31.6 C
Tangerang
Saturday, December 10, 2022
Home Foodie Tips Membuat Cakwe Mudah, Anti Gagal Dan Dijamin Enak

Tips Membuat Cakwe Mudah, Anti Gagal Dan Dijamin Enak

Kamu masih sering gagal membuat cakwe? Kalau iya tenang saja berikut ini ada tips membuat cakwe yang mudah dan anti gagal pastinya. Cakwe sendiri merupakan salah satu makanan tradisional Tionghoa yang sangat populer di Indonesia, cakwe merupakan dialek Hokkian yang berarti hantu yang di goreng. Nama ini berhubungan erat dengan asal usul panganan yang kecil namun sarat akan nilai sejarah ini, jajanan yang sangat populer di Indonesia ini dapat dengan mudah kamu temui dimana saja, biasanya cakwe bisa kamu temui di pinggir jalan.

Jajanan kaki lima ini sering di jual dengan pasangannya roti bantal atau odading, kalau odading memiliki rasa yang manis, sedangkan cakwe memiliki rasa gurih dan biasanya disajikan dengan saus sambal dan cuka yang memiliki perpaduan rasa pedas dan sedikit asam. Cakwe memiliki bentuk lonjong memanjang, untuk membuat jajanan yang satu ini memang sedikit sulit karena banyak orang yang masih sering gagal membuat olahan ini. Ada beberapa cara yang harus tepat agar cakwe bisa sesuai dengan yang kamu mau, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat cakwe.

Tips Membuat Cakwe Anti Gagal Yang Mudah Dan Enak

Tips membuat cakwe

1. Buat Dua Jenis Adonan

Dalam proses pembuatan cakwe sebaiknya kamu membuat dua adonan yaitu adonan biang dan adonan tepung kering, adonan biang ini terbuat dari campuran ragi, gula pasir, dan air. Cara ini agar cakwe mengembang sempurna, kemudian kocok adonan biang hingga berbusa sampai dimasukan ke dalam adonan tepung, perlu diperhatikan jangan sampai jumlah adonan biang terlalu banyak, karena hal ini akan membuat cakwe menjadi kempes saat sudah dingin.

2. Tambahkan Bahan Yang Tepat

Tips membuat cakwe selanjutnya kamu harus memasukan bahan bahan yang tepat, agar cakwe rasanya bisa lebih nikmat sebaiknya kamu tambahkan bawang putih bubuk. Sebaiknya hindari memasukan bawang putih biasa karena dapat membuat adonan menjadi bergerindil, tak hanya itu kamu juga perlu menggunakan baking soda agar adonan lebih berongga.

3. Uleni Hingga Kalis

Kalis atau tidaknya adonan juga bisa menentukan apakah adonan kamu berhasil atau tidak, pastikan kamu menguleni adonan hingga benar benar kalis. Uleni adonan kamu selama 30 menit agar adonan menjadi elastis dan tidak mudah putus, kalau adonan sudah tidak lengket di tangan menandakan adonan kamu sudah kalis. Tak hanya itu adonan yang kali juga memiliki tekstur yang tidak terlalu keras atau terlalu lembek, sehingga mudah untuk dibentuk.

4. Dimakan Selama Beberapa Saat

Tips membuat cakwe selanjutnya yaitu kamu perlu mendiamkan beberapa saat adonan cakwe untuk memastikan kalau adonan mengembang secara sempurna. Setelah adonan kalis jangan langsung digoreng tapi diamkan beberapa saat, minimal 1-2 jam hingga adonan mengembang. Kemudian jika adonan sudah mengembang kamu kempiskan perlahan, dan adonan siap untuk dibentuk.

5. Bentuk Adonan

Cakwe memiliki bentuk yang khas, jadi kamu harus benar membentuk makanan yang satu ini. Caranya ambil sebagian adonan terlebih dahulu, kemudian giling adonan hingga pipih, selanjutnya potong adonan menjadi dua dan pastikan memiliki panjang yang sama, lalu tumpuk kedua adonan tersebut dan tekan sedikit agar adonan bisa menyatu. Jangan lupa berikan minyak atau terigu agar adonan tidak menempel pada alat yang digunakan untuk memotong.

6. Goreng Dengan Banyak Minyak

Tips membuat cakwe selanjutnya yaitu kamu harus menggorengnya dengan banyak minyak, panaskan minyak panas terlebih dahulu. Jika minyak sudah panas kamu bisa langsung masukan cakwe yang tadi sudah kamu bentuk, untuk memasukan cakwe sebaiknya jangan langsung banyak terlebih dahulu karena cakwe akan mengembang, jika kamu masukan terlalu banyak khawatir cakwe lainnya tidak matang dengan sempurna. Agar tampilan cakwe cantik dan mengembang secara sempurna masukan sedikit demi sedikit dan berikan cukup ruang untuk cakwe mengembang.

7. Buat Saus Cakwe

Agar lebih nikmat cakwe harus dikonsumsi bersama dengan sausnya. Untuk membuat saus cakwe cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan saus sambal cuka kemudian tambahkan air. Saus cakwe di Indonesia memiliki rasa pedas asam dan sedikit manis, mudah bukan membuatnya? Selamat mencoba.

Most Popular