31.6 C
Tangerang
Thursday, August 11, 2022
Home Lifestyle Tips Melatih Anak Menabung Dari Uang Saku, Sedikit Demi Sedikit Menjadi Bukit

Tips Melatih Anak Menabung Dari Uang Saku, Sedikit Demi Sedikit Menjadi Bukit

Anak-anak yang sudah menjadi seorang pelajar pasti sudah dibekalkan dengan uang saku atau uang jajan yang diberikan setiap harinya. Meskipun anda sebagai orang tua sudah memberikan uang saku sesuai dengan kebutuhan anak sendiri namun anda tetap harus mengajarkan anak anda untuk mulai menabung sedari dini. Tentu saja hal tersebut sangat berkaitan dengan uang saku untuk bisa berhemat.

Sebelum anda mengajarkan anak anda untuk mulai menabung ada baiknya ada harus mengetahui bagaimana kondisi dan kebutuhan yang anak anda butuhkan. Salah satunya adalah uang jajan yang anda berikan setiap hari sampai setiap bulan, berapa biaya transportasi anak anda untuk pulang dan pergi ke sekolah, serta apa saja kegiatan yang diikuti oleh anak anda setelah pulang sekolah. Dengan anda mengetahui semua itu maka anda bisa mulai untuk mengajarkan anak anda bagaimana cara berhemat. Untuk itu berikut ini ada beberapa Tips Melatih Anak Menabung dari uang saku.

Beberapa Tips Melatih Anak Menabung Dengan Menggunakan Uang Saku

Menyediakan Sarapan di Rumah

Tips Melatih Anak Menabung

Untuk bisa mengajarkan anak agar bisa berhemat adalah dengan menyediakan sarapan di rumah. Dengan menyediakan sarapan di rumah maka akan membantu anak-anak anda untuk tidak jajan pada saat perjalanan menuju ke sekolah. Sarapan pagi sendiri sangat penting untuk perkembangan anak agar tidak terbiasa jajan sembarang. Selain itu juga akan membuat hal ini menjadi sebuah kebiasaan yang bermanfaat positif untuk anak anda.

Dengan sarapan di rumah maka akan dapat menghemat uang jajan anak anda setiap harinya. Selain itu sarapan pagi juga akan mengurangi keinginan anak anda untuk jajan sembarangan yang kurang sehat. Dengan menyediakan sarapan juga akan membuat anak lebih menghargai keuangannya. Jika sarapan menjadi sebuah kebiasaan maka akan ada kemungkinan sisa uang saku anak anda akan bisa ditabung.

Membawa Bekal ke Sekolah

Tips Melatih Anak Menabung

Tips Melatih Anak Menabung selanjutnya adalah dengan membawakan bekal untuk anak anda ke sekolah. Selain anda harus menyediakan sarapan untuk anak anda di rumah, anda juga harus membawakan anak anda bekal. Tentu saja hal ini dilakukan untuk membantu anak anda dalam menghemat uang jajan. Agar anak anda tidak bosan dengan bekal yang anda bawakan maka anda bisa mengkreasikan bekal makanan anak anda sesuai seleranya.

Dengan rutin memberikan bekal untuk anak anda ke sekolah maka akan dapat membantu anak anda mendapat asupan gizi yang baik sehingga anak tidak akan banyak jajan sembarangan. Dengan begitu kebiasaan anak anda juga akan bisa ditiru oleh teman-temannya di sekolah. Jika semua temannya juga membawa bekal maka suasana istirahat akan semakin menyenangkan bagi anak anda.

Menerapkan Peraturan Untuk Langsung Pulang ke Rumah

rumah

Anda harus bisa menegaskan anak anda bahwa setelah jam pulang sekolah selesai maka usahakan untuk segera pulang ke rumah tepat waktu. Karena jika anak anda terlalu banyak bermain maka akan ada kemungkinan kalau dirinya akan jauh lebih boros dan banyak jajan sembarangan. Namun jika anak anda memiliki kegiatan lain sepulang sekolah maka anda harus sedikit memberikannya toleransi waktu pada anak anda.

Saat akan menjelang akhir pekan anda bisa memperbolehkan anak anda untuk bermain dan bersosialisasi dengan teman-temannya. Namun jangan terlalu sering juga karena akan membuatnya menjadi tidak bisa mengontrol keuangan dan kurang konsentrasi dalam menabung. Berikan beberapa waktu untuknya bermain dan kembali tepat waktu agar anak anda juga menjadi lebih disiplin soal waktu.

Mengajari Untuk Selalu Menyimpan Sisa Uang Jajan

menabung

Tips Melatih Anak Menabung yang terakhir adalah dengan mengajarkan anak untuk selalu menyimpan sisa uang jajan mereka setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk mengajarkan anak anda kebiasaan positif yang bisa diterapkannya hingga dewasa nanti. Awalnya memang akan sulit namun jika anda sebagai orang tua terus mendukung anak maka ini bisa membantu anak anda dalam belajar mengenai finansial.

Anda bisa memberikan penjelasan kalau tidak masalah berapapun jumlah uang yang bisa disisihkan dan ditabung asalkan hal tersebut harus teratur setiap harinya. Yang paling terpenting adalah sikap konsisten anak anda dalam belajar menghemat segala godaan di luar dan terus menabung.

Most Popular