31.6 C
Tangerang
Monday, December 5, 2022
Home Trending Unggahan Sowon GFRIEND Dikecam Oleh Netizen

Unggahan Sowon GFRIEND Dikecam Oleh Netizen

inajournal.com – Sowon GFRIEND dikecam netizen setelah mengunggah foto dirinya bersama dengan tentara nazi. Nama Sowon baru baru mendadak menjadi bahan perbincangan netizen, namanya pun menjadi trending topik di media sosial Twitter, bahkan hingga menjadi headline pemberitaan berbagai outlet media lokal. Hal ini bukan karena karyanya, melainkan karena fotonya yang menuai pro dan kontra di kalangan netizen, di akun Instagramnya @onedayxne ia memang terlihat mengunggah foto bersama sebuah patung.

Pada tanggal 30 Januari 2021 lalu, Sowon GFRIEND diketahui mengunggah sederet foto baru ke akun Instagram pribadinya, dalam foto tersebut Sowon terlihat sedang berpose di samping sebuah patung laki laki yang sedang menggunakan seragam tentara. Awalnya foto tersebut terlihat biasa saja untuk sebagian orang, namun setelah diteliti lebih dalam, ternyata patung laki laki yang di unggah oleh Sowon tersebut menggunakan seragam tentara Nazi saat Perang Dunia II. Pada bagian kerahnya  tertera emblem yang menunjukkan pangkat sang tentara, sedangkan topi didesain dengan lambang swastika, mengetahui foto tersebut banyak netizen yang meminta Sowon untuk menghapus fotonya.

Dalam foto tersebut Sowon terlihat sedang memeluk patung dan tampak begitu mesra, melihat posenya tersebut Sowon GFRIEND dikecam netizen. Dan tidak lama dari foto tersebut diunggah, ia langsung menghapus fotonya dari akun Instagram pribadinya, namun para penggemar Kpop khususnya yang dekat dengan kaum yahudi sudah terlanjur merasa tersinggung melihat foto yang diunggah oleh Sowon. Mereka mengungkapkan kekecewaan terhadap Sowong yang mengunggah foto bersama dengan tentara Nazi itu melalui berbagai cuitan di media sosial Twitter.

Mengapa banyak sekali yang merasa tersinggung? Bagi kamu yang belum tahu, patung laki laki yang berseragam tentara Nazi memiliki sejarah menyakitkan terutama untuk kaum Yahudi. Saat Perang Dunia II, diketahui kalau para tentara Nazi membunuh lebih dari 6 juta orang Yahudi, penggemar awalnya mengira kalau foto tersebut diambil di sebuah museum. Tapi ternyata foto bersama dengan tentara Nazi itu diambil di salah satu lokasi tempat GFRIEND melakukan syuting untuk VCR album terbaru mereka, walpurgis Night yang dirilis pada bulan November 2020 silam. 

Sowon GFRIEND dikecam

Ternyata tempat yang memiliki patung tentara Nazi tersebut berlokasi di Cafe Zino, Paju, Korea Selatan, Cafe tersebut memang salah satu cafe yang cukup populer dan sering muncul dalam beberapa drama Korea yang populer seperti The Heirs, Crash Landing on You hingga Goblin. Walaupun dekorasinya mengusung tema sejarah Eropa, tidak diketahui secara jelas alasan mengapa desainer interior memilih untuk menampilkan figur kontroversial seperti patung tentara Nazi di dalam cafe tersebut, bagi kebanyakan masyarakat Korea mungkin hal  ini dianggap biasa saja.

Namun sebagian dari mereka yang secara langsung terkenal imbas dari tentara Nazi pada zaman Perang Dunia II merasa sangat tersinggung melihat foto tersebut. Setelah melihat foto tersebut, para penggemar Kpop meminta Sowon untuk segera meminta maaf karena sudah menyinggung banyak orang di seluruh dunia, bahkan sebagian besar dari mereka mengaku marah sekaligus terheran heran dengan apa yang dilakukan oleh Sowon, mereka juga mengungkapkan rasa kecewa mereka dan mengherankan keputusan Sowon mengunggah foto bersama dengan tentara Nazi tersebut di akun Instagram pribadinya.

Disamping Sowon GFRIEND dikecam netizen, sebagian netizen juga meyakini kalau artis 25 tahun ini tidak mengetahui soal arti di balik seragam tentara Nazi yang digunakan oleh patung tersebut. Di sisi lain fans juga banyak yang mengklaim kalau sejarah seperti Perang Dunia II sudah diajarkan di sebagian besar sekolah di Korea sehingga Sowon seharusnya tidak memiliki alasan untuk tidak menyadari kalau ia berpose dengan tentara Nazi, meskipun foto yang diunggahnya sudah dihapus, kini justru penggemar mengkritiknya karena ia tidak menyampaikan permintaan maaf dan klarifikasi terkait foto tersebut.

Penggemar dan netizen lain mengharapkan sang idola segera mempertanggungjawabkan tindakannya tersebut karena sudah membuat banyak orang tersinggung, “Jangan membela Sowon dalam hal ini, kita perlu mendidiknya. Tapi siapapun yang mencoba memutar balikkan ini dan menjatuhkan Buddy karena alasan lain yang tidak terkait, kalian tidak membantu” tulis salah satu penggemar, “Sowon aku tahu kamu kuat, jangan pernah berpikir untuk keluar dari grup karena GFRIEND bukan GFRIEND tanpa dirimu. Santai saja, pikirkan dirimu terlebih dahulu dan nyatakan permintaan maaf, aku hanya akan mendengarkanmu, abaikan para pembenci itu” ucap yang lainnya.

 

Most Popular