31.6 C
Tangerang
Thursday, October 6, 2022
Home Foodie Tips Memanfaatkan Sisa Kopi Untuk Hidangan Yang Sedap

Tips Memanfaatkan Sisa Kopi Untuk Hidangan Yang Sedap

inajournal.com – Penggemar kopi biasanya memiliki stok di rumahnya. Jadi, sewaktu-waktu ingin meneguk secangkir kopi harum, tinggal menyeduhnya saja. Namun di sisi lain juga  tak jarang, kita menyeduh kopi dalam jumlah yang banyak, akibatnya malah tersisa dan mubazir. Tunggu dulu, jangan langsung dibuang ya. Baik dalam bentuk bubuk atau bubuk kopi yang sudah diseduh, sisa kopi rupanya dapat dimanfaatkan menjadi tambahan yang cukup menarik untuk berbagai jenis makanan. Kopi juga mempunyai cita rasa khas dan tekstur yang berbeda, membuat minuman ini digemari banyak orang. Kopi dikemas dengan beberapa tips memanfaatkan sisa kopi untuk kesehatan.  

Tidak heran ya kalau saat ini pun pecinta kopi bukan hanya dari kalangan yang sudah berumur saja, melainkan juga dari beberapa pihak yang mana mereka juga telah ketagihan oleh kenikmatan kopi ini. Salah satunya adalah remaja atau bahkan wanita remaja pun ikut menyukainya. Bahkan bisa kita temui juga pada beberapa aromatherapy alami juga memanfaatkan aroma kopi sebagai aroma yang bisa menenangkan kita dikala sedang stres atau pun banyak pikiran oleh kesibukan kita sendiri.

Rangkuman Tips Memanfaatkan Sisa Kopi Hitam Untuk AndaTips Memanfaatkan Sisa Kopi

Untuk kamu yang menyukai olahan kopi tentunya aroma kopi yang khas justru akan mengundang sensasi dari kopi ini sendiri untuk kita konsumsi. Banyak mengkonsumsi kopi sebenarnya tidak baik untuk pencernaan karena kandungan kafein yang terdapat pada kopi juga bisa membuat kondisi lambung menjadi tidak nyaman. Bahkan selain itu juga penikmat kopi biasanya memanfaatkan kopi untuk bisa dikelola untuk begadang melakukan aktivitas ataupun juga untuk merasakan berbagai macam khasiat unik yang lainnya.

Siapa sangka dari ampas kopi yang digunakan oleh kita setelah meminum kopi hitam ternyata mempunyai segudang manfaat yang bisa kita gunakan untuk keperluan sehari hari. Menurut sebagian pakar kecantikan juga mereka percaya bahwasanya manfaat yang terdapat di dalam kopi ini juga bisa membantu anda untuk menunjang kecantikan. Kandungan kafein yang mungkin tidak cocok untuk penderita asam lambung, maka kamu pun bisa menggunakannya sebagai lulur alami yang bisa mengangkat sel kulit mati pada tubuh. Disisi lain untuk makanan juga bisa menggunakan ampas kopi seperti yang telah kami rangkum tips memanfaatkan sisa kopi berikut ini.

