31.6 C
Tangerang
Thursday, August 11, 2022
Home Lifestyle Wajib Diketahui! Manfaat Daun Kelor Untuk Ibu Menyusui

Wajib Diketahui! Manfaat Daun Kelor Untuk Ibu Menyusui

inajournal.com – Ada banyak manfaat daun kelor yang baik dikonsumsi untuk ibu menyusui, ibu yang sedang menyusui dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi makanan sehat agar produksi ASI lancar. ASI secara luas dianggap sebagai sumber makanan paling baik untuk bayi baru lahir, ASI sendiri kaya akan nutrisi dan antibodi, serta mengandung semua yang dibutuhkan oleh bayi untuk bertahan dari infeksi, mencegah alergi dan mendukung sistem kekebalan bayi yang rapuh dan kesehatan secara keseluruhan. Memberikan ASI sangat penting untuk bayi, tapi sayangnya ada beberapa faktor yang membuat para ibu tidak bisa memberikan ASi sehingga harus menggantinya dengan susu formula.

Salah satu faktor tidak bisa memberikan ASI karena produksi ASI tidak lancar, jika ingin meningkatkan suplai ASI dengan cara alami dan aman. Ibu menyusui perlu rutin mengkonsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin yang baik untuk bayi, mulai dari sayuran hijau, buah, biasanya ibu menyusui dianjurkan untuk mengkonsumsi daun katuk. Selain daun katuk ternyata daun kelor juga wajib dikonsumsi oleh ibu menyusui karena daun kelor memiliki kandungan galactagogue yang merupakan zat untuk membantu meningkatkan suplai ASI.

Manfaat Daun Kelor Untuk Ibu Menyusui Yang Wajib Dikonsumsi

Manfaat daun kelor

1. Memiliki Banyak Kandungan Nutrisi Penting

Tanaman Kelor merupakan salah satu sepsis Tumbuhan dalam famili Moringaceae yang tahan tumbuh di daerah kering tropis, spesies ini adalah salah satu tanaman yang sangat bermanfaat karena semua bagiannya mulai dari bunga, daun, akan dapat kamu manfaatkan untuk berbagai tujuan. Menurut sebuah penelitian daun kelor menjadi sumber baik untuk berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, secangkir daun Kelor dengan ukuran 21 gram memiliki kandungan:

  • Protein: 2 gram
  • Vitamin B6: 19 persen dari angka kecukupan gizi (AKG)
  • Vitamin C: 12 persen dari AKG
  • Iron: 11 persen dari AKG
  • Riboflavin (B2): 11 persen dari AKG
  • Vitamin A (dari beta-karoten): 9 persen dari AKG
  • Magnesium: 8 persen dari AKG

Di beberapa Negara daun kelor ini dikeringkan dan tersedia dalam bentuk suplemen makananan, bagian polong ini kaya akan nutrisi Vitamin C, satu cangkir polong Kelor potong ukuran 100 gram memiliki kandungan 157 persen vitamin C dari AKG.

2. Meningkatkan Suplai ASI

Manfaat daun kelor selanjutnya yang memang sudah terbukti secara ilmiah yaitu dapat meningkatkan suplai ASI. Daun kelor sendiri merupakan galactagogue alami yang mendorong atau meningkatkan aliran ASI, bahkan tumbuhan ini sudah digunakan sejak zaman kuno hingga kini dipercaya menjadi sumber makanan bagi bayi dan ibu. Menurut sebuah studi daun kelor ini memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi yang baik untuk mencegah kanker dan baik juga untuk ibu menyusui.

3. Mampu Mengurangi Kelelahan

Dalam daun kelor memiliki kandungan zat besi yang penting untuk mengurangi kelelahan setelah melahirkan, kondisi yang sering dialami ibu setelah melahirkan yaitu kurang tidur. Ibu yang baru melahirkan sering kekurangan zat besi karena kehilangan darah selama masa persalinan dan ini dapat menyebabkan kelelahan ekstrim dan biasanya akan mudah merasa lelah. Oleh karena itu ibu menyusui dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan zat besi hariannya untuk menangkal kelelahan, selain itu juga dapat memproduksi darah yang hilang setelah melahirkan.

4. Proses Pembekuan Darah

Manfaat daun kelor selanjutnya yaitu menjadi sumber vitamin K yang baik, vitamin ini dapat membantu proses pembekuan darah. Vitamin K cukup berarti untuk tubuh terutama bagi perempuan yang baru saja mengalami pendarahan setelah persalinan, vitamin dimetabolisme dan disimpan di organ hati, tidak mengambang bebas keseluruh tubuh sehingga hampir tidak ada vitamin K yang melampaui plasenta, maka dari itu bayi yang dilahirkan dengan kondisi kurang asupan vitamin K akan membuat mereka beresiko mengalami pendarahan yang tidak terkontrol.

Tidak hanya itu saja, vitamin K juga berkontribusi pada pembekuan darah normal dan sangat penting untuk ibu dan sang bayi, vitamin K sendiri sebenarnya akan diberikan pada bayi yang baru lahir melalui suntikan. Maka dari itu buat ibu menyusui dengan rutin mengkonsumsi daun kelor juga membawa pengaruh yang baik untuk sang bayi.

Most Popular