31.6 C
Tangerang
Thursday, August 11, 2022
Home Health Tinggalkan 5 Kebiasaan Pembuat Gigi Kuning Ini Mulai Sekarang!

Tinggalkan 5 Kebiasaan Pembuat Gigi Kuning Ini Mulai Sekarang!

Semua orang tentu ingin memiliki gigi yang putih, bersih dan juga sehat. Akan tetapi, terkadang gigi bisa saja tetap menguning meskipun sudah rajin menggosok gigi. Apabila hal seperti ini yang sedang anda alami, gigi kuning ini mungkin disebabkan oleh beberapa kebiasaan yang anda lakukan tanpa sadar. Karena ada beberapa kebiasaan pembuat gigi kuning yang tidak disadari oleh Kebanyakan orang. Seorang dokter gigi sekaligus pendiri California breath klinik menjelaskan bahwa selain faktor genetik dan penyakit tertentu, gigi kuning juga dapat disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang mengikis enamel.

Sebenarnya, warna asli gigi bukanlah putih cemerlang seperti yang sering ditampilkan oleh ikhlas iklan di televisi. Gigi sendiri dilapisi dengan enamel yang membuat warna gigi secara alami menjadi tampak putih kebiruan dan sedikit tembus pandang. Di bawah lapisan enamel tersebut terdapat lapisan dentin yang berwarna kuning. Apabila lapisan enamel terus terkikis maka yang akan terlihat adalah lapisan dentin dan lapisan inilah yang membuat gigi terlihat berwarna kuning. Berikut ini ada beberapa kebiasaan yang dapat memicu warna gigi menjadi kuning.

Beberapa Kebiasaan Pembuat Gigi Kuning Yang Harus Segera Dihentikan

Kebiasaan Minum Kopi, Soda dan Teh

Minum Kopi, Soda dan Teh

Perlu Anda ketahui bahwa kandungan kafein yang tinggi didalam kopi teh dan an-nu’man bersoda bisa mengikis enamel gigi jika dikonsumsi terlalu berlebihan dan terus-menerus. Selain itu, minuman berkarbonasi juga mengandung asam yang efeknya sama dengan kopi dan teh. Pada saat lapisan enamel mulai terkikis, noda minuman tersebut akan menetap pada dentin sehingga gigi akan bertambah kuning jika tidak dibersihkan dengan benar. Selain itu, minuman seperti ini juga pada umumnya mengandung gula yang bisa menarik perhatian bakteri di dalam mulut sehingga produksi asam semakin meningkat. Sehingga tidak hanya akan membuat gigi kuning tetapi juga berlubang dan penyakit gigi lainnya.

Merokok

Salah satu efek merokok adalah perubahan warna gigi menjadi lebih kuning yang diakibatkan dari kandungan nikotin dan tar pada tembakau yang menempel pada email gigi. Efek seperti ini bisa langsung terjadi dalam waktu yang sangat singkat. Seorang perokok berat bahkan bisa memiliki warna gigi yang kecoklatan sampai menghitam setelah bertahun-tahun merokok. Karena terlalu banyak efek negatif yang disebabkan oleh rokok, mempertimbangkan untuk berhenti merokok juga merupakan langkah yang paling baik.

Mengkonsumsi Buah Asam

Mengkonsumsi Buah Asam

Kebiasaan pembuat gigi kuning selanjutnya adalah mengkonsumsi buah asam. Buah-buahan asam yang kerap dijadikan sebagai jus antara lain jeruk, tomat, berry, dan lemon. Buah-buahan tersebut sangat kaya dengan kandungan vitamin, Akan tetapi jika dikonsumsi terlalu sering akan mengubah warna gigi. Oleh sebab itu, untuk mencegah gigi menjadi kuning Anda harus menyeimbangkan kebutuhan air setelah mengkonsumsi buah-buahan asam tersebut.

Terlalu Sering Menggunakan Obat Kumur

Kebiasaan pembuat gigi kuning

Ada banyak sekali obat kumur yang diperjualkan di toko yang memiliki kadar asam tinggi. Apabila digunakan terlalu sering malah akan membuat mulut menjadi kering dan pada akhirnya merusak email gigi. Pada saat mulut kering, air liur tidak bekerja secara maksimal untuk membantu menjaga kelembaban mulut, mengurangi tingkat keasaman, mencegah noda menempel pada enamel dan juga melumpuhkan bakteri jahat. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu agar mendapatkan produk obat kumur yang sesuai dengan kondisi gigi anda.

Terlalu Keras dan Cepat dalam Menggosok Gigi

Kebiasaan pembuat gigi kuning

Kebiasaan pembuat gigi kuning yang terakhir adalah terlalu keras dan cepat dalam menggosok gigi. Perlu Anda pahami bahwa membersihkan gigi tidak hanya harus dilakukan secara rutin, tetapi teknik membersihkan nya juga harus benar dan tepat. Jika anda menggosoknya terlalu keras dan terlalu sering maka hal tersebut akan memberikan tekanan, merusak lapisan enamel yang tipis dan mengekspos lapisan dentin sehingga warna gigi menjadi kuning. Ada baiknya anda harus memperhatikan cara menyikat gigi Jangan terlalu menggosoknya keras-keras. agar hasilnya lebih memuaskan, sebaiknya Anda membersihkan gigi dengan benang gigi untuk menghilangkan plak yang menempel pada gigi.

Most Popular