31.6 C
Tangerang
Tuesday, August 9, 2022
Home Foodie Tips Membuat Kue Cucur Anti Gagal! Dijamin Mengembang Dan Bersarang

Tips Membuat Kue Cucur Anti Gagal! Dijamin Mengembang Dan Bersarang

Ada beberapa tips membuat kue cucur yang mudah dan pastinya anti gagal, kue cucur sendiri merupakan jajanan tradisional yang sangat populer dan memiliki rasa yang lezat. Setiap daerah di Indonesia memiliki jajanan khasnya masing masing, salah satunya yang masih menjadi incaran dan paling banyak digemari yaitu kue cucur, kue bulat ini terasa manis dengan tekstur berserat yang sangat nikmat, ciri khas kue cucur bagian luarnya basah dan mengembang dan bagian dalamnya terasa sangat empuk dan nikmat. Karena rasanya yang lezat, kue cucur menjadi jajanan paling laris di pasar.

Tidak jarang beberapa orang mencoba membuatnya sendiri dirumah, sebenarnya membuat kue cucur tidak terlalu sulit dan hanya membutuhkan bahan bahan yang mudah dicari. Tapi sayangnya masih banyak orang yang gagal membuat kue cucur, beberapa orang saat membuat kue cucur hasilnya malah sangat berminyak, tidak bersarang dan cenderung bantat, jangan menyerah dulu. Berikut ini ada beberapa tips untuk membuat kue cucur yang bisa kamu terapkan, jangan sampai kamu melewatkan setiap tips yang ada agar kue cucur kamu memiliki hasil yang baik, kue cucur yang benar ditandai dengan adonan yang mengembang dan bersarang.

Tips Membuat Kue Cucur Mudah Dan Anti Gagal

Tips membuat kue cucur

1. Pastikan Adonan Sudah Halus

Membuat adonan kue cucur sebenarnya sangat sederhana dengan bahan bahan yang mudah, pertama kamu perlu menyiapkan bahan bahannya seperti berasa, tepung terigu, santan, gula merah , dan daun pandan. Pastikan semua bahan tersebut dicampur halus dan merata, kamu bisa mengocok dengan mixer atau whisk, sebaiknya jangan menggunakan garpu atau alat alat lainya. Karena 2 alat tersebut dapat membuat adonan kue cucur menjadi sangat halus, dan jika adonan sudah halus, periksa kembali adonan dan pastikan jangan ada adonan yang menggumpal.

2. Diamkan Adonan Selama Sejam

Tips membuat kue cucur selanjutnya yaitu kamu harus mendiamkan adonan terlebih dahulu selama satu jam, cara ini akan membuat adonan kue cucur kamu bersarang dan berserat saat sudah matang. Kamu juga bisa menutupinya dengan kain sehingga hasilnya akan lebih mengembang, tepung beras yang digunakan dalam adonan merupakan kunci sukses membuat kue cucur, takarannya yang pas bisa membuatnya menyerap seluruh cairan sehingga adonan kue cucur akan terlihat sempurna saat digoreng nantinya.

3. Masak Kue Cucur Di Wajah Yang Cekung Dan Tebal

Kesalahan yang paling sering terjadi yaitu saat menggoreng adonan kue cucur, untuk menggorengnya lebih baik menggunakan wajan yang cekung dan tebal. Pemilihan wajan yang tepat akan mempengaruhi bentuk dari kue cucur, wajan yang cekung biasanya akan membentuk kue cucur terlihat lebih bagus, bertopi di bagian tengah dengan tekstur yang kering pinggirannya. Wajan yang cekung juga ternyata dapat meminimalisir gosong pada bagian bawah kuenya, jadi perlu di catat tips yang satu ini, wajib gunakan wajan cekung!

4. Cek Takaran Minyak Saat Menggorengnya

Tips membuat kue cucur selanjutnya, kamu perlu cek terlebih dahulu takaran minyaknya. Menggoreng kue cucur juga tidak boleh sembarangan, apalagi dalam hal takaran minyak, kue cucur harus digoreng dengan minyak yang tepat, menggorengnya pun harus satu per satu agar hasilnya indah dan lebih sempurna. Untuk takaran minyak sebelum kamu menggoreng kue cucur, jangan gunakan minyak yang terlalu sedikit dan juga jangan gunakan minyak yang terlalu banyak, cukup gunakan 3-4 sendok makan minyak goreng biasa untuk menggoreng satu buah kue cucur. Jangan membuat kue cucur terendam karena nanti hasilnya akan sangat berminyak.

5. Goreng Kue Cucur Saat Minyak Panas

Tidak hanya takaran minyak saja yang perlu kamu perhatikan, namun menggoreng kue cucur juga harus saat minyak yang kamu gunakan benar benar panas. Minyak yang panas ini akan membuat kue cucur berserat dan memiliki bentuk yang sempurna, lalu bagaimana cara memastikan minyak sudah panas atau belum? Kamu bisa dengan mencelupkan sedikit adonan dan perhatikan, apabila langsung mekar berarti menandakan minyak sudah panas. Jangan langsung dimasukkan saat belum panas karena akan membuat adonan semakin berminyak dan bantat.

 

Most Popular