31.6 C
Tangerang
Friday, September 30, 2022
Home Health Wajib Tahu, Gejala Cacar Monyet Sudah Menjadi Wabah Global!

Wajib Tahu, Gejala Cacar Monyet Sudah Menjadi Wabah Global!

Inajournal.com – Siapa nih yang sudah dengar berita soal cacar monyet? Penularan akan disertai dengan gejala cacar monyet maka dari itu tidak bisa disepelekan karena gejalanya sendiri sangat nyentrik dan bisa langsung dibedakan kalau kamu terkena gejala penyakit cacar monyet. Cacar monyet merupakan penyakit zoonosis yang disebabkan karena penularan dari hewan ke manusia. Ternyata penyebabnya itu adalah virus yang termasuk genus ortho virus dan famili Poxviridae.

Berita terbaru dari badan kesehatan dunia atau Who mendeklarasikan cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat global. Seperti apa gejala penyakit cacar monyet perlu dikenali supaya tidak akan mengakibatkan penularan yang begitu cepat ke berbagai manusia lainnya. Wabah penyakit Global ini memang memiliki gejala untuk para penderitanya.

Berbagai Gejala Cacar Monyet yang Menjadi Wabah Global untuk Kamu Ketahui

Gejala-Cacar-Monyet

  • Demam

Gejala cacar monyet yang menjadi wabah Global saat ini perlu kamu ketahui pertama yaitu penderita akan mengalami demam. Biasanya gejala muncul antara satu sampai dua minggu setelah terpapar virus cacar monyet dan salah satu gejalanya yaitu demam di atas 38,5 derajat Celcius.

Terkadang disertai juga dengan sakit kepala, sakit tenggorokan, batuk dan juga kelelahan. Namun hal ini bukan gejala yang absolut sebab Beberapa orang tidak mengalami demam sama sekali.

  • Lesi dan Ruam Pada Alat Kelamin Atau Anus

Kemudian gejala yang kedua adalah Lesi dan ruam pada alat kelamin atau anus. Setelah dipublikasikan akan temuan yang mengejutkan dari 52 pasien dan 49 diantaranya memiliki Lesi dan ruam pada alat kelamin atau area anus. Pada saat yang bersamaan seperempat pasien didiagnosis dengan infeksi menular seksual. Tidak ada satupun di antara mereka yang melakukan perjalanan ke Afrika hingga Sahara tetapi banyak yang traveling ke negara Eropa akhir-akhir ini dan mengagetkan sebanyak 29 dari 52 pasien lebih dari partner text baru 12 minggu sebelum didiagnosis.

Hanya ada 5 pasien yang membutuhkan rawat inap dan tidak ada yang meninggal. Gejala leksi kulit di area penis dan anus menunjukkan bahwa penurunan virus cacar monyet terjadi akibat kontak kulit ke kulit ketika sedang beraktivitas seksual. Hal ini memang masuk akal mengingat seperempat pasien positif jonner atau klamidia pada saat yang bersamaan dengan infeksi cacar monyet.

  • Koreng

Ruang cacar monyet memiliki kemiripan seperti cacar air pada dasarnya dan awalnya berwujud bintik-bintik lalu timbul dan berubah menjadi melepuh tapi berisikan cairan seperti koreng. Kemudian kalau sudah menjadi koreng akhirnya kulit yang mengering merontok dan setelah semua orang yang terkelupas orang tersebut tidak lagi bisa menular.

Bagaimana seram bukan jika kamu mengalami gejala seperti ini? Kamu mengalami gejala seperti ini tidak kalau mengalaminya langsung sesuaikan ciri dan tanda dari gejala di atas lalu diperiksakan kepada dokter.

  • Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pembeda cacar monyet dengan cacar air lainnya itu pembengkakan kelenjar getah bening. Memang terjadi secara bersamaan dengan demam 1 sampai 2 hari sebelum munculnya ruam. Kelenjar getah bening bisa membengkak di leher ketiak atau selangkangan dan pembengkakan bisa terjadi di kedua sisi tubuh atau hanya satu sisi saja.

Paling bahaya dari cacar monyet yaitu adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening padahal kelenjar getah bening sendiri adalah penyakit yang paling mematikan. Kamu perlu mewaspadai hal ini dan jangan sampai kamu merasakan gejala paling mengerikan dari cacar monyet ini!

  • Nyeri Otot

Terakhir gejala dari cacar monyet yang sudah menjadi wabah Global yaitu nyeri pada otot. Cacar monyet bisa menyebabkan nyeri otot dan sakit pada punggung. Menurut WHO ini terjadi pada periode invasi. Bagaimana cara mengatasi nyeri otot dan sakit punggungnya? Seperti Ibuprofen dan asetaminofen bisa dikonsumsi untuk menghilangkan rasa nyeri otot lalu hindari aktivitas berat sampai rasa sakitnya hilang.

Nah kelima gejala cacar monyet di atas perlu diwaspadai. Jika kamu mengalaminya, maka langsung konsultasikan kepada dokter dan jangan sampai menularkan kepada orang-orang terdekat dengan cara mengikuti semua anjuran dari dokter.

Most Popular