31.6 C
Tangerang
Friday, August 12, 2022
Home Travel Tips Backpacking Naik Kereta Hemat Keliling Jawa

Tips Backpacking Naik Kereta Hemat Keliling Jawa

Seperti yang kita ketahui bahwa pulau Jawa merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang tidak ada habisnya. Sebagai warga negara Indonesia rasanya tidak akan lengkap apabila anda belum pernah menjelajahi pulau Jawa. Jika anda ingin merencanakan liburan mengelilingi pulau Jawa maka anda harus mengetahui beberapa Tips Backpacking Naik Kereta yang dijamin hemat.

Bagi anda pecinta wisata alam dan budaya, berkeliling pulau Jawa sangat pas untuk anda. Dimana anda bisa mengenal budaya Jawa yang sudah turun temurun dari nenek moyang, menikmati keindahan alam yang tiada duanya, serta ber kuliner khas Jawa yang tidak bisa anda dapatkan di tempat lain. Oleh sebab itu, anda harus mengetahui beberapa tips jika ingin melakukan perjalanan mengelilingi pulau Jawa menggunakan kereta api.

Beberapa Tips Backpacking Naik Kereta Agar Tidak Menguras Kantong

Membeli Tiket Kereta Di Tempat Terpercaya

Membeli Tiket Kereta

Sebelum anda melakukan perjalanan mengelilingi pulau Jawa, tentu saja anda harus memiliki tiket kereta api terlebih dahulu. Tipsnya adalah anda harus membeli tiket kereta api dari jauh-jauh hari. Selain itu, anda juga harus membeli tiket kereta api di tempat yang terpercaya. Tempat terpercaya biasanya menyediakan berbagai kemudahan dalam pemesanan tiket kereta. Tidak hanya itu, dengan membeli tiket via online juga memudahkan anda memesan dari rumah.

Membawa Packing Yang Ringan

Packing Yang Ringan

Judulnya saja tips backpacking naik kereta tentu saja tujuan utamanya adalah tidak bermewah-mewahan. Jika anda ingin berlibur ala-ala low budget maka anda harus memiliki backpack yang kapasitasnya lebih minim dibandingkan koper pada umumnya. Dengan begitu, perjalanan liburan anda juga menjadi lebih ringan. Jadi, sebelum anda melakukan petualangan backpacking hemat, anda harus packing barang-barang yang memang sangat diperlukan saja ya.

Membuat Itinerary

Tips Backpacking Naik Kereta

Tips selanjutnya adalah anda harus membuat dan mengatur itinerary perjalanan anda sendiri. Itinerary sendiri merupakan rencana perjalanan, jadi hukumnya sangat wajib jika memang anda ingin backpacking hemat. Pasalnya ada banyak sekali backpacker yang lepas kendali pada saat sampai ke tempat tujuan dan keluar dari prinsip hemat, pada akhirnya mereka malah menghambur-hamburkan uang. Oleh sebab itu, jangan malas membuat itinerary sebelum melakukan perjalanan ya.

Menginap di Homestay atau Hostel

Homestay atau Hostel

Apakah anda tahu bagian paling menarik dari tips backpacking naik kereta? Ya, anda harus menginap atau tinggal sementara di hostel atau homestay yang ada disekitar tempat tujuan anda. Selain bisa lebih mengenal penduduk asli setempat, anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menginap di hotel. Dengan tips yang satu ini akan membuat anda merasakan budaya dan keseharian warga setempat dengan lebih dekat.

Menggunakan Transportasi Umum atau Berjalan ke Tujuan

Transportasi Umum

Prinsip dari kegiatan backpacking ini adalah hemat. Jadi, sebisa mungkin anda harus selalu berhemat dalam melakukan perjalanan panjang ini. Sebaiknya anda menggunakan transportasi umum atau berjalan kaki saja ke objek wisata yang anda tuju. Dengan begitu, anda bisa menikmati suasana alam dan menghemat uang anda selama berlibur. Terlebih lagi, kekayaan alam pulau Jawa sangat sayang jika anda lewatkan.

Membawa Makan dan Minum Sendiri

Tips Backpacking Naik Kereta

Tips Backpacking Naik Kereta yang terakhir adalah anda harus membawa makan dan minum sendiri dari rumah. Karena kebanyakan homestay atau hostel di pulau Jawa akan menyediakan dapur umum kecil dan disitulah anda bisa melakukan kegiatan masak memasak. Tidak perlu sejago chef restoran, anda juga bisa masak mie instan atau nasi goreng saja sudah cukup untuk mengganjal perut seorang backpacker.

Most Popular