31.6 C
Tangerang
Sunday, June 16, 2024
HomeFoodieTips Memilih Tempe yang Tepat, Perhatikan Kepadatan & Aroma!

Tips Memilih Tempe yang Tepat, Perhatikan Kepadatan & Aroma!

Inajournal.com – Adakah dari anda yang gemar memakan tempe? Tempe merupakan salah satu makanan pokok yang bisa dikonsumsi. Tempe ini berbahan dasar kacang kedelai yang telah melalui banyak proses pengolahan agar aman dikonsumsi oleh seluruh orang. Dikarenakan tempe berbahan dasar kacang kedelai yang telah diproses oleh beragam macam pengolahan yang aman, tentu saja tempe ini dipercaya memiliki beragam manfaat dan kandungan baik untuk tubuh. Namun, penting juga untuk memperhatikan tips memilih tempe yang baik dan benar.

Bahkan, kandungan baik yang dimiliki oleh tempe sangat ampuh untuk memperbaiki kondisi kesehatan manusia. Menurut para pakar melalui sebuah penelitian dan riset, mengatakan bahwasanya tempe mengandung protein dan gizi yang tercukupi. Kandungan asam amino yang tinggi pada tempe sangat ampuh untuk mengatasi suatu permasalahan. Selain itu, beragam manfaat dan gizi yang dimiliki oleh tempe sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan mengkonsumsi kacang kedelainya secara langsung.

Hanya mengkonsumsi beberapa gram tempe saja, namun seluruh kandungan baik didalam tubuh anda akan terpenuhi dengan sempurna. Namun, sayangnya banyak sekali para ibu yang tidak memahami untuk memilih tempe yang baik dan benar. Pada dasarnya, kualitas pada tempe memang berbeda-beda, hal tersebut dibuktikan dengan cara pengolahan kacang kedelai nya.

Memilih tempe dengan sembarangan dapat memberikan kerugian bagi anda. Mengapa demikian? Karena, tempe yang memiliki kualitas buruk bisa menyebabkan proses pembusukkan yang cepat. Tentu saja hal tersebut akan menyebabkan anda menjadi rugi dan harus membuang tempe. Agar anda bisa menghindari hal tersebut, ada baiknya jika anda menerapkan sebuah tips dasar memilih tempe yang baik dan benar.

Kami akan merekomendasikan dan menjabarkan beragam tips yang baik dan benar serta mudah untuk dipahami oleh anda. Simak terus artikel yang satu ini untuk menambah wawasan anda mengenai tips untuk memilih tempe agar tidak mudah busuk!

Tips Memilih Tempe yang Baik Dan Benar

Tips-Memilih-Tempe

Pada dasarnya, memilih jenis makanan apapun tidak boleh sembarangan dan cenderung teledor. Mengingat setiap jenis makanan memiliki kualitasnya tersendiri, mengkonsumsi beragam makanan yang memiliki kualitas tinggi akan berpotensi baik pula untuk tubuh.

Namun, jika anda memilih jenis makanan secara sembarangan, maka makanan tersebut akan menjadi boomerang bagi diri anda dan bisa menyebabkan hal-hal berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila anda menerapkan sebuah tips untuk memilih tempe yang baik dan benar.

Tidaklah terlalu sulit beberapa tips yang kami rekomendasikan. Yang terpenting, anda bisa memahami setiap jenis hal yang kami rekomendasikan. Tanpa sulit, tentu saja anda bisa menerapkan beberapa hal yang kami jabarkan. Berikut adalah tips yang tepat untuk memilih tempe yang baik dan benar agar tidak mudah busuk:

     1. Melihat Warna dari Tempe dan Jamurnya

Hal pertama yang harus anda lakukan apabila tidak adanya suatu kesalahan mengenai memilih tempe yang berkualitas tinggi, adalah melihat warna dari tempe dan jamurnya. Apabila tempe tersebut adalah tempe yang baru saja diolah dari dapurnya langsung, maka tempe tersebut memiliki warna yang putih cerah dan sedikit lembab atau hangat.

Warna kedelainya pun tidak terlalu kuning, namun kuning pucat. Apabila anda menemukan jenis tempe yang memiliki warna coklat atau sedikit hitam, sudah dipastikan bahwa tempe tersebut adalah tempe yang telah dihangatkan ulang atau tempe yang telah di diamkan hingga jangka waktu yang lama.

     2. Tekstur yang Padat

Setelah memilih tempe yang berkualitas baik dari segi warna dan jamurnya, kemudian hal selanjutnya yang harus anda lakukan, adalah memilih tempe dari segi tekstur. Biasanya, tempe yang hangat atau tempe yang masih fresh serta baru dari pengolahan dapur tanpa disimpan dahulu, akan menciptakan tekstur yang padat dan sangat tidak mudah untuk hancur.

Jika tempe tersebut ditekan atau dipotong, namun terdapat hancuran biji kedelai yang jatuh dari tempe tersebut, sudah dipastikan bahwa tempe yang anda pilih adalah tempe yang berkualitas buruk. Usahakan bahwa anda memilih tempe yang berkualitas tinggi agar rasa dan kandungan baik nya tetap terjaga untuk tubuh anda. Usahakan jangan terlalu memilih tempe yang agak basak dan terlalu lembab.

     3. Aroma Jamur yang Segar

Dan, hal terakhir yang harus anda lakukan untuk menerapkan tips dasar memilih tempe yang baik dan benar, adalah aroma jamur yang segar. Perlu anda ketahui, bahwa tempe memiliki aromanya tersendiri. Hal ini dikarenakan tempe telah diproses dengan pengolahan fermentasi.

Apabila tempe yang anda pilih memiliki aroma busuk atau hilang akan aroma jamur nya, maka sudah dipastikan bahwa aroma tempe tersebut adalah tempe yang telah di diamkan hingga lama. Untuk itu, usahakan bahwa anda telah memilih tempe yang memiliki aroma jamur segar. Itulah sederet tips memilih tempe yang harus diketahui.

Most Popular