31.6 C
Tangerang
Saturday, December 10, 2022
Home Lifestyle Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket, Gampang Banget Ternyata!

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket, Gampang Banget Ternyata!

Ikan goreng menjadi salah satu makanan favorit banyak orang, agar tidak lengket di wajan ada tips menggoreng ikan yang tepat. Selain telur dan daging, ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat digemari banyak orang, termasuk masyarakat Indonesia, menu olahan berbahan ikan paling sederhana dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengolahnya. Tapi itu juga tergantung kamu ingin mengolah ikan seperti apa, ada banyak olahan ikan yang lezat, seperti ikan bakar, ikan acar kuning, sambal goreng ikan, pepes ikan dan yang paling praktis serta sederhana yaitu ikan goreng.

Ikan goreng olahan paling praktis yang menjadi pilihan dan alternatif banyak orang, walaupun terbilang mudah masih saja ada orang yang sering hancur atau kesulitan saat menggoreng ikan. Menggoreng ikan hancur dan lengket di wajan memang sangat menyebalkan, agar ikan yang kamu goreng matang dengan sempurna tanpa merusak bentuk ikannya kamu perlu beberapa tips yang wajib kamu terapkan. Cara ini cukup ampuh dan pastinya gak bikin wajah kamu lengket dan ikan kamu matang sempurna pastinya.

Tips Menggoreng Ikan Biar Gak Lengket Di Wajan

Tips menggoreng ikan

1. Pastikan Wajan Yang Digunakan Bebas Minyak

Pertama sebelum kamu menggoreng ikan pastikan terlebih dahulu kalau wajan yang kamu gunakan sudah bebas minyak dan noda noda lainnya, menggunakan wajan khusus memang sudah terbukti ampuh untuk menggoreng ikan tanpa lengket. Kamu bisa membeli wajan anti lengket, tapi kalau tidak punya kamu bisa gunakan wajan yang ada, wajan biasa juga tidak menutup kemungkinan kalau kamu bisa menggoreng ikan dengan sempurna tanpa lengket, setelah wajan kamu dipastikan tidak memiliki minyak atau noda kamu bisa menggunakannya. Jangan sampai wajan masih memiliki noda seperti kecap atau bekas kuah tumisan.

2. Tambahkan Asam Jawa Pada Bumbu Marinasi Ikan

Tips menggoreng ikan selanjutnya kamu bisa tambahkan sedikit asam Jawa pada bumbu marinasi ikan, ternyata asam jawa terbukti dapat membuat ikan tidak lengket saat digoreng. Selain tidak membuat lengket, asam jawa juga ternyata dapat mengurangi bau amis pada ikan dan membuat ikan semakin lezat, namun harus menggunakan takaran yang tepat, karena jika terlalu banyak menggunakan asam jawa justru akan membuat kulit ikan seperti gosong sehingga mengurangi nilai tampilannya.

3. Tambahkan Jeruk Nipis Pada Minyak

Selanjutnya kamu bisa tambahkan jeruk nipis atau lemon pada minyak, biasanya jeruk nipis atau lemon digunakan untuk mengurangi bau amis pada ikan. Selain itu ternyata jeruk nipis juga bisa mengurangi lengket dan meletupnya minyak saat menggoreng ikan, kamu hanya perlu mencampurkan minyak dengan beberapa tetes air jeruk sebelum ikan dimasukan ke wajan.

4. Jangan Sering Bolak Balik Ikan

Tips menggoreng ikan selanjutnya jangan terlalu sering membolak balik ikan, kebanyakan orang mungkin tidak sabar dengan matangnya ikan sehingga belum matang secara merata langsung dibaliknya. Kesalahan ini sering sekali terjadi dan hal inilah yang membuat wajan lengket, melekatnya ikan di bagian wajan biasanya akan berkurang jika bagian ikan sudah kering atau sudah matang.

Maka dari itu kalau dirasa ikan belum terlalu matang sebaiknya jangan langsung dibalik, dengan kamu sering membolak balik ikan justru menyebabkan bagian kulit ikan tertinggal di bagian wajan dan membuat ikan menjadi hancur serta wajan kamu jadi ikutan lengket.

5. Masukan Ikan Ke Dalam Minyak Yang Sudah Panas

Agar membuat wajan tidak lengket saat menggoreng ikan kamu perlu memastikan kalau minyak yang kamu gunakan sudah panas. Ikan cenderung mudah lengket sebelum menggoreng jika kamu tidak memanaskan minyak terlebih dahulu, ternyata hal ini sering sekali disepelekan padahal cara ini sangat tepat dan berperan dalam menjaga tekstur serta bentuk ikan agar terlihat sempurna.

Pertama kamu panaskan wajan terlebih dahulu, barulah kamu masukan minyak, tunggu hingga panas kemudian barulah kamu memanaskan wajan dahulu sebelum menuangkan minyak, kemudian kamu tunggu minyak agak panas barulah kamu masukan ikan yang ingin di goreng, tunggu hingga bagian bawah ikan kering dan matang sempurna barulah kamu bisa membaliknya. Selamat mencoba.

Most Popular