31.6 C
Tangerang
Saturday, August 20, 2022
Home Lifestyle Tips Membuat Lidah Kucing Mudah, Dijamin Renyah Dan Anti Gagal

Tips Membuat Lidah Kucing Mudah, Dijamin Renyah Dan Anti Gagal

Bagi kamu yang masih sering gagal dalam membuat kue lidah kucing, berikut ini tips membuat lidah kucing dengan mudah dan dijamin renyah. Di tengah gempuran makanan kekinian, ternyata masih banyak kue tradisional khas Indonesia yang masih eksis hingga kini sebagai cemilan favorit banyak orang, salah satunya lidah kucing yang memiliki tekstur dan rasanya yang enak serta renyah, gak heran kalau kue yang satu ini menjadi kue favorit banyak orang. Biasanya lidah kucing menjadi kue favorit saat musim lebaran umat muslim, kue ini rasanya wajib hadir di meja tamu untuk menyambut para tamu yang berkunjung ke rumah, daripada membeli mahal mahal lebih baik kamu membuatnya sendiri dirumah.

Membuat kue ini sebenarnya tidak sulit, hanya saja perlu beberapa cara yang tepat agar kue kamu mendapat tekstur dan rasa yang pas. Bahan yang harus kamu persiapkan pun sangat mudah didapat, biasanya menjelang lebaran kamu pasti menggunakan banyak telur untuk membuat berbagai macam kue lebaran. Dan biasanya beberapa kue tidak menggunakan banyak putih telur, sehingga putih telur ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat kue lain yaitu lidah kucing yang memang berbahan dasar putih telur saja. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat lidah kucing.

Tips Membuat Lidah Kucing Mudah Dan Anti Gagal

Tips Membuat Lidah Kucing

1. Siapkan Putih Telur Yang Banyak

Pertama yang harus kamu siapkan yaitu putih telur, untuk membuat lidah kucing memang menggunakan putih telurnya saja. Kalau menggunakan bagian kuningnya nanti adonan akan susah mengembang, pastikan jangan sampai ada kuning telur yang ikut masuk ke adonan, karena ini merupakan kunci adonan kamu sukses. Untuk mencegah hal ini terjadi sebaiknya kamu beli pemisah kuning dan putih telur agar terpisah dengan benar tanpa memecahkan kuning telurnya.

2. Gunakan Banyak Mentega

Tips membuat lidah kucing selanjutnya kamu bisa menyiapkan mentega dalam jumlah yang banyak, jika ingin mendapatkan sensasi kue meleleh sempurna di mulut kamu, sebaiknya gunakan lebih banyak mentega, saat membuat adonan kue kering mentega dan margarin memang sering sekali dicampurkan bersama. Mentega akan memberikan tekstur lembut dan mawur sedangkan mentega dengan porsi yang lebih besar agar kue meleleh sempurna di dalam mulut kamu, kocok mentega hingga putih dan kaku agar nantinya bentuk lidah kucing menjadi bagus.

3. Campurkan Tepung Dengan Diayak

Setelah mentega yang kamu kocok mengembang dengan sempurna, jangan lupa untuk menambahkan tepung dengan cara diayak. Setiap membuat berbagai macam kue memang sebaiknya mengayak tepung terlebih dahulu, hal ini berguna agar adonan tidak ada yang bergerindil, sehingga memiliki tekstur yang bagus.

4. Bentuk Kue Lidah Kucing

Setelah Adonan semua tercampur, semprotkan kue diatas Loyang dengan benar jangan sampai terlalu tipis dan juga sampai terlalu tebal karena kue nantinya akan melebar di dalam oven. Agar lebih praktis kamu bisa gunakan Loyang yang sudah berbentuk khusus untuk lidah kucing yang memiliki ceruk ceruk di dalamnya, Loyang ini terbuat dari aluminium yang tebal dan berkualitas sehingga sangat aman dan tentunya anti karat. Kalau tidak ada kamu bisa gunakan Loyang biasa.

5. Olesi Loyang Dengan Margarin

Tips membuat lidah kucing selanjutnya jangan lupa untuk mengoleskan margarin pada Loyang atau cetakan, gunakan margarin yang memiliki rasa tawar agar kue tidak memiliki rasa yang terlalu asin. Biasanya kebanyakan orang menggunakan margarin biasa, sehingga rasa kue menjadi asin, selain itu jangan gunakan Loyang untuk membuat kukis lainnya agar saat digunakan untuk memanggang kue lidah kucing tidak menjadi lengket.

6. Hati Hati Saat Menambah Bahan Pelengkap

Mungkin kamu bosan dengan variasi lidah kucing yang itu itu saja, tidak ada salahnya untuk menambah bahan pelengkap untuk menambah variasi unik dan baru. Tapi perlu hati hati saat kamu membuat kue ini, jika kamu menambahkan bahan yang pada kue lidah kucing tidak dapat melebar seperti kue lidah kucing yang polos, jadi jika ingin memberikan tambahan semprotkan agak tipis di Loyangnya dan pastikan kalau saat menambahkan bahan lain lalu mengaduknya, adonan harus mirip dengan tekstur lidah kucing versi polos.

Most Popular