31.6 C
Tangerang
Friday, July 1, 2022
Home Lifestyle Tips Membersihkan Rumah Dengan Cepat Dan Hemat Tenaga

Tips Membersihkan Rumah Dengan Cepat Dan Hemat Tenaga

inajournal.com – Rumah yang bersih jadi idaman banyak orang, tapi banyak orang yang membayangkan betapa banyaknya bagian rumah yang harus dibersihkan sudah sangat melelahkan. Belum lagi printilan perabotan rumah lainnya yang harus dibersihkan juga, semua orang tentunya ingin melihat rumahnya bersih, namun di sisi lain terlalu malas untuk membersihkan rumah. Lalu adakah solusi untuk membersihkan rumah dengan cepat? Tidak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa tips membersihkan rumah dengan cepat, lebih hemat waktu dan juga lebih hemat tenaga tentunnya, coba lakukan cara yang satu ini.

Tips Membersihkan Rumah Agar Lebih Hemat Tenaga Dan Waktu

tips-membersihkan-rumah

  • Kumpulkan Alat Dan Produk Pembersih Jadi Satu
    Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu mengumpulkan alat dan produk pembersih menjadi satu terlebih dahulu, mengumpulkan alat-alat untuk membersihkan rumah ini membuat waktu pengerjaan jadi lebih efektif. Senjata bertempur seperti lap, sikat, cairan pembersih dan peralatan lainnya bisa kamu kumpulkan dalam satu wadah portable yang sama. Saat berpindah dari satu ruangan ke ruangan lain, bawa kumpulan peralatan ini bersamamu, dengan cara ini waktumu tidak akan terbuang mencari alat yang ingin digunakan, kamu bisa dengan mudah mengambil alat yang kamu butuhkan di dalam wadah.
  • Bereskan Kekacauanmu Terlebih Dahulu
    Tips membersihkan rumah yang selanjutnya bereskan barang yang berserakan terlebih dahulu di setiap ruangan. Tanpa disadari, ada banyak sekali barang yang tercecer tidak sesuai tempatnya, misalnya seperti alat makan di kamar tidur, buku catatan di dapur, hingga handuk di ruang tamu. Setelah itu kembalikan barang-barang ini ke tempat seharusnya, tidak hanya itu saja tapi kamu juga bisa mempertimbangkan barang-barang berserakan yang tidak digunakan untuk disimpan, dibuang, atau bisa kamu donasikan pada orang yang membutuhkan.
  • Mulai Dari Bagian Atas
    Yang selanjutnya mulailah dari bagian atas terlebih dahulu, tips yang satu ini jangan sampai kamu lewatkan. Pasalnya kita pasti sering merasa kebingungan ingin mulai membersihkan dari mana, untuk menghindari resiko melakukan pembersihan berulang ada baiknya dari bagian atas terlebih dahulu. Dengan begitu kamu jadi bisa lebih menghemat waktumu, coba untuk mulai dari langit-langit rumah, bagian atas lemari atau rak, lalu bergerak menuju ke bagian seterusnya. Walaupun kita tanpa sengaja menjatuhkan debu kebagian bawahnya, toh itu juga belum dibersihkan bukan, alhasil kamu jadi tidak kerja dua kali dan lebih hemat tentunya.
  • Bersihkan Debu
    Tips membersihkan rumah yang selanjutnya yaitu membersihkan debu, mengawali proses dengan pembersihan debu jadi pilihan yang tepat. Karena debu yang bertebaran lama-lama dapat mempengaruhi kesehatan terutama masalah pada pernapasan, oleh karena itu bersihkan debu pada furnitur, alat rumah tangga hingga pernak pernik yang ada di rumah kamu. Kamu juga bisa menggunakan bantuan kemoceng, sapu, atau vacuum cleaner untuk membersihkannya, bersihkan juga hingga area yang tersembunyi sekalipun, mulai dari sudut ruang hingga kolong furniture juga jangan lupa dibersihkan.
  • Mengelap Dan Semprotkan Disinfektan
    Hal selanjutnya yang wajib kamu lakukan yaitu lap semua sudut ruangan dan permukaan perabotan rumahmu dengan kain yang lembab. Jika sudah kamu bisa mengelapnya kembali menggunakan kain kering, kamu juga dapat menyesuaikan produk pembersih yang digunakan dengan jenis perabotan rumah tanggamu. Agar semakin higienis kamu bisa menyemprotkan disinfektan agar terhindar dari kuman dan bakteri. Cairan ini dapat membunuh bakteri hingga kuman yang menempel, rumah akan jadi lebih nyaman.
  • Sapu Dan Pel
    Tips membersihkan rumah yang selanjutnya yaitu sapu dan pel, hal ini wajib kamu lakukan menghilangkan debu dan kotoran di lantai. Jika bagian atas sudah kamu bersihkan, langkah selanjutnya yaitu membersihkan bagian bawah yaitu lantai, sapu lantai dengan teliti agar kotoran dan debu bisa menghilang dengan sempurnah. Setelah itu kamu bisa pel permukaan lantai agar jadi bersih dan berkilau, mulailah dari sudut ruangan yang paling jauh terlebih dahulu, kemudian bergerak mundur menuju pintu. Jika kotoran sangat membandel, kamu bisa menggunakan bantuan sikat. Jika sudah bersih kamu bisa menjadwalkan kapan harus membersihkan rumah keseluruhan, lebih baik seminggu 2 kali.

Most Popular