31.6 C
Tangerang
Sunday, January 29, 2023
Home Health Tips Menghentikan Diare, Konsumsi Makanan dan Obat Tepat!

Tips Menghentikan Diare, Konsumsi Makanan dan Obat Tepat!

Inajournal.com – Sering sekali merasa tergiur dengan melihat jajanan yang terpampang di pinggir jalan, betul? Ada baiknya di fikirkan kembali kalau ingin membelinya. Pada dasarnya, lebih sering seseorang yang jajan sembarangan di tempat yang kurang bersih dan mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri bisa menyebabkan diare. Buat kamu yang sudah mengalami diare tentunya perlu menerapkan tips menghentikan diare yang mudah untuk diterapkan!

Saat terserang diare kamu perlu hindari jenis-jenis makanan yang berlemak makanan berlemak akan membuat penyakitmu semakin parah saja. Makanan berlemak bertanggung jawab atas rasa kembung yang terjadi akibat perlambatan pengosongan lambung. Tidak hanya itu saja, makanan berlemak juga membuat obat diare malah jadi sulit terserap oleh tubuh.

Diare dapat berakibat fatal kalau pengidapnya sampai mengalami dehidrasi akibat terlalu banyak kehilangan cairan tubuh dan diare harus segera ditangani secepatnya karena kamu perlu mengetahui jenis obat atau minuman hingga makanan yang aman dikonsumsi selama diare. Kalau begitu langsung saja ketahui berbagai tips yang mudah untuk diterapkan saat sedang diare seperti berikut ini.

Tips Menghentikan Diare yang Wajib Diterapkan dengan Rutin

Tips-Menghentikan-Diare

     1. Minum Obat Antidiare

Tips menghentikan diare yang wajib diterapkan pertama yaitu minum obat anti diare. Hal ini merupakan penanganan pertama yang bisa dilakukan, kamu bisa mengkonsumsi attapulgit dan pektin atau norit (arang aktif). Di tahap selanjutnya bisa dilakukan dengan konsumsi obat loperamide yang bekerja dengan cara memperlambat aktivitas usus besar sehingga makanan dapat di dalam usus.

     2. Minum Oralit

Kemudian tipsnya yang kedua harus minum oralit dan oralit Itu minuman yang sering dianjurkan untuk mengatasi diare, biasanya orang yang sering buang air besar saat diare akan dehidrasi. Oralit juga bekerja untuk menggantikan garam dan cairan yang hilang dalam feses. Minum larutan ini dikit demi sedikit dan 2 sampai 3 tegukan akan memberikan kesempatan oralit diserap oleh usus lebih dulu.

Untuk membuat larutan oralit, kamu perlu mencampurkan gula dan garam dengan air hangat. Dan kalau mau lebih praktis lagi, oralit ini banyak tersedia dalam bentuk kemasan yang bisa langsung disebut. Apalagi, ora lit saat ini sudah ada aroma dan rasa jeruk yang membuat kamu tidak merasa tersiksa meminumnya.

     3. Air Elektrolit

Selanjutnya ada air elektrolit sebagai mineral bermuatan listrik yang terkandung dalam keringat air seni dan cairan tubuh lainnya. Ketika seseorang mengalami diare, kadar elektrolit dalam tubuh otomatis bisa berkurang dan menggantikan cairan elektrolit yang hilang akibat mengalami diare Kamu bisa minum air elektrolit yang banyak dijual di mana-mana.

     4. Makan Makanan Probiotik

Tips di poin keempat dalam menghentikan diare yaitu makan makanan probiotik karena terkadang diare terjadi akibat ketidakseimbangan bakteri dalam usus. Maka dari itu, konsumsi makanan probiotik atau bakteri baik, seperti yoghurt yang bisa bantu menghentikan diare yoghurt memiliki kandungan probiotik.

Dan probiotik bisa mengatasi ketidakseimbangan bakteri dengan menyediakan bakteri baik dalam jumlah yang banyak. Probiotik juga bisa meningkatkan fungsi usus normal hingga mampu mempersingkat durasi diare.

     5. Diet BRAT

Terakhir tips untuk menghentikan diare yaitu dengan cara diet BRAT, singkatannya pun dari banana, rice, Applesauce and toast. Dietnya dinilai lebih efektif untuk meredakan diare karena sifat hambar dari makanan dan rendah serat makanan tersebut. Untuk pengidap diare disarankan tidak terlalu banyak makan makanan yang digoreng, makanan produk olahan susu dan mengkonsumsi buah atau sayuran yang memicu gas.

Semua makanan itu bisa dibilang sebagai makanan paling buruk untuk pengidap diare dan jika diare masih belum berhenti dalam beberapa hari, segera periksakan ke dokter langsung. Sebelum mengunjungi rumah sakit, kamu bisa membuat janji dengan dokter yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu.

Dari kelima tips di atas, semuanya mudah untuk dilakukan secara rutin dan bisa memberikan resiko tinggi akan dehidrasi setelah diare. Bagaimana, kalau menurutmu kelima tips menghentikan diare di atas sangat mudah untuk diterapkan tidak? Akan lebih baik mencegah ketimbang harus mengobati diare karena penyakit seperti ini tidak bisa disepelekan begitu saja.

Most Popular