31.6 C
Tangerang
Sunday, September 25, 2022
Home Travel Tips Traveling Sambil Selamatkan Bumi, Aksi yang Sederhana!

Tips Traveling Sambil Selamatkan Bumi, Aksi yang Sederhana!

Inajournal.com – Mengurangi dampak krisis iklim bukan hanya tugas dari para ilmuwan, pemerintah dan aktivitas lingkungan. Mengurangi dampak krisis iklim yang merupakan tanggung jawab semua manusia menikmati kekayaan bumi. Para traveler juga dapat mengurangi dampak krisis iklim sambil traveling dengan melakukan aksi ramah lingkungan untuk bumi, ada beberapa aksi sederhana yang dapat dilakukan traveler untuk bumi disetiap jejak kakinya. Meskipun sederhana, aksi ini akan membantu kurangi dampak iklim, berikut tips traveling sambil selamatkan bumi yang wajib kamu terapkan ketika sedang traveling dimanapun.

Tips Traveling Sambil Selamatkan Bumi, Lakukan Hal Ini!

Traveling-Sambil-Selamatkan-Bumi

     1. Bepergian Menggunakan Transportasi Umum

Aksi pertama yang dapat traveler lakukan untuk mengurangi dampak krisis iklim yaitu memilih transportasi sebagai alat transportasi untuk melangsungkan perjalanan kemanapun kamu pergi.

Dengan menggunakan transportasi umum maka dengan sendirinya traveler bisa membantu menghemat bahan bakar fosil dan dapat mengurangi polusi udara dari daerah asal wisata ke daerah tujuan wisata.

     2. Membawa Botol Air Minum Dari Rumah

Bagi traveler yang ingin melakukan traveling sambil merawat alam, maka harus belajar membawa botol air minum sendiri dari rumah ketika sedang traveling. Walaupun tas sudah terisi penuh dengan kebutuhan lain, membawa botol air dari rumah memiliki manfaat bagi lingkungan dan diri sendiri. Ketika rutin membawa botol air minum dari rumah, kamu menjadi agen pelopor peduli lingkungan, khususnya meminimalkan penggunaan kemasan minuman plastik yang mencemarkan lingkungan.

Seperti yang kita ketahui, bahwa kebutuhan minum orang dewasa per hari 2 liter, oleh karena itu ketika kamu membeli air minum sekali pakai, kamu akan menghasilkan kurang lebih 2 kemasan plastik dalam sehari, jika 7 hari traveling, 2 botol sekali pakai dikalikan dengan 7 hari maka dalam seminggu kamu sudah menghasilkan 14 botol plastik yang artinya kamu sedang meningkatkan dampak krisis iklim.

Oleh karena itu coba untuk membiasakan diri membawa botol air minum dari rumah karena dengan membawa air minum kamu terhindar dari minuman yang tidak sehat, kamu akan rutin minum air agar tidak terjadi gangguan sistem perkemihan dan mencegah dehidrasi, sehingga kamu akan lebih semangat melakukan perjalanan dan tidak merusak lingkungan.

     3. Ganti Tas Plastik Dengan Tas Kain

Traveling sambil mengurangi dampak krisis iklim dapat kamu lakukan dengan mengganti tas plastik dan tas kain. Kenapa harus tas kain? Karena tas kain bisa digunakan berulang-ulang kali, jadi ketika tas kain kotor kamu hanya perlu mencuci dan menggunakannya kembali.

Sedangkan tas plastik ketika kotor atau hanya sekedar basah pasti langsung dibuang, padahal plastik merusak unsur tanah karena sulit diuraikan, dengan menggunakan tas kain kamu dapat menjadi ramah lingkungan dimana unsur tanah tetap terjaga dan penumpukan sampah plastik menjadi berkurang. Buat yang masih pakai plastik, mulai sekarang hindari yaa!

     4. Tanamlah Satu Tanaman Di Daerah Tujuanmu

Tips selanjutnya untuk para traveler yang ingin traveling ke ekowisata yaitu coba untuk menyesuaikan diri dengan keadaan bumi saat ini. Donasikan satu tanaman untuk objek wisata yang kamu datangi, walaupun aksi ini terdengar konyol, tapi inilah yang akan menambah pengalamanmu dalam dunia traveling, satu tanaman dari tanganmu sangat berguna bagi masa depan bumi. Tanaman yang kamu bawa dapat langsung kamu tanam di objek wisata jika diberi izin oleh pengelola atau penjaga objek wisata tersebut.

Jika tidak diberi izin, tanaman tersebut dapat kamu berikan di penjaganya untuk ditanam nanti, tanaman yang dibawa boleh apapun sesuai dengan kebutuhan objek wisata atau sesuai dengan persediaan tanaman yang kamu miliki. Tanaman yang bisa kamu tanam berupa, tanaman hias, anakan pohon lindung, mangrove, hingga tanaman yang menghasilkan buah dan yang lainnya.

     5. Bawa Pulang Sampah Ke Rumah

Bagi banyak orang HP, kamera, tas dan pakaian pasti dianggap sebagai barang berharga yang tidak boleh hilang dan harus dijaga dan bawa pulang kembali ke rumah. Begitu juga dengan tempat sampah, bekas konsumsimu juga harus masuk ke dalam daftar barang berharga yang harus kamu bawa pulang dan simpan ditempat yang pantas untuk kamu simpan.

Seperti misalnya tempat sampah di rumah, siapkan tas kain khusus untuk sampah ketika sedang traveling, karena sampah yang kamu buang di objek wisata akan merusak kualitas sebuah objek wisata. Jangan sampai bekas sampah bekasmu berserakan dan mengganggu objek wisata, itulah beberapa tips traveling sambil selamatkan bumi yang bisa kamu lakukan.

Most Popular