31.6 C
Tangerang
Monday, January 17, 2022
Home Lifestyle Tips Merawat Bunga Mawar, Lakukan Ini Agar Bunga Tidak Layu

Tips Merawat Bunga Mawar, Lakukan Ini Agar Bunga Tidak Layu

Inajournal.com – Suka dengan bunga mawar? Berikut ini ada beberapa tips merawat bunga mawar yang wajib kamu terapkan di rumah. Bunga mawar akhir-akhir ini sering dijadikan pilihan untuk mempercantik area pekarangan rumah, tidak hanya memiliki kelopak yang indah, tanaman yang satu ini juga memiliki harum yang wangi sehingga banyak orang yang tertarik untuk merawatnya. Namun perlu diperhatikan kembali merawat bunga mawar ternyata gampang-gampang susah, karena dalam beberapa kasus justru tanaman bunga mawar menjadi tidak mekar dan mudah layu.

Tips Merawat Bunga Mawar Agar Bunga Lebih Sehat

Tips-merawat-bunga-mawar

  1. Tanaman Harus Selalu Terpapar Sinar Matahari Yang Cukup
    Hal pertama yang harus kamu perhatikan yaitu paparan sinar matahari untuk tanaman, beberapa tanaman memang ada yang tidak terlalu membutuhkan sinar matahari.  Namun berbeda dengan bunga mawar yang justru harus selalu terpapar sinar matahari, paparan sinar matahari ini merupakan salah satu faktor yang paling dibutuhkan agar tanaman bunga mawar bisa tumbuh subur dan sehat. Sesuai dengan keinginan kamu, usahakan untuk menanam bunga mawar dalam luar ruangan, karena bunga mawar membutuhkan sinar matahari kurang lebih sekitar enam jam per hari, jadi sebaiknya hindari menanam di ruang teduh dan sebaiknya sering di siram, buang mawar memang sangat perlu diperhatikan.

  2. Perhatikan Tanah Sebagai Media Tanam
    Tips merawat bunga mawar yang selanjutnya yaitu kamu harus memperhatikan tanah yang akan menjadi media tanamnya. Tidak hanya cahaya matahari, faktor lainnya yang cukup mempengaruhi tanaman bunga mawar jadi berbunga dengan lebat yaitu dengan memilih media tanam yang tepat, jika memutuskan untuk merawat bunga mawar sebaiknya kamu pilih jenis tanah humus yang banyak mengandung mineral dan unsur hara. Tanaman bunga mawar dapat tumbuh subur pada tanah yang gembur, tidak terlalu kering atau padat, jadi jangan sampai kamu salah dalam memilih tanah tempat bunga mawar merekah.

  3. Menyiram Tanaman Secara Rutin Dan Berkala
    Yang selanjutnya perlu kamu perhatikan yaitu menyiram tanaman secara rutin dan berkala, menanam bunga mawar memang sangat membutuhkan perhatian khusus. Karena untuk mendapatkan bunga mawar dengan banyak kelopak yang cantik kamu harus rutin menyiram tanaman yang satu ini, kamu wajib menyiram tanaman bunga mawar dua kali sehari. Kamu bisa melakukan penyiraman pada pagi dan sore hari, lakukan rutin setiap hari sebaiknya agar bunga mawar milikmu bisa tumbuh dengan subur dan memiliki kelopak yang cantik.

  4. Selalu Memberikan Pupuk Yang Tepat
    Tips merawat bunga mawar yang selanjutnya yaitu selalu memberikan pupuk yang tepat. Agar bunga mawar bisa berbunga dengan cepat, salah satu komponen yang harus diperhatikan yaitu pemberian pupuk, namun pemberian pupuk ini juga perlu diperhatikan karena tidak sembarangan pupuk bisa digunakan tanaman indah yang satu ini. Tapi pupuk untuk tanaman ini cukup mudah ditemukan, kamu bisa memberikan pupuk organik atau anorganik yang mencakup tiga komponen yaitu nitrogen, kalium dan fosfat yang diberikan secara rutin seminggu atau dia minggu sekali, hal ini bertujuan untuk membuat tanaman bunga mawar tidak mudah layu dan mekar dengan cantik, jadi jangan sampai salah dalam pemilihan pupuk.

  5. Rajin Pangkas Batang Mawar
    Yang selanjutnya yaitu rajin untuk terus pangkas batang mawar, tanaman cantik yang satu ini memiliki ciri khas dalam bertumbuh yaitu memiliki batang liar, jadi harus dibentuk dengan cara dipangkas secara rutin, agar tidak tumbuh tunas yang dapat membuat tanaman bunga mawar kamu jadi mati. Jika batang bunga mawar sudah terlalu panjang, sebaiknya segera memangkasnya, cara ini dilakukan agar tidak muncul cabang yang baru, pangkas di area mata tunas agar bercabang dan bunga mawar jadi tumbuh lebih rimbun. Jangan sampai lewatkan cara ini jika ingin memiliki bunga mawar tumbuh dengan cantik.

  6. Ganti Media Tanam Dan Pot
    Tips merawat bunga mawar yang selanjutnya yaitu rutin mengganti media tanam dan potnya. Jika kamu menanam bunga mawar di dalam pot sebaiknya jangan lupa untuk selalu mengganti media tanamnya dengan tempat yang baru. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga kesuburan tanaman bunga mawar ini, selain itu yang harus diperhatikan juga adalah ketika kamu memindahkan bunga mawar dari pot ke lahan yang baru. Saat melakukan proses ini sebaiknya lakukan dengan perlahan agar bunganya tetap segar dan dapat hidup dengan subur.

Most Popular