31.6 C
Tangerang
Monday, January 30, 2023
Home Foodie Wajib Tahu! Inilah Tips Mengolah Daun Kelor, Nutrisinya Terjaga!

Wajib Tahu! Inilah Tips Mengolah Daun Kelor, Nutrisinya Terjaga!

Inajournal.com – Ada beberapa tips mengolah daun kelor agar tidak kehilangan nutrisinya, daun kelor di Indonesia identik dengan hal gaib atau mistis karena sering sekali dimanfaatkan untuk mengusir roh jahat. Namun dibalik itu ada banyak manfaat daun kelor yang dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit, daun kelor sudah dipercaya sejak zaman dahulu sebagai obat herbal yang ampuh untuk berbagai penyakit.

Salah satunya dapat mencegah resiko kanker dengan menekan pertumbuhan sel sel kanker, hal ini karena kandungan yang terdapat di dalam daun kelor ini yang membantu untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Daun kelor dikenal sebagai tumbuhan yang kaya antioksidan, protein, karotenoid, potasium, vitamin dan senyawa lainnya yang mampu menangkal radikal bebas dan mengatasi berbagai penyakit lainnya. Bahkan WHO juga menganjurkan untuk mengkonsumsi daun kelor untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Daun kelor memang sedikit sulit ditemui, kecuali kamu mencarinya ke pasar tradisional, itu pun masih jarang. Namun kamu bisa menanamnya sendiri agar bisa mengkonsumsinya secara rutin, setiap makanan memiliki cara tersendiri dalam pengolahannya. Agar tidak kehilangan nutrisinya kamu bisa mencoba cara ini untuk mengolah daun kelor yang mudah, enak dan nutrisinya tetap terjaga.

Tips Mengolah Daun Kelor Agar Nutrisinya Tetap Terjaga

Sayur Bening Daun Kelor

Kalau biasanya sayur bayam paling sering dibuat menjadi sayur bening, ternyata tidak hanya bayam saja yang bisa diolah menjadi sayur bening, daun kelor pun dapat kamu olah menjadi sayur bening dan memiliki rasa yang sama-sama enak.

Bahan pertama yang harus kamu siapkan yaitu daun kelor yang sudah dibersihkan, 2 buah jagung yang sudah dipipil, 5 siung bawang putih dicincang, 5 cm kunci memarkan, garam gula dan kaldu bubuk secukupnya air.

Pertama masukkan air ke dalam panci lalu masukkan bawang putih, kunci dan garam setelah itu masukkan jagung yang sudah dipipil tadi, lalu tunggu hingga jagung empuk dan langsung masukkan daun kelor, lalu tambahkan gula dan kaldu bubuk dan angkat jika sudah matang, bisa tambahkan bawang goreng sebagai penambah rasa.

Tumis Daun Kelor Saus Tiram

Kamu juga bisa mencoba membuat tumis daun kelor saus tiram yang mirip seperti membuat tumis kangkung. Cara mengolah daun kelor yang satu ini membuat nafsu makan mu semakin bertambah, pertama yang Kamu harus siapkan yaitu 1 ikat daun kelor, 2 siung bawang putih, 2 buah cabai, satu sendok makan saus tiram dan garam secukupnya.

Lalu tumis bawang putih yang sudah dicincang dan cabai merah yang sudah diiris, lalu masukkan daun kelor lalu masukkan saus tiram serta garam secukupnya. Kemudian aduk aduk hingga matang lalu sajikan bersama nasi hangat, cobain yuk di ruma!

Telur Dadar Daun Kelor

Telur salah satu sumber protein yang paling sering dikonsumsi oleh banyak orang, kamu bisa mencoba membuat telur dadar yang ditambahkan dengan daun kelor, dengan membuat ini kamu tidak hanya mendapatkan sumber protein kamu juga bisa mendapatkan gizi lainnya dari daun kelor.

Bahan yang harus kamu siapkan yaitu 3 butir telur ayam, 3 batang daun kelor, 3 siung bawang merah 2 siung bawang putih, cabai merah 3 butir dan garam minyak goreng secukupnya. Pertama haluskan daun kelor terlebih dahulu bersama dengan bawang merah, bawang putih, cabai garam dan jahe. Jika sudah lalu campurkan pada telur dan aduk rata hingga tercampur, setelah itu lalu goreng telur dengan menggunakan minyak secukupnya.

Peyek Daun Kelor

Peyek jadi salah satu cemilan atau makanan pendamping khas Indonesia yang mudah ditemukan dan mudah juga dibuat di rumah. Tidak hanya peyek kacang dan peyek rebon yang paling populer dan nikmat, daun kelor juga bisa dibuat menjadi peyek yang renyah.

Bahan-bahannya sama seperti dengan membuat peyek pada umumnya hanya saja ditambahkan dengan daun kelor, peyek daun kelor ini bisa menjadi cemilan untuk makan nasi. Buat pecinta peyek, bisa coba buat peyek daun kelor ini, dari beberapa tips mengolah daun kelor, mana yang suda pernah kamu coba?

Most Popular