31.6 C
Tangerang
Sunday, January 29, 2023
Home Travel Tips Mendaki Gunung untuk Cewek, Persiapan Harus Matang!

Tips Mendaki Gunung untuk Cewek, Persiapan Harus Matang!

Inajournal.com – Mendaki gunung merupakan salah satu olahraga yang sedang naik daun beberapa waktu terakhir ini, bukan hanya anggota pecinta alam saja yang menyukai olahraga ini dan tidak hanya kalangan pria saja yang menyukainya, tidak sedikit juga wanita yang menyukai mendaki gunung. Walaupun kegiatan ini cukup berat dan menguras keringat, mendaki gunung bukan penghambat kita buat tetap cantik, sehat dan menawan. Buat para cewek yang tertarik mendaki gunung, jangan khawatir. Berikut ini ada beberapa tips mendaki gunung untuk para cewek agar tetap cantik ketika sampai di puncak.

Tips Mendaki Gunung Untuk Cewek, Tetap Cantik Sampai Tujuan!

Tips-Mendaki-Gunung

     1. Mulai Olahraga Ringan

Buat para cewek yang jarang olahraga, ada baiknya mulai berolahraga minimal seminggu sebelum naik gunung agar otot kamu tidak tegang nantinya. Kamu juga bisa coba untuk jogging, senam pagi atau berenang agar nafasmu lebih panjang dan teratur ketika di dataran tinggi nanti. Dengan begitu kamu tidak mudah lelah dan kehabisan tenaga ketika mendaki, kamu juga lebih mudah mengatur nafas, jadi kamu tidak ngos-ngosan ketika berjalan jauh.

     2. Gunakan Pakaian Khusus Mendaki Tapi Mampu Menghalau Suhu Dingin

Biasanya ketika awal perjalanan, kita akan merasakan suhu lingkungan yang dingin sehingga kebanyakan dari kita cenderung memilih menggunakan jaket. Namun beberapa saat kemudian terkadang kita akan merasakan gerah karena panas tubuh yang keluar sepanjang perjalanan.

Tapi baju yang terlalu tipis juga bisa membuat kamu masuk angin, oleh karena itu kamu lebih baik gunakan pakaian khusus mendaki yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Pakaian ini biasanya dapat menyerap keringat dan dapat menghalau suhu dingin.

Agar kulit kamu tidak tergores ranting pohon ketika memasuki hutan, maka gunakanlah lengan panjang atau kamu juga bisa menggunakan manser. Jangan pernah gunakan celana jeans ketika sedang mendaki gunung, karena kami kam bisa gampang pegal karena aliran darah yang terhambat sebab celana terlalu ketat.

     3. Gunakan Sunblock

Perlu kamu ketahui udara di gunung itu kadang panas, kering, terik tapi tetap dingi. Oleh karena itu kamu tetap disarankan untuk menggunakan sunblock, minimal SPF 30 untuk mengantisipasi kulitmu terbakar.

Terlebih lagi buat para cewek yang memiliki kulit sensitif, wajib banget menggunakan sunblock demi melindungi kulit, sebagai salah satu item penting yang harus kamu bawa ketika sedang naik gunung.

Sebaiknya sunblock kamu letakan di bagian tas yang mudah dijangkau, sehingga kamu dapat menggunakannya kapan saja, minimal gunakan pada bagian kulit yang selalu terpapar sinar matahari, seperti wajah dan telapak tangan.

     4. Membawa Produk Sanitasi, Seperti Tisu Dan Deodorant

Ketika sedang berada di atas gunung, terkadang kita dapat memperkirakan mengenai ketersediaan air. Oleh karena itu kamu harus membawa tisu basah dan tisu kering demi urusan bersih-bersih badan, kamu juga pasti merasa risih ketika keringat, minyak dan debu menempel berhari-hari di kulitmu bukan?

Selain itu kedua benda ini juga bisa kamu gunakan untuk urusan bersih-bersih perkakas makanan, lalu yang tidak kalah penting, kamu tidak ingin bukan teman satu tim kamu merasa terganggu dengan bau badanmu sepanjang perjalanan. Jangan lupa juga membawa deodorant jika perjalananmu terlalu lama kamu bisa menggunakannya setiap pagi setelah membersihkan badan, sebelum perjalanan dimulai lagi.

Jangan menggunakan deodorant saat kondisi sedang berkeringat, karena tidak sehat, kondisi pori-pori yang tidak bersih dapat memicu kanker, bau ketiak juga semakin tidak karuan. Ada baiknya bersihkan terlebih dahulu dan biarkan mengering, setelah itu gunakan deodorant favorit kamu.

     5. Gunakan Kacamata Daripada Kontak Lensa

Buat kamu yang terbiasa menggunakan lensa kontak, sangat tidak disarankan untuk menggunakannya ketika mendaki gunung. Karena kondisi cuaca gunung yang kering dan berdebu kurang steril untuk penggunaan lensa kontak, kedua jadwal pendakian yang padat sering tidak memberikanmu waktu untuk copot pasang dan meneteskan cairan lensa.

Ketika kamu memaksakan diri menggunakannya, bukan tidak mungkin matamu justru bisa mengalami iritasi. Menggunakan kacamata lebih dianjurkan dan tentunya jauh lebih aman dan praktis, pastikan kamu membawa kacamata cadangan untuk berjaga-jaga jika ada kerusakan pada kacamata utamamu. Itulah beberapa tips mendaki gunung untuk para cewek, agar tetap nyaman sampai puncak.

Most Popular