31.6 C
Tangerang
Wednesday, December 7, 2022
Home Foodie Tips Menghilangkan Bau Menyengat Makanan, Coba Lakukan Ini!

Tips Menghilangkan Bau Menyengat Makanan, Coba Lakukan Ini!

Inajournal.com – Makanan berbau menyengat memiliki cukup banyak penggemar dan dapat diolah menjadi makanan yang lezat. Namun makanan berbau ini masih akan tetap bau walaupun sudah diolah sedemikian rupa. Mungkin dari cara pengolahannya yang harus diperhatikan. Salah satu makanan yang memiliki bau menyengat yaitu jengkol. Makanan ini sangat lezat jika diolah dengan cara yang benar, tapi walaupun begitu baunya akan menyiksa setelah mengkonsumsinya. Namun tenang saja karena berikut ini ada beberapa tips menghilangkan bau menyengat dari makanan yang bisa kamu coba.

Tips Menghilangkan Bau Menyengat yang Sangat Ampuh

Tips-Menghilangkan-Bau-Menyengat

     1. Jengkol

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini, sebagian orang mungkin sangat menyukai makanan ini tapi sebagian orang mungkin tidak suka karena baunya yang sangat menyengat. Agar jengkol ini bisa disukai merata oleh kebanyakan orang, kini ada beberapa tips praktis untuk membuat jengkol agar tidak bau dan tekstur nya jadi empuk.

Yang pertama yaitu memilih jengkol tua, cirinya bisa kamu lihat dari warna daging jengkolnya yang kuning cenderung putih dan teksturnya liat. Kemudian bersihkan jengkol hingga bersih dan kupas kulit jengkol hingga bersih agar tidak ada rasa pahit yang tersisa, setelah itu cuci bersih lagi dan rendam dalam cucian air beras semalaman agar baunya berkurang.

Kemudian jika ingin jengkol lebih empuk, rebus terlebih dahulu tanpa tambahan lain dan agar baunya bisa berkurang bisa tambahkan bubuk kopi atau daun jambu bjiji ke dalam rebusannya. Jika sudah kamu bisa masak dengan bumbu yang kamu inginkan, dengan cara tersebut jengkol lebih berkurang baunya.

     2. Petai

Tips menghilangkan bau yang selanjutnya dari petai, seperti yang diketahui petai merupakan salah satu makanan yang memiliki bau tidak sedap. Sehingga membuat petai jadi jarang dikonsumsi oleh banyak orang, malah justru sebaliknya, petai sangat nikmat diolah jadi bahan masakan yang lezat karena petai sendiri memiliki cita rasa yang gurih dan teksturnya yang lembut.

Untuk menghilangkan baunya, pertama dengan cara merendam dengan air garam, rendam biji petai dalam air garam tersebut hingga kondisinya agak layu, tapi sebelumnya jangan lupa untuk dicuci bersih terlebih dahulu. Setelah itu kamu dapat merebus petai bersama dengan kulitnya dan rebus hingga empuk dan matang, lalu dinginkan dan kupas sebelum dimasak ke olahan yang lezat.

Kamu juga dapat menggoreng petai agar tidak bau. Goreng petai hingga matang dan layu dengan api kecil, caara ini dapat menghasilkan citarasa gurih pada petai tersebut, cara lain kamu bisa dengan membakarnya untuk menghilangkan baunya.

     3. Rebung

Yang selanjutnya yaitu rebung, makanan yang satu ini berasal dari tunas bambu muda dan sering sekali orang mengeluh tentang aromanya yang kurang sedap. Walaupun begitu, jika rebung diolah dengan tepat rasanya akan sangat lezat. Selain itu ada cara juga untuk menghilangkan bau rebung, yang pertama yaitu dengan cara mencari rebung yang masih bagus dan segar.

Ciri rebung yang segar dan berkualitas yaitu lebih renyah dan warnanya cerah segar, dan sebaiknya beli rebung yang masih mentah. Jika sudah rebung dapat langsung direbus dalam air mendidih hingga empuk. Agar hasil rebung benar-benar tidak bau dan pahit kamu bisa merebusnya dengan air kelapa dan buang air rebusannya. Kemudian cuci hingga bersih.

Kamu juga dapat merendamnya dengan air garam atau air larutan kapur sirih selama 30 menit, setelah itu cuci bersih dan baru bisa kamu rebus dan jadikan olahan makanan lezat.

     4. Durian

Tips menghilangkan bau yang wajib kamu ketahui kali ini dari buah durian. Buah yang satu ini memang dikenal memiliki bau yang kurang sedap dan sangat menyengat. Namun buah ini juga disebut sebagai raja buah karena rasanya yang lezat meskipun aromanya sangat menyengat dan khas, apalagi setelah makan durian pasti baunya jadi sulit hilang.

Tapi jangan khawatir karena ada beberapa tips ampuh untuk menghilangkan bau makanan dari durian yang menyengat. Setelah menikmati durian, kamu bisa coba untuk menuangkan air ke dalam kulit tempat buah durian sebelumnya. Kemudian tunggu beberapa menit dan minum. Hal ini dipercaya dapat menghilangkan bau durian di mulut.

Atau kamu bisa juga berkumur dengan air garam untuk menghilangkan baunya, buat kamu yang merasa sulit untuk menghilangkan baru pada makanan, berikut tips menghilangkan bau menyengat yang bisa kamu terapkan.

Most Popular