  1. Sisa bubuk kopi untuk baluran daging steak
    Masih ingat ada sebuah iklan rokok yang menunjukkan seorang laki-laki membalur daging dengan menggunakan bubuk dari kopi? Yup, kurang lebih tips yang pertama ini konsepnya sama dengan menggunakan cara tersebut. Ternyata, pada dasarnya kamu pun juga dapat untuk menggunakan sisa kopi bubuk untuk digunakan pada bumbu kering untuk hidangan daging steak. Sebelum dimasak, maka kamu bisa  campurkan kopi dengan rempah-rempah seperti bubuk bawang putih, paprika asap, dan bubuk cabai. Campuran bubuk tersebut lalu setelah itu kamu bisa taburkan atau balur ke permukaan daging. Cara ini konon dipercaya juga dapat membuat hidangan steak lebih kaya rasa nikmat!
  2. Saus BBQ
    Masih untuk sajian pada daging steak, Anda juga dapat memasukkan sisa bubuk kopi ke dalam racikan saus BBQ yang akan terasa manis. Campuran tersebut dapat memperkaya rasa saus. Selanjutnya, kamu bisa mengoleskan racikan saus tersebut pada burger, ayam, steak, atau segala macam bahan makanan yang kamu suka. Kopi bubuk pada olahan BBQ ini bisa memperkuat aroma kopi pada olahan makanan BBQ ini sehingga tidak amis daging ;agi ketika dikonsumsi usai dipanggang oleh kita.
  3. Smoothie
    Tidak ada salahnya bila aku mencoba untuk mencampurkan sisa seduhan kopi dalam minuman segar ini. Kamu dapat mencampur es, kopi, susu, yoghurt, buah beri, dan selai kacang lalu blender menjadi smoothie. Selain dapat melawan rasa lapar di pagi hari, minuman padat nutrisi ini juga membantu melawan rasa kantuk karena adanya kandungan kafein yang terdapat di dalam segelas kopi milikmu. Kamu pun akan tetap terasa kenyang sampai nanti tiba waktu makan siang. Karena semua kebutuhan kamu sudah langkah di dalam smoothie dari bahan dasar kopi ini.
  4. Es krim
    Daripada menghabiskan uang untuk bisa membeli es krim siap makan yang tinggi kadar gula, lebih baik coba buat versimu sendiri. anda pun bisa untuk membuat es krim dengan mencampurkan kopi cold-brew serta yoghurt protein tinggi atau greek yoghurt. Tambahkan beberapa topping yang lain, seperti beri, pisang, atau kacang, dan masukkan ke dalam freezer. Selain rasanya yang lebih nikmat, makanan penutup ini juga dikenal mempunyai manfaat lebih sehat, kan? Selain itu dengan menggunakan bubuk kopi sebagai campurannya pun akan membuat es krim kamu lebih nikmat karena aromanya yang cukup menggoda dan warna tampilannya tentu tidak akan kalau unik.
  5. Cokelat
    Anda pun juga dapat mengonsumsi cokelat tanpa harus khawatir jika nantinya akan  mengganggu gaya hidup sehat. Buatlah roti coklat, kue cokelat, atau cokelat ganache dengan campuran coklat hitam dan kopi pekat. Kopi akan meningkatkan rasa coklat sehingga lebih kaya. Hal ini karena pada kedua bahan tersebut sama-sama mempunyai warna yang cenderung gelap dan mempunyai kandungan kafein yang juga sama. Alhasil kopi dengan nuansa coklat ini akan lebih sedap untuk lidah orang Indonesia yang menyukai rasa khasnya.
  6. Kulit ikan tuna
    Hidangan tuna ahi, atau ikan madidihang, umumnya juga dimasak dengan cara dipanggang. Kamu pun juga bisa menambah kopi bubuk pada kulit ikan. Campurkan kopi, kulit lemon, garam, bubuk coklat, dan merica, kemudian panggang di atas minyak panas hingga kulitnya berwarna kecoklatan. Kopi bisa menambah kreasi dan rasa baru dari kuliner yang rendah lemak ini. Selain itu juga tambahan bahan dengan menggunakan bubuk kopi ini juga bisa membantu anda dalam menghemat pengeluaran sebab bahannya yang mudah di dapat.
  7. Brownies
    Keputusan dengan menambah bubuk kopi pada olahan brownies merupakan salah satu tips memasak terbaik yang bisa kamu lakukan dengan sisa minuman ini. Camilan yang mempunyai cita rasa manis ini akan semakin kaya pada saat ditambah bubuk kopi. Untuk para pecinta kopi, desert ini tentunya juga akan memenuhi segala ekspektasimu mengenai suatu hidangan yang akan kamu santap. Karena kebutuhan kamu dalam menggunakan bubuk kopi ini pada olahan brownies juga membantunya agar harum serta memberikan warna yang pekat untuk tampak lebih legit.

 

Most Popular