31.6 C
Tangerang
Thursday, December 8, 2022
Home Beauty Tips Perawatan Wajah Paling Tepat untuk Kulit Kering dan Kusam

Tips Perawatan Wajah Paling Tepat untuk Kulit Kering dan Kusam

Inajournal.com – Kalau kamu memiliki wajah yang kering dan kulit kusam, pastinya tidak membuat kamu nyaman ketika menjalani kegiatan. Kadang rasa percaya diri kamu menurun karena penampilan kamu dari kulit sangat buruk. Sudah saatnya menerapkan berbagai tips perawatan kulit yang tepat, untuk mengatasi kulit yang kusam dan juga kering. Memangnya, seperti apa sih perawatan wajah kering dan kusam?

Supaya kulit Kamu nampak bersinar dan sehat, wajib diketahui penyebabnya adalah dehidrasi, penuaan dan penumpukan sel kulit mati. Faktor dari luar seperti paparan sinar matahari hingga asap rokok pun, bisa menjadi penyebab kulit jadi kering dan juga kusam. Kulit yang kusam dan kering bukan berarti tidak bisa untuk dicegah atau diatasi, tips berikut ini mempermudah kamu melakukan perawatan terbaik dan juga tepat.

Kamu akan lebih mudah mendapatkan tips mengatur waktu mandi sampai penggunaan Skin Care yang baik dan benar. Langsung saja kalau begitu, simak baik-baik berbagai tips yang mudah untuk kamu terapkan seperti penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Berbagai Tips Perawatan Kulit yang Tepat untuk Atasi Kekeringan dan Kusam

Tips-Perawatan-Wajah

     1.Kurangi Waktu Mandi

Tips perawatan kulit yang tepat untuk mengatasi kulit yang kering dan kusam yaitu kurangi waktu mandi. Kalau kamu biasa menghabiskan waktu 30 sampai 60 menit di kamar mandi untuk berendam, kurangi waktu tersebut supaya kulit kamu tidak kering.

Tau nggak sih? Semakin lama kamu mandi dengan cara berendam, semakin besar peluang kulit kamu menjadi kering. Kalau kulit kamu sudah kering, timbulnya eksim dan iritasi akan mudah dialami.

     2. Melakukan Cuci Muka dengan Lembut

Mulai dari sekarang, kamu wajib untuk mengubah cara saat mencuci muka. Kini perlu melakukannya dengan teknik yang lembut, hal ini merupakan teknik yang baik dan benar kamu lakukan. Tidak hanya memperhatikan pemilihan sabun cuci mukanya saja tentunya!

Bicara kandungan yang baik bagi sabun pilihan cuci muka terbaik dan bebas kandungan alkohol, bebas retinoid. Jangan sampai melakukan eksfoliasi terlalu sering juga, karena tekstur sabunnya bisa membuat kulit iritasi jika terlalu sering. Mulai sekarang jangan sembarang lagi dalam teknik pencucian wajah!

     3. Pakai Pelembab Agar Wajah Tidak Kering dan Kusam

Perawatan tepat bagi kulit kering dan kusam yakno gunakan pelembab. Kamu perlu menggunakan pelembab yang cocok dengan jenis kulitmu, kamu perlu penggunaannya secara teratur, khususnya ketika setelah mandi.

Menggunakan pelembab rupanya, bisa membantu kulit wajah dengan mudah mengunci akan kelembabannya. Kamu perlu menghindari pelembab yang mengandung wewangian, alkohol dan tetap jaga dari paparan sinar matahari secara langsung.Mudah bukan untuk menerapkan tips yang satu ini?

     4. Bersihkan Kulit Wajah Kamu Agar Tidak Kusam

Selanjutnya, wajah yang kusam dan kering perlu dibersihkan dengan baik dan benar. Hindari penggunaan scrub yang keras dan sabun yang bisa menimbulkan akan iritasi pada kulit sensitif.

Dikhawatirkan akan menyebabkan robekan kecil, kemerahan dan kulit terkelupas. Gantinya, kamu bisa gunakan minyak pembersih dan hapus riasan makeup. Kemudian bisa gunakan tabir surya. Lakukan pencucian wajah dengan lembut, demi bisa hilangkan minyak berlebih pada wajah.

     5. Merangsang Pertumbuhan Kolagen dengan Retinoid

Retinoid adalah zat turunan Vitamin A, kandungannya terbukti secara ilmiah yang mampu merangsang pertumbuhan kolagen dan juga menormalkan pergantian sel kulit. Tidak hanya mudahkan pergantian atau pengelupasan sel kulit mati saja, tetapi memberikan kesan segar di kulit permukaan. Wajar kalau wajah kamu jadi bercahaya!

     6. Gunakan Sunscreen Setiap Hari

Terakhir, kamu perlu menggunakan sunscreen setiap hari. Mengapa begitu? Menggunakan sunscreen setiap hari, ternyata akan bantu cegah kerusakan akibat sinar UV. Hal ini termasuk membantu cegah adanya paparan sinar UV, Bintik Hitam dan tekstur yang kasar pada kulit. Kamu yang saat ini mengalami masalah kulit serupa, seharusnya menerapkan tips diatas adalah hal yang paling mudah.

Memiliki wajah yang sehat dan bersinar itu adalah impian banyak orang, mereka akan rela mengeluarkan budget besar demi bisa mendapatkannya. Tetapi keenam poin tips perawatan kulit di atas tidak perlu mengeluarkan biaya besar, betul?

Most Popular