31.6 C
Tangerang
Wednesday, December 7, 2022
Home Trending Tips Penting Dari Dokter Reisa Cara Pemulihan Pasien OTG Corona

Tips Penting Dari Dokter Reisa Cara Pemulihan Pasien OTG Corona

Beberapa waktu lalu dokter reisa memberikan tips cara pemulihan pasien OTG corona, Indonesia sampai saat ini memang masih terjangkit virus corona. Terhitung sejak awal Maret, Indonesia mulai terjangkit virus Covid-19 ini, beberapa bulan yang lalu Indonesia juga ikut melakukan lockdown sehingga kegiatan sekolah, kuliah, bekerja harus dilakukan di rumah demi memutus rantai penularan virus Covid-19 ini. Namun tetap ada beberapa perusahaan yang harus melakukan pekerjaannya di tempat bekerja, seperti pabrik dan beberapa perusahan produksi lainnya.

Sempat melakukan New Normal yang dimana sudah boleh kembali bekerja seperti sedia kala, ternyata membuat Indonesia semakin meningkat kasus Covid-19 ini. Mulai dari bulan September lalu, virus Covid-19 di Indonesia semakin meningkat, namun tidak semua orang yang terinfeksi Covid-19 ini mengalami gejala yang bahkan bisa beresiko fatal. Sebagian orang yang tidak menunjukan gejala Covid-19 ini namun dinyatakan positif disebut dengan OTG, juru bicara satuan tugas penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro memberikan tips untuk pasien OTG untuk pemulihan dengan menjalani isolasi mandiri dirumah.

Tips Dari Dokter Reisa Cara Pemulihan Pasien OTG

Cara Pemulihan Pasien OTG

– Selalu Gunakan Masker Saat Isolasi Mandiri

Dr Reisa menyebutkan sangat penting untuk selalu menggunakan masker meskipun saat sedang menjalankan isolasi mandiri dirumah. Jika menggunakan masker kain wajib diperhatikan kebersihan masker tersebut, sedangkan jika menggunakan masker sekali pakai sebaiknya langsung di buang ke tempat sampah.

– Jika Timbul Gejala, Tetap Dirumah

Jika masa pemulihan timbul gejala Covid-19 seperti demam, batuk, bersih, dr Reisa menegaskan untuk tetap dirumah, cara pemulihan pasien OTG ini demi memutus rantai penyebaran. Sebaiknya diam dirumah dan jangan tinggalkan tempat isolasi hingga masa isolasi selesai.

– Konsultasi Online

Jika gejala tidak kunjung reda, sebaiknya konsultasi secara online terlebih dahulu, berikan petugas medis tentang keluhan, gejala, dan riwayat bepergian beserta jika ada kontak langsung dengan orang yang terkena covid.

– Selama Isolasi Harus Pisah Kamar

Cara pemulihan pasien OTG selanjutnya yaitu saat isolasi mandiri dirumah harus pisah kamar dengan keluarga lainnya agar keluarga lainnya tidak ikut terkena. Meskipun sedang berada dirumah tetap harus mengikuti protokol kesehatan yang ada, tetap jaga jarak 1-2 meter dan tidak berbagai peralatan makan, mandi di tempat yang sama dan jangan tidur di kasur yang sama.

– Pola Hidup Sehat Dan Bersih

Dr Reisa juga menganjurkan untuk pola hidup sehat dan bersih, seperti menjaga gizi seimbang, olahraga rutin dan teratur. Untuk pasien OTG juga wajib untuk memastikan pikiran tetap tenang dan jangan stress, jika bersin dan batuk tutuplah agar virus tidak menyebar ke yang lain.

– Jaga Kebersihan Dan Kesehatan Rumah

Saat salah satu anggota keluarga ada yang terinfeksi virus Covid-19 ini, cara pemulihan pasien OTG yaitu dengan cara membersihkan rumah selalu dan menjaga rumah tetap sehat dan bersih. Namun jika isolasi mandiri tidak bisa dilakukan dirumah, pemerintah menyediakan fasilitas isolasi, bisa langsung hubungi dinas kesehatan atau satgas setempat apabila membutuhkan. “Karena mencegah jauh lebih baik, lebih murah dan lebih nyaman di bandung harus mengobati. Ingat 3M itulah pencegahan yang terbaik, kompak yuk! Solid bersatu melawan Covid-19, Sukseskan 3M dan hentikan penularan Covid-19” ucap dr Reisa.

– Cek Suhu Tubuh Dan Rutin Berjemur

Dr Reisa juga menegaskan untuk rutin cek kondisi tubuh dengan mengukur suhu, selain itu juga wajib untuk berjemur dibawah sinar matahari pagi maksimal selama 15 sampai 30 menit setiap harinya. Dan jangan lupa untuk rutin konsumsi vitamin setiap harinya.

Most Popular