31.6 C
Tangerang
Monday, December 5, 2022
Home Health Wajib Diketahui! Manfaat Kacang Merah Untuk Ibu Hamil Yang Harus Kamu Ketahui!

Wajib Diketahui! Manfaat Kacang Merah Untuk Ibu Hamil Yang Harus Kamu Ketahui!

Manfaat kacang merah sangat banyak untuk kesehatan, terutama untuk ibu hamil. Kacang merah termasuk kedalam kacang kacangan yang mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh. Kacang merah atau yang disebut juga kidney bean ini karena bentuknya yang menyerupai ginjal, kacang merah ini sering digunakan sebagai bahan masakan.

Biasanya kacang merah diolah menjadi suatu masakan, atau tambahan beberapa masakan, seperti sup dan rendang. Selain itu kacang merah juga menjadi bahan tambahan untuk membuat minuman, seperti es kacang merah, atau minuman lainnya. Kacang merah memiliki rasa yang enak jika sudah diolah dan ditambahkan beberapa rasa.

Karena kandungan nutrisi pada kacang merah yang sangat baik, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsinya. Saat sedang hamil, tentunya perlu asupan penting bagi ibu hamil, dan harus mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, seperti daging merah, telur, ikan, susu, dan produk olahannya, buah dan sayuran serta kacang kacangan. Dan kacang merah masuk kedalam kacang kacangan yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil.

Manfaat Kacang Merah Untuk Ibu Hamil

Manfaat Kacang Merah

Dalam seporsi kacang merah yang sudah dimasak, sekitar 100 gram, mengandung 100- 130 kalori dan beragam nutrisi, seperti dibawah ini:

  • 7–8,5 gram protein
  • 20–25 gram karbohidrat
  • 5,5–7 gram serat
  • 0,5–1 gram lemak
  • 80–90 miligram (mg) kalsium
  • 6–7 miligram zat besi
  • 300–1.400 miligram kalium
  • 4,5–5 milligram vitamin C
  • Sekitar 400 mikrogram (mcg) folat

Tak hanya beragam nutrisi diatas yang terkandung dalam kacang merah, namun kacang merah juga mengandung vitamin B, vitamin K, kolin, fosfor, mangan, zinc, dan magnesium. Kandungan nutrisinya yang cukup tinggi, tak heran jika kacang merah dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain nutrisinya, berikut ini manfaat dari kacang merah untuk ibu hamil:

  • Mendukung perkembangan saraf dan otak janin
    Manfaat kacang merah untuk ibu hamil yang pertama yaitu mendukung perkembangan saraf dan otak pada janin. Kacang merah adalah salah satu makanan yang banyak mengandung folat, folat yang juga dikenal dengan vitamin B9 ini memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang pembentukan dan perkembangan saraf dan otak janin. Folat juga sangat penting untuk mencegah terjadinya cacat bawaan pada saraf dan otak janin, seperti spina bifida. Tak hanya mengandung folat, kacang merah juga mengandung kolin yang memiliki peran sangat penting dalam menunjang perkembangan otak janin.Saat sedang hamil atau sedang berencana untuk hamil, seorang wanita perlu memenuhi kebutuhan folat sehari-hari sebanyak 400–600 mcg, terlebih pada trimester pertama kehamilannya, Asupan tersebut bisa dipenuhi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak folat, seperti kacang merah, buah, sayuran, telur, dan ikan, serta suplemen kehamilan.
  • Mencegah Anemia
    Folat, zat besi, vitamin B12, adalah jenis nutrisi yang penting dalam memproduksi sel darah merah. Selama masa kehamilan, tubuh ibu hamil akan memproduksi lebih banyak darah untuk menunjang kebutuhan nutrisi janin dan mendukung pertumbuhan dan perkembang organ tubuhnya. Oleh karena itu ibu hamil butuh asupan zat besi, folat, dan vitamin B12, jika kekurangan asupan tersebut bisa menyebabkan produksi sel darah merah menjadi berkurang, yang mengakibatkan tubuh kurang darah dan terserang anemia. Kondisi ibu hamil yang terserang anemia akan meningkatkan resiko terjadinya kelahiran prematur, cacat janin, bayi dengan berat badan yang rendah.
  • Mengatasi kelelahan dan kram otot
    Saat sedang masa kehamilan,  biasanya akan lebih mudah lelah, sering kram, hal ini sangat umum terjadi. Untuk mengatasinya ibu hamil bisa rutin mengkonsumsi kacang merah, karena kacang merang mengandung magnesium yang dapat membantu otot lebih rileks, sehingga dapat mengurangi keluhan kram.
  • Meredakan dan mencegah konstipasi
    Kacang merah memiliki kandungan serat yang tinggi, dan dipercaya dapat mencegah dan mengurangi gejala konstipasi yang sering dialami oleh ibu hamil. Selain kacang merah ibu hamil juga bisa mengkonsumsi makanan serat lainnya, seperti sayuran dan buah.

Most Popular