31.6 C
Tangerang
Tuesday, November 30, 2021
Home Beauty Tips Mencegah Bibir Hitam, Yuk Rawat Biar Lebih Pede!

Tips Mencegah Bibir Hitam, Yuk Rawat Biar Lebih Pede!

Inajournal.com – Ingin memiliki bibir cerah alami? Berikut ini ada beberapa tips mencegah bibir hitam agar terlihat sehat dan menambah kepercayaan diri. Memiliki bibir yang sehat merupakan idaman bagi banyak orang, walaupun bisa ditutupi dengan lipstick, namun bibir yang sehat tanpa menggunakan lip product akan lebih menarik. Sayangnya masih banyak orang yang merasa tidak percaya diri karena bibirnya yang menghitam, bibir yang hitam disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya sering menggigit bibir dan tidak cocok menggunakan lip product. Berikut ini beberapa tips untuk mencegah bibir hitam yang bisa kamu lakukan dirumah.

Tips Mencegah Bibir Hitam, Lakukan Ini Secara RutinTips-Mencegah-Bibir-Hitam

  1. Perhatikan Tanggal Kadaluarsa Lip Product Yang Kamu Gunakan
    Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu memperhatikan tanggal kadaluarsa lip product yang sedang kamu gunakan. Setiap produk kosmetik tentunya memiliki tanggal kadaluarsa yang penting untuk kamu perhatikan, hal ini karena kualitas dari kosmetik yang kadaluarsa memang kurang optimal. Jadi sebaiknya usahakan untuk selalu melihat tanggal kadaluarsa sebelum kamu membeli lip product, tidak hanya itu saja kamu juga wajib pilih-pilih product dengan bahan-bahan yang tidak berpotensi menimbulkan alergi, agar bibir kamu tetap sehat dan yang pasti utamakan kualitas terlebih dahulu dalam memilih produk kosmetik.

  2. Jangan Sering Mengigit Atau Menjilat Bibir
    Tips mencegah bibir hitam yang selanjutnya yaitu jangan sering menjilat atau menggigit bibir. Tanpa disadari kebiasaan ini mungkin sering kamu lakukan, misalnya ketika kamu merasa cemas atau nervous, bisa saja kamu gigit atau menjilat bibir untuk mengurangi rasa cemas tersebut. Sayangnya kebiasaan seperti ini tidak baik jika sering dilakukan karena akan membuat bibir kamu menjadi kering, terlalu sering menjilat bibir bisa menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah karena kulit bibir menjadi tipis. Mungkin dengan kamu menjilat bibir, kamu bisa merasa bibir  menjadi lebih lembab, tapi kondisi seperti ini hanya berlangsung sebentar saja, setelahnya bibir justru akan lebih kering. Jika bibir kering, justru kebanyakan orang mengambil kulit kering hingga akhirnya mengakibatkan luka, sehingga bibir perlahan bisa menghitam dan kusam.

  3. Rajin Melakukan Eksfoliasi Dengan Bahan Alami
    Yang selanjutnya yaitu kamu harus rajin melakukan eksfoliasi dengan bahan alami, dibanding kamu menjilat bibir yang menyebabkan bibir menjadi hitam. Saat ini sendiri ada banyak produk eksfoliasi khusus bibir, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah, misalnya dengan mencampurkan gula dengan madu. Gula sendiri memiliki fungsi sebagai partikel yang membantu mengangkat sel kulit mati, sedangkan madu sendiri berfungsi untuk melembabkan bibir, tidak perlu setiap hari, cukup lakukan dua kali dalam seminggu saja dan jangan terlalu kasar mengoleskan ke bibir agar tidak lecet.

  4. Minum Air Mineral Yang Cukup
    Tips mencegah bibir hitam yang selanjutnya yaitu mengkonsumsi air mineral yang cukup, salah satu cara agar bibir kamu tidak hitam dan menjaga bibir tetap terhidrasi dengan baik yaitu dengan minum air mineral yang cukup setiap hari. Kalau kamu kekurangan air, kulit bisa menjadi dehidrasi, kering dan pecah-pecah, jika kulit bibir pecah-pecah dapat mengakibatkan luka dan kulit bisa jadi menjadi luka dan kulit akan semakin menghitam. Dehidrasi menjadi penyebab kulit kering , sehingga kulit bibir bisa terlihat lebih kusam, tidak hanya itu saja, kulit yang kering juga membuat kulit kamu menjadi lebih sensitif pada alergen, iritan dan lainnya.

  5. Rutin Menggunakan Lip Balm Dengan SPF
    Yang selanjutnya yaitu rutin menggunakan lip balm yang memiliki SPF, salah satu faktor yang menyebabkan kulit bibir hitam yaitu karena terpapar sinar matahari. Ternyata tidak hanya kulit wajah atau  tubuh saja, namun bibir juga bisa menghitam akibat efek buruk dari sinar matahari, menggunakan sunscreen pada kulit dan bibir merupakan cara yang paling efektif untuk mengatasi hiperpigmentasi atau penuaan dini pada kulit. Oleh karena itu kamu dapat menggunakan lip balm yang mengandung SPF sebelum kamu menggunakan lipstick dan jangan lupa juga diimbangi dengan cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jika melakukan cara ini dengan rutin bibir kamu bisa cerah perlahan dan tampak lebih sehat.

 

Most Popular