketahui agar bisa dicegah sejak dini, bukan hanya karena kurang makan, berikut ini penyebab malnutrisi yang wajib kamu ketahui.

Penyebab Malnutrisi Yang Wajib Di Waspadai, Ingat Ini

Penyebab-Malnutrisi

  1. Pola Makan Yang Buruk
    Yang pertama yaitu memiliki pola makan yang buruk, pola makan bukan hanya perihal pilihan, namun juga ditentukan oleh akses ke makanan sehat, masalah keuangan atau masalah lain. Misalnya di lingkungan tempat tinggalmu makanan cepat saji lebih muda didapatkan dibanding makanan segar yang membuat kamu lebih banyak mengkonsumsi makanan cepat saji karena makanan segar lebih sulit di dapatkan. Padahal makanan cepat saji tidak memiliki cukup nutrisi penting yang menyebabkan kamu kehilangan beberapa nutrisi, pola makan ini juga dapat dipengaruhi oleh masalah kesehatan. Misalnya kamu sedang mengalami konstipasi, kecemasan, hiperosmia atau sedang menjalani kemoterapi kamu kemungkinan akan mengalami mual parah yang akhirnya membuat kamu jadi menjauhi makanan tertentu. Sebisa mungkin sering-sering mengkonsumsi makanan sehat dan segar untuk menambah nutrisi tubuh.

  2. Masalah Fisik
    Penyebab malnutrisi yang wajib wajib kamu ketahui selanjutnya yaitu masalah pada fisik, ada beberapa masalah fisik yang bisa berkontribusi pada malnutrisi di antaranya seperti jika gigi dalam kondisi buruk, gigi palsu tidak terpasang dengan benar, atau jika mulut terasa sakit, makan dapat menjadi aktivitas yang sulit atau menyakitkan, kehilangan indra penciuman dan perasa yang menyebabkan kehilangan nafsu makan. Tidak hanya itu saja, disabilitas fisik juga membuat sulit untuk memasak atau berbelanja makanan sendiri.

  3. Kondisi Kesehatan
    Yang selanjutnya yaitu kondisi kesehatan, ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa menyebabkan malnutrisi seperti masalah kesehatan jangka panjang yang menyebabkan hilangkan nafsu makan, tidak enak badan, muntah, perubahan kebiasaan buang air besar, kanker dan masih banyak lagi. Selanjutnya gangguan kesehatan mental, seperti depresi atau skizofrenia yang bisa mempengaruhi suasana hati dan keinginan untuk makan, kondisi yang mengganggu kemampuan untuk mencerna makanan atau menyerap nutrisi, seperti penyakit Crohn atau colitis ulseratif. Yang selanjutnya yaitu karena demensia yang bisa menyebabkan seseorang mengabaikan kesehatannya dan lupa makan, gangguan makan anoreksia dan memiliki gerakan yang tidak sengaja seperti tremor, jadi kamu memiliki salah satu kondisi kesehatan yang sudah disebutkan?

  4. Gangguan Penggunaan Alkohol
    Penyebab malnutrisi yang wajib wajib kamu ketahui selanjutnya yaitu gangguan penggunaan alkohol, mengkonsumsi terlalu banyak alkohol bisa menyebabkan gastritis atau kerusakan jangka panjang pada pancreas. Masalah ini kemudian bisa menyebabkan sulit untuk mencerna makanan, menyerap vitamin dan memproduksi hormon yang bisa mengatur metabolisme. Selain itu alkohol juga mengandung kalori yang menyebabkan seseorang mungkin tidak merasa lapar setelah meminumnya, maka dari itu orang tersebut mungkin tidak makan cukup makanan sehat untuk memasok nutrisi penting bagi tubuh kamu.

  5. Kesehatan Ibu Hamil Yang Buruk Saat Hamil Dan Melahirkan
    Seribu hari pertama kehidupan sangat mempengaruhi kesehatan anak atau dari awal kehamilan seorang perempuan hingga anak berusia 2 tahun, ibu yang kekurangan gizi selama kehamilan bisa saja mengalami komplikasi ketika melahirkan. Salah satunya yaitu malnutrisi pada anak, ibu dengan kondisi gizi yang buruk juga cenderung tidak dapat menyusui bayinya dengan baik. Mendapatkan ASI selama enam bulan pertama kehidupan akan memberikan manfaat kesehatan yang berlanjut sampai dewasa, tapi jika seorang ibu yang sedang menyusui mengalami kurang gizi maka anak tidak dapat mendapatkan manfaat kesehatan dari ASI tersebut dan seorang anak yang minum ASI tersebut juga bisa beresiko menglami kekurangan gizi. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan malnutrisi yang wajib kamu waspadai dan ketahui, agar tidak terlambat kamu wajib memperhatikan beberapa penyebab di atas yang sudah di jelaskan

 

Most Popular