31.6 C
Tangerang
Thursday, December 8, 2022
Home Health Wajib Diketahui! Manfaat Jeruk Mandarin, Si Jeruk Mungil Yang Lezat

Wajib Diketahui! Manfaat Jeruk Mandarin, Si Jeruk Mungil Yang Lezat

Manfaat jeruk mandarin sangat baik untuk kesehatan tubuh, jeruk yang menjadi favorit banyak orang ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh manusia. Buah yang terkenal mempunyai ukuran mungil ini memiliki rasa buah yang asam manis segar, namun walaupun ukurannya kecil ternyata manfaatnya tidak kalah luar biasa dari jenis jeruk yang lainnya.

Jika secara umum jeruk ini sama dengan jeruk yang lainnya, hanya saja perbedaan ukurannya. Si jeruk mungil ini memiliki bentuk bulat yang tidak sempurna, pada bagian atas dan bawahnya biasanya agak berbentuk datar, dan terlihat lebih pipih dari jeruk jeruk yang lainnya. Buah jeruk yang satu ini kaya akan nutrisi dan kaya gizi yang dibutuhkan untuk tubuh.

Dalam ukuran 88 gram, terdapat kandungan 47 kalori, 12 gram karbohidrat, 0,7 gram protein, 0,3 gram lemak, dan juga 2 gram serat. Tak hanya itu saja, ada vitamin lainnya yang terkandung dalam buah ini, yaitu vitamin C, vitamin A, vitamin B, kalium, kalsium, mangan dan juga magnesium. Maka dari itu rutin lah mengkonsumsi buah ini untuk mendapatkan banyak manfaatnya.

Manfaat Jeruk Mandarin Yang Wajib Diketahui

Manfaat Jeruk Mandarin

Membantu Menangkal Radikal Bebas

Jeruk mandarin dikenal memiliki antioksidan yang bernama flavonoid, senyawa yang satu ini dapat membantu untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang berbahaya dan memicu penuaan dan juga memicu berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan jantung.

Memperkuat Kekebalan Tubuh

Manfaat jeruk mandarin yang satu ini sangat diperlukan untuk tubuh, apalagi untuk orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah tentunya sangat diperlukan vitamin C yang mendukung untuk memperkuat kekebalan tubuh kamu. Vitamin ini termasuk antioksidan yang mendorong fungsi sel sel dalam sistem imun, khususnya vitamin C yang dapat membantu dalam menyehatkan sekaligus memperkuat kulit dan jaringan pada tubuh, vitamin C juga membantu menyembuhkan luka dengan cepat.

Membantu Dalam Menyehatkan Sistem Pencernaan

Jeruk mungil ini mengandung serat yang tinggi terutama jenis serat yang larut dalam air, kandungan serat ini dapat membentuk semacam gel di saluran pencernaan yang dapat melancarkan pencernaan. Lalu gel ini akan melunakan feses yang membuat pencernaan kamu akan lancar, kandungan ini juga dipercaya dapat menurunkan berat badan seseorang.

Berpotensi Mengurangi Resiko Terkena Batu Ginjal

Manfaat jeruk mandarin yang satu ini sangat luar biasa, penyebab umum dari batu ginjal yaitu karena rendahnya kadar sitrat dalam urine. Buah mungil ini menjadi salah satu bahan pangan yang tinggi sitrat, sehingga mampu membantu dalam mengurangi resiko terkena batu ginjal.

Dapat Mengendalikan Tekanan Darah

Jeruk mandarin memiliki kandungan berbagai mineral yang baik dan salah satunya yaitu kalium. Kandungan ini yang dipercaya jeruk mandarin mampu mengendalikan tekanan darah, kalium sendiri merupakan mineral yang berfungsi untuk mengurangi efek garam, sebab garam adalah pemicu tekanan darah menjadi tinggi jika dikonsumsinya secara berlebihan.

Menyehatkan Sistem Saraf

Buah mungil ini mengandung mangan yang diyakini dapat menyehatkan otak dan fungsi saraf. Mangan dapat melindungi otak saraf dari kerusakan akibat radikal bebas, dan juga dapat membantu dalam meningkatkan fungsi kognitif.

Menyehatkan Tulang

Manfaat jeruk mandarin ini sangat baik untuk anak anak yang sedang masa pertumbuhan dan juga baik untuk orang yang sudah mulai menua, kandungan magnesium dan kalsium dalam jeruk mandarin ini berpotensi untuk menyehatkan tulang, karena kedua zat ini merupakan komponen penting untuk menjaga kekuatan tulang kamu.

Most Popular