31.6 C
Tangerang
Monday, December 5, 2022
Home Lifestyle Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Hewan Peliharaan Dengan Tepat

Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Hewan Peliharaan Dengan Tepat

Ketika anda sudah memutuskan untuk memelihara hewan maka anda juga harus berkomitmen penuh dalam menjaganya. Tidak hanya harus memberikan kasih sayang, waktu untuk menjaga dan menemaninya bermain setiap waktu. Anda juga harus memberikan makanan sehat untuk hewan peliharaan agar hewan kesayangan Anda bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat. Dalam pemilihan makanan ini anda harus memperhatikan dengan teliti agar tidak salah dalam memberikan makanan kepada hewan peliharaan adalah.

Dalam memilih makanan hewan, anda tidak boleh asal memilih. Sebelum Anda memilih makanan hewan ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa hal penting. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hewan peliharaan agar mereka selalu sehat. Tanpa berlama-lama, langsung saja Berikut ini beberapa tips dalam memilih makanan sehat untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan.

Beberapa Tips Dalam Mencari Makanan Sehat Untuk Hewan Peliharaan Agar Tidak Salah

Makanan Sehat Untuk Hewan Peliharaan

Mempertimbangkan Usia dan Kegiatan Hewan Peliharaan

Ketika anda hendak membeli makanan untuk hewan peliharaan Anda harus mempertimbangkan usia dan kegiatan hewan tersebut. Karena nutrisi di dalam makanan yang akan dikonsumsi oleh hewan kesayangan anda akan mengoptimalkan kondisi fisiknya. Sehingga agar asupan nutrisi tersebut terpenuhi Anda harus menyesuaikan posisinya dengan usia hewan peliharaan Anda. Misalnya, Anda harus memberikan makanan berkalori tinggi untuk hewan peliharaan yang sedang berkembang atau sedang menyusui anaknya. Anda juga bisa memilih makanan dengan kadar lemak yang lebih rendah untuk hewan peliharaan yang sudah tua agar hewan Anda terhindar dari obesitas.

Melakukan Konsultasi Ke Ahli

Bagi Anda yang baru pertama kali ingin memelihara hewan tentunya masih banyak pertanyaan-pertanyaan mengenai makanan yang tepat untuk hewan peliharaan Anda. Untuk mengatasi kebimbangan tersebut Anda sebaiknya berkonsultasi dengan ahli pada bidangnya terlebih dahulu. Karena, Terkadang ada beberapa jenis makanan yang justru akan membuat hewan peliharaan menjadi sakit karena tidak cocok dengan kondisi fisiknya. Jika anda sudah mendapatkan saran dari ahli maka anda bisa memilih makanan yang tepat agar hewan peliharaan lebih sehat baik dari kondisi fisik dan mentalnya.

Hindari Makanan Mentah

Tips dalam memilih makanan sehat untuk hewan peliharaan selanjutnya adalah dengan menghindari makanan mentah. Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua makanan mentah itu baik. Jika anda merupakan orang awam yang baru ingin mencoba memelihara hewan Anda patut mengetahui bahwa tidak semua makanan mentah baik untuk dikonsumsi hewan peliharaan. Terlebih lagi jika hewan peliharaan Anda benar-benar berasal dari peternakan yang sudah dirawat sejak kecil. Jika hewan anda berasal dari Peternakan biasanya sistem imunnya juga akan menjadi lebih sensitif. Jika anda memberinya makanan yang masih mentah maka akan membuat hewan peliharaan Anda menjadi sakit akibat kuman yang terkandung di dalam makanan tersebut. Pada akhirnya kondisi hewan Anda juga tidak optimal dan cenderung Sering mengalami sakit.

Pastikan Hewan Tidak Alergi Makanan

Jika anda merupakan orang awam yang ingin mencoba memelihara hewan, perlu Anda ketahui bahwa hewan juga bisa terkena alergi makanan. Jika Anda belum mengetahuinya, bisa anda cek bagaimana reaksi tubuh hewan kesayangan Anda setelah mereka mengkonsumsi makanan yang anda berikan. Apakah hewan anda memberikan reaksi yang spesifik atau tidak. Jika memang iya maka itu tandanya hewan tersebut mengalami alergi yang bisa membuat hewan malah menjadi sakit dan berujung fatal. Sehingga, anda jangan pernah menyepelekan hal seperti ini.

Biaya

Tips memilih makanan sehat untuk hewan peliharaan yang terakhir adalah biaya yang dikeluarkan. Anda bisa memberi hewan peliharaan Anda dengan makanan yang berkualitas namun harus sesuai dengan isi dompet anda, jangan sampai biaya makanan yang anda keluarkan justru akan membebani diri Anda sendiri. Sebaiknya Anda memilih makanan dengan gizi tinggi dan lengkap, seperti kandungan protein, vitamin, dan hindari makanan dengan kadar lemak yang tinggi karena akan memicu obesitas pada hewan.

Most Popular