31.6 C
Tangerang
Thursday, December 8, 2022
Home Travel Tips Mendaki Gunung Saat Era New Normal Yang Kamu Harus Tau!

Tips Mendaki Gunung Saat Era New Normal Yang Kamu Harus Tau!

Memasuki era new normal, masyarakat Indonesia harus terbiasa berdampingan dengan yang namanya Covid-19. Menyambut era new normal juga banyak taman nasional dan tempat wisata alam di Indonesia yang sudah kembali buka secara bertahap. Itu tandanya, anda sudah bisa mengunjungi tempat-tempat tersebut, termasuk mendaki gunung. Ada beberapa Tips Mendaki Gunung yang perlu anda persiapkan menjelang era new normal. Karena dalam masa pandemi seperti ini, mendaki gunung bisa menjadi kegiatan melepas penat terbaik.

Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan atau olahraga yang banyak digemari berbagai kalangan di segala usia. Ada banyak hal yang perlu anda perhatikan sebelum anda memutuskan untuk kembali mendaki gunung pada masa new normal ini. Tenang, disini akan memberikan beberapa tips dalam mendaki gunung agar tetap aman meskipun dalam era new normal. Sehingga anda dapat kembali bersatu dengan alam dan melepaskan beban setelah berbulan-bulan berdiam diri dirumah. Yuk, simak ulasan berikut ini.

Beberapa Tips Mendaki Gunung Agar Tetap Aman dan Nyaman

Mencari Tahu Seputar Gunung Yang Akan Didaki

Tips Mendaki Gunung

Langkah pertama yang harus anda lakukan sebelum mendaki gunung adalah mencari tahu informasi lengkap seputar gunung yang akan anda daki. Anda bisa mencari tahu semua informasi lewat internet, mulai dari gunung mana saja yang sudah buka untuk pendakian, jam operasional pendakian dan seperti apa protokol kesehatan yang harus anda patuhi. Agar informasi tersebut lebih lengkap dan akurat, anda bisa mengunjungi website resmi taman nasional atau kontak yang tertera di berbagai media sosial.

Memastikan Kondisi Tubuh Sebelum Mendaki Gunung

Kondisi Tubuh

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan sebelum mendaki gunung adalah memastikan kondisi tubuh anda sehat. Kondisi tubuh adalah hal yang sangat penting dalam masa pendakian. Karena mendaki gunung adalah olahraga yang mampu menguras banyak stamina dan terbilang ekstrem. Oleh sebab itu, anda harus memastikan bahwa tubuh anda dalam keadaan sehat sebelum mendaki gunung. Apabila anda sedang tidak sehat, maka sebaiknya anda menunda pendakian sampe kondisi anda benar-benar pulih.

Menerapkan Protokol Kesehatan

Tips Mendaki Gunung

Tips Mendaki Gunung saat pandemi seperti ini mewajibkan para pendaki untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan benar. Pengelola taman nasional akan menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jaga jarak aman pada saat pendakian. Sebisa mungkin anda harus menjaga jarak minimal 2 meter dengan pendaki lainnya. Selain itu, jumlah pendaki setiap harinya juga dibatasi, yaitu hanya 50% dari kapasitas normal. Tenda yang anda bawa juga akan dikurangi setengahnya agar tetap aman dalam masa pandemi ini.

Membawa Perlengkapan Pendakian Sendiri

Perlengkapan Pendakian

Tips mendaki gunung selanjutnya adalah menyediakan perlengkapan pendakian disiapkan perkelompok agar lebih enteng membawanya. Namun, saat ini anda harus membawa semua perlengkapan pendakian sendiri. Anda tidak diperbolehkan meminjam atau mengandalkan barang milik pendaki lainnya. Karena dengan meminjam barang biasanya virus akan dapat menyebar dengan cepat. Selain itu, pastikan membawa desinfektan yang cukup untuk menyemprotkan peralatan kelompok yang tidak mudah terbakar ya.

Membawa Masker Yang Cukup

Masker

Pada dasarnya sangat tidak disarankan melakukan pendakian gunung dengan menggunakan masker karena akan mengganggu jalannya pernapasan. Akan tetapi tidak ada salahnya bukan untuk menyiapkan masker yang ditempatkan pada bagian tas tertentu agar mudah dijangkau saat situasi tertentu yang mengharuskan anda memakai masker. Misalnya pada saat sedang beristirahat di pos pendakian, anda harus memakai masker dan baru bisa melepasnya saat kembali melanjutkan pendakian.

Membawa Peralatan Kesehatan dan Mandi Sendiri

Peralatan Kesehatan

Tips Mendaki Gunung yang terakhir adalah membawa peralatan kesehatan dan mandi sendiri. Pada masa pandemi seperti ini, anda harus selalu membawa vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh anda agar tidak mudah sakit. Terutama saat akan mendaki gunung, anda harus membawa kotak p3k sendiri. Tidak ada salahnya bukan kalau anda membawa semua itu sendiri. Selain itu, jangan lupa untuk rajin menggunakan hand sanitizer dan menjaga kebersihan dalam pendakian. Disarankan untuk menggunakan sarung tangan agar melindungi tangan dari benda-benda umum yang banyak disentuh orang.

Most Popular