31.6 C
Tangerang
Thursday, October 6, 2022
Home Health Tips Menjaga Kesehatan Mata, Perhatikan Ini Kalau Kamu Sering Gadget-an

Tips Menjaga Kesehatan Mata, Perhatikan Ini Kalau Kamu Sering Gadget-an

inajournal.com – Kamu sering menggunakan gadget? Berikut ini ada beberapa tips menjaga kesehatan mata yang wajib kamu lakukan. Selama masa pandmei covid-19 ini memang cukup banyak orang yang melakukan berbagai hal di rumah menggunakan gadget maupun laptop, karena sering menggunakan barang elektronik tersebut tentunya memberikan dampak bagi tubuh. Salah satunya yaitu pada kesehatan mata. Menggunakan gadget selama berjam-jam dapat menimbulkan bahaya pada mata, oleh karena itu menjaga atau merawat kesehatan mata sangat penting dan tidak boleh kamu lewatkan.

Tips Menjaga Kesehatan Mata, Wajib Lakukan Hal Ini!Tips-Menjaga-Kesehatan-Mata

  1. Jangan Lupa Berkedip
    Manusia normal pada umumnya hanya berkedip sebanyak 15 kali dalam 1 menit, namun sebuah studi mengatakan kalau kita hanya berkedip 5 hingga 7 kali setiap satu menit ketika sedang mengerjakan sesuatu di depan komputer atau media elektronik lainnya. Berkedip sangat penting untuk melindungi permukaan mata agar terlihat lebih  lembab, maka dari itu ketika mengetik di depan komputer atau gadget lainnya, kamu harus ingat untuk mengedipkan mata sesering mungkin. Hal ini akan mencegah mata kamu dari kondisi kering, jika mata kamu terasa kering kamu juga bisa meneteskan air mata palsu agar lebih terasa segar.

  2. Menerapkan aturan  20-20-20
    Tips menjaga kesehatan mata yang selanjutnya yaitu menerapkan aturan 20-20-20, jangan terlalu lama memandang gadget dan sebaiknya kamu menerapkan 20-20-20. Yaitu dengan cara melihat benda sejauh 20 kaki atau 6 meter selama 20 detik, lakukan hal ini setiap 20 menit, kamu tidak perlu mengukur secara detail objek berjarak 20 kaki di depan kamu. Yang perlu kamu lakukan yaitu hanya mengalihkan pandanganmu dari gadget untuk melihat benda yang jauh di depanmu, mengapa istirahat selama 20 detik sangat diperlukan? Karena itu merupakan waktu yang cukup untuk mengistirahatkan mata secara komplit, selama istirahat kamu juga dapat minum air putih agar tubuh dan mata kamu tetap terhidrasi dengan baik.

  3. Atur Tingkat Kecerahan Layar Gadget
    Yang selanjutnya yaitu atur tingkat kecerahan layar gadget, pancaran sinar dari gadget sangat berbahaya jika kamu terpapar dalam waktu yang lama. Jika sinar layar gadget yang kamu gunakan lebih terang dibandingkan dengan lingkungan sekitar, mata kamu akan bekerja lebih berat, maka dari itu sebaiknya kamu atur lagi tingkat kecerahan gadget agar sesuai dengan cahaya di lingkungan sekitar. Hal lain yang bisa kamu lakukan yaitu meningkatkan kontras layar gadget untuk mencegah ketegangan pada mata, coba lakukan cara ini untuk menghindari kerusakan fungsi mata.

  4. Gunakan Kacamata Komputer
    Tips menjaga kesehatan mata yang selanjutnya yaitu menggunakan kacamata komputer, jika kamu bekerja di depan komputer selama berjam-jam, penggunaan kacamata komputer dapat bermanfaat untuk mencegah ketegangan mata. Kacamata komputer yaitu kacamata yang memang didesain khusu untuk melihat layar komputer, handphone, dan tablet, kacamata ini tidak boleh digunakan untuk menyetir atau untuk digunakan sehari-hari, kacamata komputer ini bekerja dengan cara menurunkan usaha mata untuk memfokuskan penglihatan selama melihat layar gadget, dengan cara ini bisa mencegah ketegangan mata. Kacamata ini juga sangat cocok digunakan untuk semua usia dan sangat membantu jika kamu sudah berusia 40 tahun ke atas, bagi yang masih 20-an juga tidak ada salahnya menggunakan kacamata ini untuk membantu atau mencegah ketegangan mata, jadi mata kamu juga tetap terjaga.

  5. Aturlah Posisi Duduk
    Yang selanjutnya mengatur posisi duduk, hal ini ternyata cukup penting dan harus kamu perhatikan. Menurut sebuah penelitian, jarak ideal antara kamu dengan layar yaitu 25 inci atau 60 centimeter, aturlah posisi layar komputer yang bisa dilihat dengan menunduk. Sebaiknya jangan memposisikan layar komputer yang membuat kepala kamu menengok untuk melihatnya karena akan membuat leher kamu terasa sakit, dan berujung sakit leher ditambah juga sakit mata. Dari beberapa tips yang sudah dijelaskan, jangan lupa untuk selalu diterapkan agar kesehatan mata terjaga dan jangan lupa juga untuk memberikan asupan nutrisi yang sehat untuk mata, seperti rutin mengkonsumsi sayuran maupun buah-buahan yang memiliki vitamin A tinggi.

 

Most Popular