31.6 C
Tangerang
Monday, August 8, 2022
Home Lifestyle Tips Merawat Bunga Mawar, Gak Gampang Layu & Subur

Tips Merawat Bunga Mawar, Gak Gampang Layu & Subur

inajournal.com – Ingin menanam bunga mawar? Berikut ini ada beberapa tips merawat bunga mawar dengan mudah. Bunga mawar sendiri merupakan salah satu jenis bunga yang paling populer dan paling banyak dipilih karena bentuknya yang cantik dan memiliki warna yang bermacam-macam, bunga mawar juga memiliki aroma yang khas sehingga menjadi daya tarik banyak orang untuk memiliki bunga yang satu ini. Biasanya bunga mawar juga diberikan kepada orang terkasih dan menjadi simbol cinta dan kasih sayang, memang bunga mawar bisa kamu beli di mana saja, tapi jika ingin memilikinya untuknya untuk hiasan di halaman rumah kamu, berikut ini tips perawatannya.

Tips Merawat Bunga Mawar, Bunga Jadi Segar Dan SuburTips-merawat-bunga-mawar

  1. Pilih Pot Yang Memiliki Banyak Pori-Pori
    Yang pertama jika ingin menanam bunga mawar dalam por, jangan lupa untuk memilih pot yang tepat. Sebaiknya kamu memilih pot yang berjenis tanah liat, alasan memilih pot dengan jenis tanah liat dibandingkan pot plastik yaitu untuk memudahkan aliran air ketika sedang melakukan penyiraman. Pot tanah liat juga memiliki banyak pori sehingga membuat air mudah untuk keluar, kalau kemu menggunakan pot plastik air akan mudah terperangkap dan menyebabkan terjadinya pembusukan. Kalau sudah menggunakan pot tanah liat, air tidak tertangkap di dalam pot yang dapat membuat akar tanaman mudah membusuk. Jadi sebaiknya gunakan pot yang memiliki lubang-lubang kecil.

  2. Penyiraman Secara Tepat
    Tips merawat bunga mawar yang selanjutnya yaitu melakukan penyiraman secara tepat, untuk menjaga agar bunga mawar tumbuh lebih subur, perlu kamu lakukan penyiraman secara tepat agar bunga kamu juga tumbuh dengan baik. Jangan sampai kamu menyiram terlalu banyak air yang akhirnya menimbulkan genangan di dalam por, siram bunga mawar melalui tanah sehari sekali saja saat musim hujan dan dua kali sehari ketika musim panas. Jangan sampai kamu menyiram tanaman terlalu berlebihan karena lagi-lagi akan membuat tanaman mudah membusuk.

  3. Pilih Media Tanam Yang Baik
    Yang selanjutnya harus kamu lakukan yaitu memilih media tanam yang baik, hal ini juga menjadi kunci keberhasilan menanam bunga mawar. Untuk membuat bunga mawar kamu tumbuh dengan subur, pilih tanah dengan kadar air yang bagus, mawa akan sulit tumbuh di media yang terlalu gembur atau terlalu kering. Cara menanam bunga mawar di daerah panas, yaitu dengan mananam di waktu yang tepat, seperti di awal musim kemarau atau sebelum musim hujan, setelah kamu melakukan penanaman jangan lupa untuk dialiri air agar tidak terlalu kering. Jika melakukan stepnya dengan tepat pastinya bunga mawar kamu tumbuh dengan subur.

  4. Lakukan Pemupukan
    Tips merawat bunga mawar yang selanjutnya yaitu melakukan pemupukan, dengan memberikan pupuk, tanaman ini akan mendapatkan unsur hara dan membuatnya semamin subur. Pupuk alami untuk bunga mawa yang dapat kamu pilih yaitu pupuk kandang dari kotoran hewan, tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menggunakan pupuk khusus bunga mawar, seperti NPK yang dapat membantu untuk menumbuhkan akar dan bisa membantu kamu untuk mempercepat tumbuhan untuk berbunga lebih subur dan kamu bisa mendapatkan hasil yang baik.

  5. Memberikan Penyiraman Dengan Intensitas Matahari Yang Cukup
    Bunga mawar juga membutuhkan matahari yang cukup, sama seperti tumbuhan pada umumnya, tanaman bunga mawar juga membutuhkan sinar matahari untuk fotosintesis. Oleh karena itu kamu perlu menjemur tanaman ini sekitar pukul 6 hingga 10 pagi, jika tanaman di letakkan di tanah langsung, kamu bisa memasang jarring-jaring di atasnya agar intensitas cahaya matahari tidak berlebihan. Cara ini wajib kamu perhatikan agar bunga mawar kamu tidak layu dan tetep tumbuh dengan subur.

  6. Jangan Lupa Memangkas Daun Yang Busuk
    Tips merawat bunga mawar yang selanjutnya yaitu jangan lupa untuk memangkas daun yang sudah menguning atau busuk. Kebanyakan kesalahan orang saat menanam bunga mawar yaitu tidak rutin untuk melakukan pemangkasan pada bagian daun, ranting dan juga bunganya, padahal cara ini sangat penting dilakukan agar tidak ada bagian yang mongering atau membusuk. Kamu wajib memangkasnya menggunakan gunting yang tajam agar tanaman tidak rusak, usahakan untuk potong bagian tanaman yang busuk dengan lurus.

Most Popular