31.6 C
Tangerang
Tuesday, October 26, 2021
Home Lifestyle Tips Agar Makin Pede, Berhenti Merendahkan Diri Sendiri!

Tips Agar Makin Pede, Berhenti Merendahkan Diri Sendiri!

inajournal.com – Sebagian dari kamu pasti pernah merasa tidak percaya diri, berikut ini ada beberapa  tips agar makin pede yang bisa kamu lakukan. Rendahnya kepercayaan diri ini memang cukup menganggu bagi seseorang, mungkin kamu yang merasa kurang percaya diri merasa lelah dengan diri sendiri dan ingin menjadi orang yang selalu percaya diri. Memang tidak mudah untuk menjadi orang yang percaya diri, namun bukan berarti tidak bisa menjadi orang yang percaya diri, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar semakin percaya diri dan semakin bahagia.

Tips Agar Makin Pede Dan Bahagia, Wajib Lakukan IniTips-Agar-Makin-Pede

  1. Kenali Minat Diri
    Yang pertama harus kamu lakukan yaitu mengenali minat diri kamu sendiri, potensi dan minat selalu ada dalam diri seseorang masing-masing. Hanya saja terkadang kita mungkin terlalu fokus dengan tanggung jawab lain sampai tidak menyadari minat tersebut, ketika kamu mengisi waktu dengan hal yang kamu suka, kemu tentunya memiliki peluang untuk berpikir positif dan akan semakin besar, ditambah lagi dengan kegiatan tersebut juga membantu tubuh kamu untuk meningkatkan mood yang lebih baik. Apa pun kegiatan positif yang kamu lalukan, selama kegiatan itu membuat kamu lebih bahagia, tidak ada salahnya kamu meluangka sedikit waktu untuk melakukan hal tersebut.

  2. Membangun Lingkungan Yang Positif
    Tips agar makin pede dan bahagia yang selanjutnya yaitu kamu harus membangun lingkungan yang positif. Orang dewasa dengan lingkungan yang baik bisa mengurangi resiko memiliki permasalahan kesehatan, termasuk juga depresi, darah tinggi, indeks massa tubuh yang tidak sehat, bahkan cenderung hidup lebih lama. Jadi sebisa mungkin kamu memilih lingkungan yang tepat dan cari lingkungan yang positif untuk kamu, karena lingkungan yang baik juga akan membuat kamu lebih nyaman dengan diri sendiri dan dapat mengurangi kemungkinan munculnya pikiran negatif.

  3. Berbaik Hati Dengan Diri Sendiri
    Sadar atau tidak kamu pasti cukup sering menyampaikan kritik lebih baik pada orang lain dibandingkan untuk diri sendiri, atau suara dari pikiran buruk kamu tanpa kamu sadari  bisa menghukum kamu terlalu kerasa. Padahal pengaruh dari afirmasi itu lebih besar dari yang kamu bayangkan, sebisa mungkin  kamu coba untuk melawan pikiran negatif dengan kata-kata motivasi positif pada dirimu, seperti misalnya ‘kamu sudah melakukannya dengan baik’ atau bisa juga ‘terima kasih atas kerja kerasmu’. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa memberikan hadiah pada dirimu setelah berhasil menyelesaikan atau mencapai sesuatu hal.

  4. Mulai Berani Untuk Berkata ‘Tidak’
    Tips agar makin pede dan bahagia yang selanjutnya yaitu kamu harus mulai berani untuk berkata tidak, seseorang yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah sering sekali sulit untuk menolak permintaan orang lain walaupun tidak mampu untuk melakukannya. Biasanya hal ini bisa terjadi karena ia khawatir akan merusak hubungan baik dengan orang tersebut, padahal mindset seperti ini lama kelamaan akan menganggu kamu, dampaknya juga akan membuat kamu terjebak dengan perasaan terbebani, marah atau depresi. Perlu kamu ingat selain menjaga perasaan orang yang ada disekitar kamu, kamu juga bertanggung jawab atas perasaan kamu sendiri, kalau kamu saja tidak berani menola sama saja kamu menyulitkan dirimu sendiri. Jadi mulai sekarang coba untuk jangan mengabaikan dirimu sendiri lagi.

  5. Hindari Membandingkan Diri
    Sebagian dari kamu pasti tidak jarang membandingkan diri sendiri dengan yang lainnya, sering sekali kita merasa tidak puas dengan apa yang kita lakukan dan kita dapat. Mungkin awalnya niat hatu baik, agar lebih memicu kita untuk menjadi lebih baik lagi, namun sesuatu yang berlebihan ini bisa menjadi serangan balik telak, jadi jangan sampau lupa semua ornag melakukan kesalahan dan tidak ada manusia yang sempurna. Menjadi orang yang sangat ambisius justru akan terbebani, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, misalnya seperti berhenti sejenak untuk menilai situasu atau menerima apa yang sudah terjadi. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mengubah persepsi dengan fokus mengidentifikasi hal yang bisa kamu kontrol beserta dengan menemukan solusinya, oleh karena itu mulai sekarang berheneti untuk berpikir negatif dengan solusi dan afirmasi positif.

 

Most Popular