31.6 C
Tangerang
Thursday, August 18, 2022
Home Trending Wow! Akar Mirip Manusia, Lantas Apa Itu Tumbuhan Mandrake?

Wow! Akar Mirip Manusia, Lantas Apa Itu Tumbuhan Mandrake?

Tumbuhan Mandrake adalah jenis tanaman yang unik dan juga sempat muncul dalam film Harry Potter and The Chamber of Secrets. Di Dalam film tersebut tanaman ini juga akan digunakan untuk membantu dalam mengatasi siswa-siswa yang terkena sihir. Selain itu juga, digambarkan bahwasanya akar dari Mandrake ini berbentuk seperti manusia dan bisa menangis serta juga menjerit pada saat dicabut dari tanah. Hal ini juga perlu untuk kamu ketahui, tanaman Mandrake ini benar-benar ada di dunia nyata, yang walaupun tidak sepenuhnya seperti yang telah digambarkan dalam sebuah film Harry Potter.

Konon katanya para penyihir tersebut akan menggunakan bagian tumbuhan ini sebagai mantra, sulap, salep oles, hingga juga minyak yang bisa membantu untuk menyembuhkan orang. Nah untuk saat ini jika anda ingin mengenalnya, maka bisa saja anda menggunakan tanaman ini untuk membantu menjadikan obat herbal karena banyak yang menggunakannya sebagai obat alami pereda sakit pada seseorang. Tanaman ini bisa disebut juga jarang ditemukan di dunia akan tetapi di sisi lain tanaman ini banyak yang mengincar tanaman ini untuk dijadikan sebagai tanaman hias saja bukan untuk obat yang bisa menyembuhkan.

Bagaimana tidak? tanaman ini mempunyai keunikan tersendiri sehingga tidak dimiliki oleh seluruh tumbuhan yang lainnya. Mungkin pada tanam hias yang biasanya, tanaman ini hanya mengandalkan daun serta bunganya saja. Akan tetapi pada tanaman ini anda bisa mengandalkan nya untuk dijadikan sebagai tanaman yang bisa dijadikan obat serta bentuk akarnya yang juga begitu sangat unik. Dimana bentuknya bisa menyerupai bentuk manusia mulai dari tangannya sampai pada bagian kaki.

tumbuhan mandrake

Tumbuhan Mandrake ini merupakan jenis tanaman dalam famili Solanaceae, yakni genus Mandragora. jenis tanaman ini juga berasal dari wilayah Mediterania dan juga Himalaya. Mandrake terkenal karena mempunyai akar yang kuat dan juga begitu miripnya dengan manusia karena ber bongol-bongol. Tanaman ini mempunyai jenis akar tunggang panjang dan juga tebal sehingga seringkali menjadi bercabang. Tanaman Mandrake ini umumnya mempunyai batang yang pendek dengan seikat daun yang berbentuk bulat seperti telur. Bunga tunggal dengan mahkota yang berbentuk lonceng lima kelopak dengan warna mulai dari ungu hingga kuning-hijau. Buahnya sendiri berwarna orange.

Perlu untuk diketahui, semua bagian tanaman Mandrake mengandung alkaloid tropane yang dikategorikan beracun. Salah satu spesies Mandrake yang paling populer yakni Mandragora Officinarum, sudah lama dikenal dengan karakteristiknya yang juga beracun. Dimasa lampau, Tanaman ini disebut juga bisa digunakan sebagai narkotika dan juga afrodisiak. Selain itu, mandrake juga akan diyakini karena mempunyai kekuatan magic tertentu. Pada kenyataannya, Mandrake termasuk juga tanaman medis yang bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan penyakit atau rasa sakit yang tertentu. penggunaan pada tanaman ini yang sesuai disebut juga bisa memunculkan berbagai macam kegunaan yang lainnya. Akan tetapi untuk saat ini Mandrake juga diolah serta dijadikan sebagai obat-obatan herbal.

Menurut tabib Yunani Dioscurides, kisah tanaman Mandrake ini juga ada dalam sebuah kisah peradaban manusia zaman dahulu, contohnya pada peradaban Romawi Kuno. bangsa Romawi kuno juga biasa menggunakan akar mandrake ini sebagai obat untuk bius. Akan tetapi, jika terlalu banyak mengkonsumsinya maka akan menyebabkan kematian pada seseorang. Dioscurides merupakan salah satu orang yang mendokumentasikan bentuk dari tanaman mandrake beserta kegunaannya untuk kesehatan.

pada zaman dahulu Dioscurides menggambarkan antara dua jenis mandrajke sebagai mandrake lagi-laki dan juga mandrake perempuan. Pada saat ini ilmuwan menyebutkan bahwasanya dua jenis mandrake itu juga bisa dijadikan sebagai dua jenis spesies yang begitu berbeda, yakni Mandragora Officinarum dan juga Mandragora autumnalis. Ada sebuah legenda yang menyebutkan bahwasanya jika akar mandrake ini mirip sekali dengan bentuk tubuh pada manusia, maka bisa digunakan untuk membantu dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit pada bagian tubuh manusia itu sendiri.

Misalnya kalau bagian akar mandrake yang mirip sekali dengan bagian kaki manusia, maka bisa digunakan untuk membantu dalam menyembuhkan bagian kaki. Kemudian ada juga yang mempercayai kalau akar mandrake yang mempunyai bentuk yang mirip juga dengan tubuh manusia ini dapat untuk mengendalikan tubuh, membawa keberuntungan, kekayaan, atau juga kekuatan. Apabila ada akar mandrake yang mempunyai bentuk seperti bayi, maka akar ini diletakan pada bawah bantal seorang perempuan, maka akan berpengaruh pada kandungan seorang wanita untuk bisa cepat hamil. Kemudian ada juga yang percaya jika tanaman ini bisa membawa keberuntungan dan kekayaan serta kekuatan untuk seseorang.

Suara yang dihasilkan dari tanaman Mandrake ini yang ada dalam film Harry Potter juga terinspirasi dari legenda yang mengatakan bahwasanya mandrake ini bisa saja menjerit pada saat digali dari tanah dan membuat orang yang mendengarkan jeritannya tersebut akan meninggal dunia. Legenda ini dipercaya dan disebarluaskan oleh para penyihir eropa untuk mencegah tumbuhan mandrake diambil banyak oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk menghabiskannya.

Most Popular